Agen Terpercaya   Advertise
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Bumi itu datar (flat earth)

Bimabet
bulat?? flat??

loh bukannya kita itu hidup di punggung kura2 raksasa yg sedang melayang di antariksa :(
 
Ketidakmampuan mereka (flatters) dalam menjawab pertanyaan kritislah yang jadi penyebabnya gan. Di samping itu, iya, memang benar mereka juga menjadikan elit global sebagai kambing hitam, dan lalu menggabungkannya ke dalam teori mereka. Jadi, bisa dibilang mereka membuat nama 'elit global' sebagai senjata untuk menyerang sekaligus tameng untuk bertahan.

Mereka memang nggak memaksa, tapi secara mutlak mengajak orang lain untuk bergabung ke dalam ideologi mereka. Kalau nggak, buat apa mereka repot-repot membangun organisasi, forum, bahkan video segala? Bukankah itu sebagai bentuk dari promosi?

Yang namanya konspirasi memang banyak jenis dan cabangnya, tapi poin utamanya cuma 1, yaitu tercapainya tujuan yang diinginkan. Kaum flat earth tak hanya menggunakan cara "pencederaan ilmu" untuk melakukan pendekatan dalam konspirasinya, tapi juga politik dan psikis.

Kenapa ane bilang 'psikis'? Karena mereka menanamkan pola pikir di sana (ada juga yang bilang "cuci otak"). Itulah kenapa ane bilang cara mereka ada kemiripan dengan cara perekrutan anggota ISIS. Dan parahnya, mereka juga melakukan secercah unsur "kenabian" dalam sepak terjang mereka. Unsur "kenabian" inilah racun yang mampu menaklukkan orang banyak (orang-orang awam).

Apa itu unsur kenabian?
Sebenarnya ini hanyalah bahasa/penyebutan ane pribadi terhadap teori konspirasi yang satu ini (mungkin ada sebutan yang lain di luar sana).
Unsur kenabian adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pihak/individu dalam menyampaikan konspirasi, dan umumnya digunakan dalam pendekatan secara agama, tapi tak tertutup kemungkinan dipakai dalam pendekatan yang lain. Caranya cukup mudah, yaitu hanya tinggal melakonkan karakter seorang nabi.
Nah, kaum flat earth menggunakan unsur kenabian ini dalam melancarkan konspirasinya. Kita tahu bahwa badan antariksa dunia sudah cukup lama mengeksplorasi bentuk bumi, dan dari eksplorasi itu, didapatlah foto bumi bulat. Sementara, di manakah kaum flat earth saat itu? Mereka masih di "bawah tanah" alias belum unjuk gigi (meskipun mereka mengaku nenek moyang organisasi mereka sudah eksis sejak zaman dinosaurus baru punah).
Saat mereka benar-benar sudah menyiapkan segalanya, tepat ketika kemajuan bidang antariksa dan ilmu pengetahuan dunia sedang pesat-pesatnya, mereka pun muncul ke permukaan. Yap, persis bagai seorang nabi, oase di tengah padang gurun nan gersang.

Apa yang dilakukan seorang nabi? Yap, menyampaikan ilmu/pencerahan dan wahyu.

Di bagian manakah ilmunya?
Kita sudah lihat sendiri videonya, kan? itulah ilmunya. Mereka menyampaikan perbuatan baik (mempercayai ideologi mereka), dan mengajak kita menghindari perbuatan dosa (mengikuti ilmu sesat yang selama ini dikembangkan oleh badan-badan antariksa dunia).

Lantas, di bagian manakah wahyunya?
Ini dia racun cuci otaknya. Kaum flat earth sering sekali mencetuskan kalimat yang berbunyi, "Mereka (orang-orang di luar sana yang percaya bumi bulat) pasti akan menertawakan kita, menghina kita, dan mengucilkan kita terkait apa yang kita pahami dan yakini sekarang. Tapi kita nggak akan menyerah untuk mengungkap fakta dan kebohongan yang udah menutup mata mereka selama ini."
Kata-katanya memang terdengar klise, tapi jika kita pahami lebih lanjut, ungkapan itu punya efek yang sangat besar (apalagi jika sebelumnya orang-orang awam yang jadi "korban" udah terlanjur galau lihat video flat earth). Persis seperti telur di ujung tanduk, ungkapan itulah yang berperan untuk menjatuhkan telurnya.
Ungkapan itu sangat identik dengan ungkapan seorang nabi yang sedang terpuruk karena kesesatan umatnya. Itu dilakukan kaum flat earth agar menimbulkan efek "tertindas" yang mereka alami, dan mengisyaratkan orang-orang untuk mengarahkan pandangan pada mereka, orang-orang pembela kebenaran.

Terlepas dari itu semua, malangnya, mereka dibutakan dengan kebencian terhadap elit global (yang secara teknis, termasuklah di dalamnya orang-orang yang percaya bumi bulat), lalu menyertakan kebencian itu sebagai bagian dari ilmu pengetahuan mereka. Itulah kenapa mereka sulit menerima meskipun apa yang mereka katakan udah jelas-jelas bisa dipatahkan.

Tapi anehnya, seberapa bencinya pun mereka terhadap elit global, mereka tetap setia menjadi konsumen dan penikmat barang-barang yang didalangi oleh elit global.
:pandaketawa:
Hahahaha
Mantap gan,
Flat atau globe?
Itu tergantung kepercayaan masing masing ya,
Di one dollar bill kan juga tertulis "in god we trust", bukan in god we believe,
Jadi menurut pemikiran secara filsafat, tuhan ada karena kita percaya,
Yang ane mau garis bawahi setelah nonton videonya di yutup adalah :

Dasar pemikiran yang mereka ungkapkan adalah pendapat, bukan dibuktikan secara teoritis yang bisa dikalkulasikan,
Dan selalu gantung ,

Pembawaan narasinya juga seolah olah mengajak kita buat mempertanyakan hasil penwlitian NASA,

Kalo flatearther socoety bilang, kalo bumu bulat dan berotasi, seharusnya kita merasa pusing dan pesawat bakalan sampe tujuan, tapi hal itu bisa dibantah sama teori gravitasi

Tapi ini just my opinion aja ya,
Mau percaya bumi bulat atau datar juga gak ngaruh soalnya ama gaji ane, hahaha
 
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Terakhir diubah:
Sory nih kalau ane berpaham kalau bumi itu datar mas bro
Memang awalnya ane percaya dgn bumi bulat seperti globe tp byk fakta yang ane liat sendiri dgn mata kepala byk bbrp hal yg g konsisten
Misalnya

1. Proses bulan sabit hingga purnama awal nya bulan berbentuk seperti huruf C saat sabit tetapi mendekati purnama menjadi huruf seperti D berbeda dgn gerhana bulan pdhl kita tau bulan sabit hingga purnama karena disebabkan bulan di tutupi bayang2 bumi begitu juga gerhana bulan tapi mengapa bisa berbeda bentuk prosesny, apa ada yang salah dgn bentuk bumi yang menutupi bulan??

2. Kebetulan ane pecinta pantai dan hobi kelaut, ane tidak melihat lengkungan bumi dari ufuk timur kebarat atw utara keselatan atw sebaliknya, hampir datar malah pernah ane coba pake penggaris

3. Pas dipesawat gitu juga ane tidak melihat bentuk lengkungan atw yg menunjukkan bumi bulat, bumi beneran seperti piring besar gitu doank

4. Antartika kita tau itu kutub yg dingin bahkan sampe minus di bawah 0 derajat, tapi ternyata ditemukan danau yang tidak membeku disana ya walaupun ane tidak pernha lihat lgsg tp itu temuan yang nyata

5. Dari atlas ane melihat kejanggalan misalnya ukuran pulau greenland itu hampir sama dengan ukuran benua eropa, lalu pulau baffin diutara kanada merupakan pulau terbesar ke5 didunia tapi ane liat lebih besar dari pulau papua yg merupakan pulau terbesar ke2, lalu kalau benar ekuator itu merupakan garis tgh bumi ane liat di atlas garis tengah bumi berapa condong ke utara malah segaris dgn negara chicago amerika yg merupakan kota daerah iklim dingin (kok bisa??) berarti da yg salah dlm pembuatan atlas yg katanya diambil dari bentuk globe

Menurut ane sih kita dari kecil udah seperti dicuci otak, ya kita tau belum ada kepastian orang yang melihat langsung bentuk bumi karena gbr2 di google semua masih CGI

Ya itu pendapat ane mau dibilang ane gila aneh terserah tapi ane juga bandingkan dgn apa yg ane lihat

Khususnya proses bulan sabit hingga purnama berbeda dgn gerhana bulan

Makasih
Ulasan yang bagus gan...:pandajahat:

Sudilah kiranya agan jika ane yang jawab ulasan yang bagus ini. :D
Oke, mari kita mulai...

1. Pertanyaan Agan: Bukankah proses bulan purnama, sabit, dan setengah itu sama dengan proses gerhana bulan? Tetapi, kenapa bentuk cahayanya berbeda-beda?

Jawaban: Ya, memang dua-duanya sama-sama revolusi bulan. Ada kalanya bulan itu purnama, dan ada kalanya dia masuk ke dalam fase bulan mati atau bulan baru. Tapi, coba saya tanya Agan, pernahkah agan lihat gerhana bulan siang-siang? Pasti nggak pernah kan? Karena gerhana bulan selalu terjadi malam hari, dan demikian halnya dengan gerhana matahari yang terlihat di siang hari.

Revolusi satu bulan sinodis itu memang punya intrik tersendiri. Itulah mengapa orang tidak akan melewatkan fenomena alam tersebut, karena faktanya, bulan mempunyai kemiringan bidang orbit terhadap bidang ekliptika yang sangat sedikit, dan momen yang "sedikit" itu terjadi pada waktu malam juga sangat jarang. Itulah mengapa setiap kali badan antariksa dunia mengumumkan akan terjadi gerhana, negara yang bisa menyaksikannya bakalan berbeda-beda. Kenapa? karena negara-negara itulah yang beruntung mendapatkan peristiwa "terpeleset"-nya orbit bulan itu di malam hari. Buat negara yang lagi siang? terpaksa gigit jari. :D

Dan kenapa pula bentuk cahayanya berbeda-beda?
Seharusnya pertanyaan itu bukan ditujukan pada bumi, tapi bulannya. Kenapa? Karena yang punya kemampuan untuk memendarkan cahaya dari matahari itu si bulan, bukan si bumi. Kenapa dia memendarkan cahaya berbentuk D, C, O, atau mungkin X, atau Y, atau bahkan Z, itu tugas si bulan, bukan si bumi. Silakan tanya si bulan, jangan si bumi yang disalahkan. :D

Ada lagu yang bilang:
Kalau bulan bisa ngomong... (Ouu yeeahhh?)
Pasti dia tak akan bohong... :D

Maaf OOT...=))

2. Pertanyaan Agan: Ane pernah ke pantai, tapi ane liat datar aja tuh. Ane ngukur pake penggaris malah.

Jawaban: Pernah dengar pepatah, "Dunia ini nggak selebar daun kelor?" :D
Ungkapan itu bukan isapan jempol belaka gan, karena dunia ini memang jauh lebih luas daripada sorot mata kita yang kecil ini. Agan yang berada di pantai melihat ke sekeliling, pastilah terlihat datar dan seakan dunia ini terbentang begitu saja. Tapi, apakah agan tahu bahwa mungkin ketika melihat ke sekililing itu, jangkauan mata agan mungkin hanya selebar sebuah kota? Coba misalkan dengan kota Surabaya. Bisa saja jangkauan luas agan melihat ke sekeliling itu (dari timur ke barat maupun utara ke selatan itu) hanyalah selebar kota Surabaya.

Kita ini manusia gan, yang perutnya nggak sebesar perut bumi. Jika memang ingin pembuktian lagi, silakan saja buat sebuah bola dengan radius satu stadion sepakbola standar internasional, lalu letakkan seekor semut kecil di atasnya. Kira-kira, apa yang akan dirasakan si semut? Pastilah dia akan merasakan berada di sebuah tempat yang terbentang luas. Namun sayangnya, belum ada kamera yang bisa dipasang di tubuh semut layaknya film Ant-Man produksi Marvel Studio. :D

3. Pertanyaan Agan: Ane liat dari pesawat juga gitu, nggak bulat, tapi kayak piring doang.

Jawaban: Kembali ke jawaban nomor 2. :D

4. Pertanyaan Agan: Antartika itu kan iklim beku, kenapa ada danau yang nggak membeku di sana? Seharusnya beku dong.

Jawaban: Pernah nonton discovery channel gan? Pernah liat tayangan mereka tentang gunung api yang teramat panas di laut yang dalam? Belum pernah? Oh, okelah.
Agan tau palung Mariana? Tau nggak berapa kedalamannya? Dan agan tau nggak bahwa ternyata di dalamnya ada ikan yang bisa hidup? Nggak tau? Oh, okelah.
Agan pernah liat fenomena hujan darah di India? Belum?
Agan tau nggak fakta sebenarnya di balik segitiga bermuda?
Agan tau nggak betapa ajaibnya proses munculnya sebuah petir? dan tau nggak berapa rata-rata energi petir skala sedang jika dilepaskan dari langit? Sementara, kita sebagai manusia, belum cukup mampu untuk membuat pembangkit listrik menggunakan tenaga listrik buatan Tuhan itu?
Agan tau kenapa bisa ada pelangi? atau mungkin aurora? atau mungkin penyebab warna danau Kelimutu?
Agan tau kenapa wajah manusia di bumi nggak ada yang benar-benar sama? Kenapa struktur DNA-nya beda-beda?
Agan tau berapa jauhnya selisih megapixel resolusi mata seekor Elang dengan kamera smartphone terbaru dan tercanggih saat ini?

Jika Agan belum tau apa-apa, janganlah terlalu menganggap mudah semua ilmu. Ada begitu banyak hal di dunia ini yang kita tidak tahu, begitu pula tentang mengapa kita bisa berpijak di bumi yang bulat ini.
Lagi pula, Agan juga aneh. Kenapa agan sebut-sebut nama Antartika? Di dalam keyakinan kaum Flat Earth, antartika itu TIDAK ADA gan. Kenapa Agan bisa percaya bahwa ada danau di sana?

5. Pertanyaan Agan: Pulau Baffin kok malah dibilang lebih kecil dari Pulau Papua? Terus, garis ekuator kok malah memotong negara bagian Chicago Amerika?

Jawaban: Pengukuran luas sebuah kontinen itu diambil dari garis pantainya gan, bukan dari "gemuk" atau tidaknya. Pulau Papua itu punya lebih banyak pulau-pulau pecahan yang termasuk ke dalamnya. Mungkin itulah yang menyebabkan dia mendapatkan posisi kedua di dunia sebagai pulau terluas.

Garis ekuator di atlasnya agan kena di Chicago? Atlasnya terbitan mana gan? :D
Sejauh yang ane tau, di belahan benua Amerika, garis ekuator itu memotong Amerika Selatan bagian utara kayak Suriname, Venezuela, Peru, dll.
 
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Terakhir diubah:
@poerman
Hehehe...:pandaketawa:
Kok jadi baper sih gan? Jangan baper dong... :pandaketawa:
Cupp...cupp...cupp... jangan baper yahh... :cup: :D

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Sory anda terlalu anggap remeh saya
Saya justru selalu mengikuti discovery channel saya tw hujan darah d india, palung mariana di pasifik dekat filipina
Justru saya tau semua saya juga bukan org yg asal pendidikan nya
Ya benar kalau bulan bisa ngomong pasti bulan akan jujur kalau anda itu terlalu meremeh kan org lain
Iya-iya... cup cup cup... jangan baper ya gan...:cup:
Iya-iya... ane tau kok kalo agan pendidikannya menakjubkan. Ane sempat denger dari orang-orang kalo agan itu udah S3 ya? Calon profesor juga ya katanya? :matabelo:
Wuihh... hebat agan ini... :thumbup :D

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Anda tw bulan berotasi dan berevolusi??
Saya tp g pernah lihat sisi sebaliknya bulan
Jd pa bulan berotasi?? Teori nya iy tapi mata saya belum pernah lihat, anda pernah lihat
Paling lihat nya pas nonton film transformer doank
Wuihh... mantap gan. Jadi selama ini ane dibohongi sama elit global dari kecil ya gan? :matabelo:
Hmm... Ane paham sekarang...:baca:

Hehe... Iya gan. Kebetulan dari kecil ane maniak banget sama transformer. Dari masih kartun sampe jadi film ane nggak bosen-bosen nontonnya...
:kk:

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Amerika ngomong sudah pernah ke bulan??
Byk kebohongan amerika untuk hal tsb
Terserah anda, anda jgn terlalu meremehkan ya
Anda sendiri belum pernah lihat bentuk sebenarkan??
Jd darimana anda yakin??
Ampun gan. Ane cuma lulusan SMP gan. Nggak pantes sama Agan yang calon profesor. :ampun:

Iya gan, ane nggak tau apa-apa. Dari mana ane tau bentuk sebenarnya ya? Aduh, ane kok bego bingit ya? :huh:

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dunia tidak sebesar daun kelor emg betul tp sekali lg anda pernah tw dan lihat sendiri bntuk bulan
Sudah saya blg saya ga peduli dgn sains yg byk ditawarkan
Byk yg tidak masuk di logika dan hitung2an saya
Wow! (sambil jungkir balik) :khappy:
Oke, fix! Agan poerman punya hitung-hitungan yang paling benar yang masih disimpan di ruang belajarnya. Bisa bahaya nih kalo tersebar ke seluruh dunia. :hore:

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Anda blg sendiri byk hal yg belum d ketahuikan di bumi ini, mau mengeksplos langit dan artartika?? Lautan aja masih kurang dari 1% informasi yang diketahui

Anda pernah lihat bentuk bima sakti di google??
Nah saya tanya darimana mereka tau bntuk galaksi bima sakti sedangkan anda di dalam nya dan belum pernah keluar dr bimasakti
Ibarat nya anda d dalam rumah dan tidak prnh kluar dr rmh anda tp anda bisa menggambarkan bentuk rmh anda dan tw posisi persis posisi anda jika di lihat dr luar
Ok paling anda blg dari teknologi semua bisa d perhitungkan
Itu belum hitungan pasti
Hmm... (manggut-manggut) Akhirnya ane tercerahkan. :hore:

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Anda jgn terlalu bangga dgn kemampuan dan ilmu ada dlu
Kalau kita jumpa lgsg saya yakin saya g kan kalah ilmu nya dgn anda
:ha:
Justru org berilmu tidak akan ngomong merendahkan seperti anda
Mgkin anda cuma penggemar discovery channel lalu anda sudah merasa hebat

Pernah tau acara reality show oprah winfrey?? Semoga anda tau
Pernah tau seorang aktifis anti rasis dan seorang pakar sains bernama Jane Elliot?? Saya rasa anda ga kan tau karena tontonan anda cuma discovery channel doank
Reverensi anda cuma satu tp tidak d bandingkan
Peta atlas yang byk beredar itu peta atlas eurosentris

Youtube.com/watch?v=A2XFIdcB1VQ

Jgn terlalu bgga bro dgn ilmu anda
Org berilmu tidak seperti anda
Wah, kalo udah pake video youtube, ane nyerah deh. Soalnya menurut kabar, ilmuwan besar Indonesia, B.J. Habibie, meraih gelar summa cumlaude gara-gara ngeliat video youtube.
:fiuh:

Dan, liat tuh yang tulisannya tebel. Mana berani ane ketemuan sama Agan poerman. Aku mah apa atuh...:hua:
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hehehe... Oke deh, cukup bercandanya. :D
(Sebenarnya agak puyeng juga nih ngebaca tulisan sms ala kaum flat earth. Jadi, harap maklum ya...) :D

Disclaimer: Komen yang satu ini tak hanya saya tujukan untuk Agan poerman saja, tapi juga untuk pembaca thread ini agar menjadi bahan pikiran kita bersama.

*****

Tanpa harus melibatkan teori yang lebay, seorang penganut flat earth akan selalu menunjukkan belangnya. Bisa dilihat, ketika disentil dikit, dia bakalan berkoar-koar tak tentu arah. Bukannya menjelaskan poin-poin yang sudah ditanyakannya, dia malah menarik topik lain. Awalnya dia membahas tentang revolusi bulan, tapi karena udah terlanjur dijawab dengan baik, dia mencari celah yang lain dengan membahas rotasi bulan pula. Awalnya dia membahas danau di antartika, tapi karena udah terjebak gara-gara secara tak langsung dia sudah mengakui antartika, dia enggan membahas antartika lagi. Awalnya dia membahas tentang pandangan matanya di lepas pantai, tapi karena sudah dijawab dengan baik (sampai pakai permisalan semut segala), di quote yang ketiga, dia malah melarikan topik itu ke "bulan". (tipikal).

Quote pertama, ketiga, dan (apalagi) keenam, sudah sangat jelas menunjukkan betapa besarnya kuasa EQ terhadap IQ bagi kebanyakan penganut flat earth. Karena pada dasarnya, organisasi mereka juga dibentuk atas dasar "perlawanan" besar-besaran terhadap orang-orang yang percaya bumi bulat. Padahal dia bisa saja tidak memedulikan cibiran iseng saya yang mengatakan dirinya "belum tahu", tapi dia malah tersinggung habis-habisan (baca: baper), dan mengatakan saya merendahkan ilmunya mentah-mentah. Mungkin bisa diibaratkan, penganut flat earth seperti ini tak ubahnya seperti "kaum sumbu pendek" yang selalu tersinggung. :)

Coba perhatikan quote yang ketiga. Kaum flat earth benar-benar sangat geram dengan yang namanya Amerika. Ya, hanya Amerika. Padahal masih banyak badan antariksa yang lain, tapi mereka hanya benci satu kata: AMERIKA. Sangat sesuai dengan tujuan organisasi flat earth.

Di quote yang kelima, dia membahas tentang bima sakti. (Siapa pula yang sedang membahas tentang bima sakti?).
Dia mengatakan tentang bagaimana caranya gambar bima sakti didapat, sementara kita tidak keluar dari bima sakti itu sendiri. Dia juga mengibaratkan tentang keseluruhan badan rumah yang tidak akan diketahui tanpa kita keluar dari rumah itu sendiri.
Oke, sekarang coba saya tanya: Bagaimana dengan fungsi-fungsi seluruh organ tubuhmu? Apakah kau harus membelah tubuhmu sendiri dari dada sampai perut dan mempreteli seluruh "jeroan" di badanmu dulu hanya untuk tahu fungsi masing-masingnya?
Dan untuk keyakinan kaum flat earth sendiri: Bagaimana pula kalian tahu kalau "piringan bumi" yang kalian yakini itu dibatasi oleh dinding es? Apakah jangan-jangan dinding es itu malah merupakan benua antartika yang selama ini tidak kalian akui? Dan, bagaimana pula kalian bisa tahu bahwa dinding es yang "tak bersalah" itu dijaga oleh pihak militer elit global? Apa yang mereka lakukan berpuluh-puluh tahun di laut lepas? Dan lagi, ada berapa ratus juta personil yang dibutuhkan untuk menjaga piringan bumi terluar yang luas itu? Apakah kalian sudah melihatnya sendiri?

Itulah gunanya informasi. Dan tugas kita adalah menyaring informasi itu. Bagaimana cara menyaringnya? Gunakanlah IQ, EQ, dan SQ dengan seimbang, agar kita lebih bijak dalam menentukan mana yang mengarahkan kita kepada hal baik, dan mana yang mengarahkan kita kepada yang keliru. Jika memang foto bima sakti yang diambil Hubble masih meragukan, biarlah meragukan, dan nggak usah dikait-kaitkan. Kita pelajari saja bumi kita, dan apa yang berhubungan dengannya.

Saya sebelumnya memaparkan tentang discovery channel yang menayangkan salah satu fenomena alam, tapi dia malah berkoar-koar tentang acara Oprah Winfrey dan Jane Elliot. Apa hubungannya dengan topik pembicaraan? Apakah itu hanya sekadar bualan supaya dibilang selalu update? Entahlah.
Saya mengibaratkan fenomena-fenomena alam itu semata-mata hanya agar kita mengerti bahwa bumi bulat juga merupakan sebuah fenomena alam. Berikut pula dengan matahari dan bulan yang selalu setia pada garis edarnya. Itu semua di luar kuasa kita sebagai manusia. Apakah Jane Elliot bisa menjelaskan kenapa matahari dan bulan nggak berhenti-berhenti bergelantungan di angkasa sana? :D

Agan poerman juga mengatakan kalau saya tidak membandingkan dahulu antara teori bumi bulat dan bumi datar.
Pertanyaannya: Kalau saya belum membandingkan, bagaimana saya tahu bobroknya teori flat earth?
Justru menurut saya, dirinyalah yang tidak pernah membandingkan kedua ilmu itu, karena dia sendiri jelas-jelas mengatakan di komen sebelumnya...
Menurut ane sih kita dari kecil udah seperti dicuci otak
Bukankah itu artinya dia menerima ilmu flat earth mentah-mentah dan langsung men-judge bahwa teori bumi bulat adalah bahan cuci otak belaka tanpa dibandingkan dahulu?

Itulah trik konspirasi flat earth. Saya sempat mengatakan bahwa video yang mereka gadang-gadang itu memang sangat berbahaya, dan punya efek persuasi yang tinggi. Untuk itu, ketika ingin melihatnya, kita memang perlu menyiapkan IQ, EQ, dan SQ yang seimbang, agar tidak diperdaya oleh "bahan cuci otak" yang sebenarnya. Jika kita terlalu berat ke EQ, habis sudah.

Saya kadang agak bingung, siapa sebenarnya yang sombong dengan ilmu di sini. Padahal, dari kalimat-kalimat yang saya bold dari quote-quote di atas, sudah sangat jelas menyimpulkan bahwa kaum flat earth-lah yang sejatinya terlalu bangga dengan ilmunya. Saya akui bahwa saya sangat meremehkan ilmu flat earth, bahkan saya sangat menyayangkan orang-orang yang katanya BERPENDIDIKAN HEBAT, tapi langsung takluk dengan secuil teori konyol, hanya dengan dalih: "Emang loe tau dan udah pernah liat sendiri bumi itu bulat?"

Kaum flat earth hanya bisa bertanya dan bertanya. Kenapa tidak mencari jawabannya sendiri? Apakah mereka tidak bisa beli buku? Padahal konon katanya mereka punya banyak duit untuk berlangganan internet buat nonton youtube, tapi... yah, begitulah adanya.
Sudah jelas sebabnya, adalah karena mereka berniat menantang ilmu dari pihak oposisi. Dan "menantang" erat kaitannya dengan apa? SOMBONG.

Jangan 'baper' hanya karena saya terkesan menekan inteligensi kalian sehingga terasa seperti merendahkan, tapi saya hanya sedang memulangkan kembali kesombongan yang kalian tebar.
 
Terakhir diubah:
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Terakhir diubah:
Oo sory saya tidak baper, anda cuma menjawab tp anda juga tidak bisa memberi data juga
Ada menjawab dgn persepsi org banyak tp tidak keluar sendiri dari logika anda
Pake logika dan akal anda juga dalam analogi nya ya :D
Kasihan tau anda punya potensi utk berpikir dan membandingkan tp tdak dimaksimalkan
Anda malah yg menerima bulat2 yang mereka sampaikan yang "katanya" ini itu
Wkwkwkwkwk.. :ha:

Saya membandingkan apa yang saya lihat, anda ngomong bulan bisa memendarkan cahaya makanya bantuk bisa C, D atau O dari proses bulan sabit hingga bulan purnama
Tp kenapa saat gerhana bulan, bulannya seakan tidak memendarkan cahaya
Toh asal cahaya tetap sama matahari, yang menutup bayang2 bulan juga bumi, kenapa tb2 saat gerhana bulan kemampuan memendarkan cahaya bulan hilang begitu aja
Wow bulan milih2 juga ya :ha:

Anda cuma mendengar tp belum pernah mengecek, anda membenarkan yang anda dgr tp belum dicek, saya juga awalnya tidak percaya dgn flat earth tp saya sndiri cari2 dan coba2 mana yg benar

Kalau anda ngomong mata manusia terbatas utk melihat luas permukaan bumi sehingga tidak bisa jadi ajuan utk melihat lengkungan bumi, skrg saya tanya anda pernah melihat pesawat take off dari posisi belakang pesawat
Pasti pesawat tersebut saat lepas landas seakan menghilang karena alasan lengkungan bumi, tapi begitu mengudara kelihatan kembali pesawat perlahan keudara
Anda tau berapa pjg landas paju pesawat ya bilang rata2 4-6 km, berarti sudah ada lengkungan bumi dirasakan utk jarak sejauh itu
Untuk melihat jarak tsb masih bisa dilihat utk membandingkan lengkungan horizon tapi tidak ada lengkungan horizon utk jarak seperti itu.

Anda juga melebar kmn2 pembahasannya mulai hujan darah, palung mariana, DNA atau apalah yg anda anggap org lain itu bodoh di mata anda, sungguh merendahkan sekali
Analogi anda juga kemana2 saya baca hanya untuk melarikan fokus pembahasan

Anda sendiri hanya menjawab dgn persepsi bukan data, malah mengatakan

Maaf saya mendengar bukan bulat2 saya telan, mungkin ada selama ini hanya mendengar apa yg sudah dikata kn bahwa bumi bulat bahkan anda sendiri tidak melihat langsung dan anda percaya dgn yang "katanya"
Anda tidak punya data utk menjelaskan jawaban anda, anda sendiri saya rasa tidak pernah membandingkan apa yg anda lihat sendiri dengan apa yg anda dengar dengan yang "katanya" ini itu
Anda belum mengoreksi yang "katanya" dan coba anda bawa ke logika anda

Emg benar agak aneh bg dunia "flat earth" sama seperti para penemu2 dahulu yang dianggap aneh, percaya atau tidak konspirasi itu pasti ada, kebohongan dunia pasti ada
Byk penemu2 hebat yg tidak populer di sampaikan ke sekolah atw pendidikan formal krn hal2 tertentu misalnya Nicholas Tesla

Anda juga menelan bulat2 bumu itu bulat seperti apa yg diajarkan disekolah
Sama seperti lidah yg mengecap rasa manis di ujung lidah, pahit di pangkal lidah tp ternyata tiap sel2 syaraf di lidah dpt membedakan semua rasa tersebut dan menyebar diseluruh permukaan lidah
Kalau anda tidak percaya coba jilat dgn ujg lidah anda jeruk yg asam, yg "katanya" ujg lidah itu utk mengecap rasa manis sedangkan rasa asam itu dikecap berada disisi kanan kiri lidah.

Anda bandingkan dulu mas bro, jgn lihat satu literatur palagi cuma discovery channel, mungkin anda penonton setia channel tsb kale ya :ha:
Lalu apa yg anda lihat yang "katanya" anda sampaikan ke org lain
Per individu itu cerdas masyarakat itu lebih gampang di bohongi
Membuat asumsi itu gampang ke org byk tp tidak utk perorangan

Saya juga sudah lama mencari2 kebenaran tp yg paling masuk ke logika saya saat ini adalah flat earth

Anda ga bisa kan menjaga kenapa da gbr bima sakti anda hanya mengelak "kenapa bahas bima sakti" toh anda juga kemana2 bahas nya yg hujan darah, DNA, palung mariana nah loh mau enak ada sendiri aja
Saya duga mgkin anda tidak pernah berpikir kesana mengapa mereka bisa tahu bntuk bima sakti
Semua citra di luar angkasa mulau satelit, planet, komet meteor kebanyakan CGI semua alias kartun canggih, jepang banyak juga tuk kartunnya :ha:
Bgmn bisa coba tiba2 ada gbr satelit sedang mendekati planet mars toh ngirim satu satelit aja bertahun2 lamanya, eh tiba2 ada gbrnya satelit tersebut sudah mendekati planet mars (mgkin satelitnya selfie dulu ya atau dikirim potograper kesana)

Antartika jelas dijaga ketat utk apa dijaga ketat?? Padahal belum ada satu org pun yg dpt menembus antartika, antartika lah kunci yg dpt menentukan bumi ini bulat atw datar.

Jadi anda jgn memaksakan yang anda lihat dari yg "katanya" ya :ha:
Saya mengatakan flat earth itu dari sudut pandang yang saya lihat, anda mau percaya atw ga y gpp
Saya mau dikatakan org aneh bodoh y gpp karena lawan bicara saya juga belum pernah melihat langsung bentuk bumi :ha:
Buat apa juga saya percaya dgn anda yg memberikan jawaban g pake data, asumsi semua, malah menjatuhkan org lain seperti itu
Itu mah jawaban egois anda sebagai mayoritas tentang bumi datar
:haha:
1. Anda menjawab dengan persepsi orang banyak, tapi tak keluar sendiri dari logika Anda. Anda punya potensi berpikir, tapi tak dimaksimalkan. Anda tidak bisa memberi data.
- Anda tahu dari mana hal-hal di atas tidak keluar dari otak saya? Anda dukun ya? =))
Anda tahu dari mana saya punya potensi berpikir yang tak dimaksimalkan? Bukannya Anda yang bilang kalau saya tidak punya logika? Mana nih yang benar? =))
Makanya, Anda ikutin pembicaraan ini sejak awal, jangan ngomong tanpa arah dan tujuan. Memang sih saya tahu kalau Anda itu malas membaca, sama seperti penikmat flat earth lainnya, tapi jangan permalukan diri Anda sendiri. :)

2. Kenapa saat bulan gerhana, cahayanya tidak tampak?
- Anda ngerti nggak apa yang saya jelasin sebelumnya? Nggak ngerti ya? Atau Anda yang malas membaca? Lagi pula, percuma juga saya jelaskan lagi, karena Anda pasti mengatakan "Ah, itu kan dari persepsi orang banyak, bukan dari logika Anda."
:pandaketawa:

3. Anda cuma mendengar dan membenarkan tanpa dicek. Saya berbeda, karena saya mengeceknya dahulu.
- Sekali lagi, Anda tahu dari mana saya tak pernah mengecek? Anda dukun ya? =))

4. Anda juga menelan bulat2 bumi itu bulat seperti apa yg diajarkan disekolah, dan bla... bla... bla...
- Hehehe... Iya gan, saya juga belajar 1 + 1 dari sekolah. Maaf ya gan karena saya belajarnya di sekolah, nggak di alam bebas dan mengecek bulan setiap hari.
:pandaketawa:

5. Bandingkan dulu Mas bro, jangan cuma nonton discovery channel...
- Jadi tayangan yang ada di discovery channel itu nggak asli ya? Gambarnya meragukan ya? Oh, maaf gan, saya nggak tahu itu. Mulai besok saya akan berusaha pelototin bulan.
:pandaketawa:

6. Saya menjelaskan bima sakti karena Anda juga melebar tentang DNA, dan ini, dan itu. Citra luar angkasa dan satelit itu gambar kartun. Satelit di Mars itu kayaknya selfie-selfie dulu.
- Saya melebarkan untuk menjelaskan satu hal yang Anda buat, sementara Anda mentah-mentah keluar ke bima sakti yang nggak ada hubungannya dengan bumi dan pembicaraan yang Anda buat sendiri. Udah ngerti di mana kekeliruan Anda?
Yang namanya Flat Earthers memang nggak akan pernah mengakui satelit dan segala macam anekdotnya. Jadi, buat apa lagi saya menjelaskan? Toh, otak Anda juga udah dicuci bersih juga kan? :D

7. Antartika dijaga ketat karena di sanalah kunci untuk mengetahui bumi ini bulat atau datar.
- HAHAHAHAHAHA....!!! =)) =)) =))
Btw, Anda sudah lihat sendiri ke sana? Ada berapa personil militernya kalau saya boleh tahu? :D

8. Anda jangan memaksakan satu hal dari "katanya". Buat apa saya percaya kalau Anda tidak pakai data, dan asumsi, dan ini, dan itu...
- Buat apa saya capek-capek keluarin data? Saya tidak ingin kelelahan mengcopy video, mengcopy gambar, mengcopy file kemari, karena saya sudah pelajari intisari yang berhubungan dengannya. Saya hanya meringkas apa yang saya pahami ke dalam bahasa yang mudah dimengerti dan dicerna orang awam.
Dengan bahasa yang mudah dicerna saja Anda nggak ngerti dan bahkan nggak mau tahu, buat apa saya capek-capek menjabarkan data-data ke sini? Toh sebelumnya juga udah ada yang kasih data, tapi Anda juga nggak mau peduli. Salah saya di mana? :D

Lagi pula, kalau Anda ingin data, bukankah data banyak sekali bertebaran di google? Bukankah Anda sendiri yang bilang kalau Anda itu sangat bijak dalam menilai ilmu ini dari dua kubu? Di sini saya bisa simpulkan bahwa Anda itu memang malas membaca dan sombong.

Kalau Anda tidak mengikuti pembicaraan ini dari awal, jangan terlalu cepat menyimpulkan, nanti Anda yang akan malu sendiri. Dari awal orang-orang flat earth hanya bertanya dan bertanya, tapi sekali ditanya balik, otaknya langsung error.
Toh kalaupun orang-orang flat earth ngeluarin data, hanya data di dalam video itulah yang akan dikeluarkannya dan disombongkannya. Mereka mengaku-ngaku sudah mengembangkannya, toh pembahasannya itu-itu saja. (seperti Anda). :)

Sekarang, giliran Anda. Silakan buka kembali page-page sebelumnya, dan jawablah pertanyaan yang sempat saya berikan sebagaimana saya menjawab pertanyaan Anda. Jika pertanyaan yang "sangat sedikit" itu saja Anda tidak bisa menjawabnya, nggak usah terlalu bangga, dan akuilah kalau otak Anda memang sudah "diakali" video flat earth.
 
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Terakhir diubah:
INTERMEZZO... :pandaketawa:

Tulisan berikut ini ditujukan untuk semua pembaca thread ini...

Selama saya mengikuti pembicaraan di thread ini, saya mendapatkan beberapa kesimpulan tentang flat earth mania. Mereka ternyata punya ciri-ciri yang melekat di dalam diri mereka. Ingin tahu apa saja? Let's check them out! :D

1. Flat Earth mania sangat suka dengan topik satelit.
Yang satu ini memang sudah jadi makanan mereka. Mereka sangat membutuhkan bahan pembicaraan yang satu ini. Namun, jika Anda mengajak bicara flat earthers berbicara hal ini, jangan harapkan akan ada pencerahan. Anda akan disuguhkan dengan kata-kata: "Bohong", "fiktif", atau "rekayasa".

2. Flat Earth mania dan elit global
Jangan sekali-kali katakan "Amerika" di dekat flat earth mania, karena itu bisa berdampak serius bagi diri Anda. Ya, flat earthers sangat membenci Amerika. Pastikan Anda membuang jauh-jauh kata tersebut jika teman Anda adalah seorang flat earth mania, karena jika Anda nekad, dia tidak akan lagi mengenal Anda itu temannya atau bukan.

3. Flat Earth mania dan cuci otak
Apakah Anda pernah mengobrol langsung dengan seorang tawanan di era Perang Dunia? Tidak?
Jangan khawatir. Saat ini Anda semua bisa mendapatkan sensasi ngobrol dengan orang yang sudah dicuci bersih otaknya ala Perang Dunia. Ya, Anda bisa mendapatkan pengalaman ngobrol dengan orang yang tahunya hanya menyajikan informasi yang itu-itu saja, bagaikan tawanan perang yang dikorek informasinya. Flat Earthers tidak tahu hal lain, selain "satelit", "Elit global", dan "Bohong".

4. Flat Earth mania dan youtube
Fakta mengejutkan datang dari forum semprot, yang ternyata 100% dari flat earth mania yang berkutat di sana adalah pencinta Youtube!
Tingginya persentase ini diduga disebabkan oleh video flat earth yang menampilkan berbagai macam data-data kompleks ke dalam otak. Tanpa disadari, ternyata video tersebut memicu amygdala mereka untuk mengeluarkan intuisi emosional untuk bertahan di situs youtube.

5. Flat Earth mania dan harga diri
Apa yang Anda lakukan jika terbukti salah? Apakah Anda akan mengakui kesalahan Anda? Atau Anda hanya terdiam saja?
Itu sangat wajar jika kita sebagai orang "normal" terbukti dengan kesalahan-kesalahan masing-masing. Namun lain halnya dengan flat earth mania. Jika mereka terbukti salah, mereka akan menggempurmu dengan segala macam hal yang berputar-putar dari topik bahasan.
Untuk apa? Untuk membuat kalian bingung dan berkoar-koar ke arah yang lainnya pula, agar mereka bisa menemukan kalimat-kalimat yang terucap oleh kalian untuk dijadikan senjata melawan balik.
Flat earth mania cenderung sombong dan punya watak menantang. Jika mereka dibombardir dengan pertanyaan yang membuat mereka "mati langkah", mereka tetap tak akan menyerah dan akan tetap mempertahankan harga diri mereka di tengah kekacauan di dalam otaknya. Bisa dibilang, mereka "terpaksa" melakukannya.

6. Flat Earth mania dan pertanyaan
Flat earth mania memang ditakdirkan untuk bertanya, bukan menjawab. Jangan kaget jika kalian membuka pembicaraan dengan flat earthers, kalian akan disuguhkan dengan pertanyaan menantang dan disampaikan dengan berapi-api.
Namun, jangan khawatir. Tetaplah tenang dan sampaikan segala macam ilmu yang kalian tahu. Jika pertanyaan mereka habis, cobalah tanyakan satu hal mengenai ilmu bumi bulat. Niscaya mereka akan melakukan 2 hal ini:
- Memutar balikkan masalah kembali (sistem loop)
- Terdiam membisu seperti orang yang sudah dicuci otaknya ala Perang Dunia. (Namun kasus ini sangat kecil terjadi). :D

Poin dari hasil pengamatan ini bisa bertambah sewaktu-waktu, mengingat karakter flat earth mania yang labil. Namun, kalian bisa mempelajarinya lebih dulu, dan setidaknya kita tahu seperti apa flat earthers itu.

:taimacan:
 
Terserah anda mau bicara apa, saya percaya dgn apa yg saya lihat sendiri anda sama sx tidak kompetensi dgn menjlaskan tuk jadi referensi
Toh anda sendiri juga bukan orang yg pernah melihat lgsg kebenaran bumi bgmn bntuk nya
Anda lebih byk menyindir daripada menjelaskan pertanyaan saya
Anda hny egois dalam memberi jawaban karena anda merasa mayoritas karena asumsi manusia byk lbh familiar dgn bumi bulat. Omongan anda tidak sama sx masuk akal dan ngelantur :ha:
Ngatain saya ngomong nya kemana2 anda sendir ngasih analogi juga kemana2 pa itu namanya ga egois ya
:ha:

Sudah ah buat apa saya harus berdebat dgn anda yg hanya egois karena merasa mayoritas biasa kok minoritas di hina di cap bodoh aneh gila
Sama dgn penemu2 dulu yg dianggap aneh bodoh gila tp selesai benar adanya malah mereka dianggap sebaliknya
Maaf ya sx lagi saya katakan anda tidak kompeten utk pembahasan ini saya juga bukan berarti kompenten juga
Tp anda bukan sapa2 kok jd buat apa saya percaya dgn penjelasan anda
Anda hanya bgn org mayoritas yg merasa menang jmlh dan beranggapan minoritas flat earth hny sekumpulan org aneh
Justru anda bgn org yg tidak kritis dan ikut2an arus aja :ha:


Y wlupn belum satupn yg bisa melihat lgsg bgmn bntuk bumi, saya sarankan anda jgn terlalu meremeh kan ya mas bro
Kita sama2 belum melihat lgsg karena pembodohan di zaman digital tetap aja ada
Byk yg tidak saya percayai tntg bumi bulat
1. Satelit begitu byk di permukaan bumi dan jaraknya relatif dekat dan bisa dipantau dgn teleskop tp saya tidak pernah lihat diteleskoo saya
2. Satelit yg saya lihat di orbit bumi mau dari google atw apa kek semua CGI kartun semua, bagus ane lihat anime jepang :ha:
3. Proses bulan sabit hingga purnama berbeda dgn proses gerhana bulan pdhl bulan ny sama buminya sama mataharinya sama
4. Teori gravitasi, dmn stiap planet memiliki gravitasi utk menarik semua benda yg berada d permukaan atw disekitarnya, tp kenapa gravitasi bumi milih nariknya, mulai pesawat bisa mengudara, dmn pesawat terbang melawan gravitas tp pas diudara pesawat bisa selalu konstans posisinya dgn kecepatan dan jaraknya padahal kecepatan rotasi bumi lbh cepat dari kecepatan pesawat seharusnya pesawat akan ketinggalan oleh kecepatan rotasi bumi, balon gas, kapal tanker yg mengapung di air tp pas bongkahan batu yg lbh ringan tenggelam
5. Gravitasi bulan lbh kecil dari gravitasi bumi, ukuran bulan jg lbh kecil dr bumi tapi mengapa bulan terus berevolusi memutari bumi dgn jarak yang stabil seharusnya bulan ditarik bumi dan kelama2an akan menambrak bumi krn kalah dgn gaya gravitasi bumi yg lbh besar dan ukuran bumi yg lbh besar, coba aja pake magnet yg sama2 gaya tarik nya tapi satu magnet besar satu nya magnet kecil pasti magnet yg kecil ditarik oleh magnet yg besar karena wlupn gaya nya sama tp berbeda bobot, lah kok beda dgn bulan dan bumi tapi saya yakin itu kuasa Tuhan yg tidak bisa dicerna manusia tpi saya aneh dgn teori gravitasi



Ane cabut dlu ya
:motor1:
:pandaketawa:
Coba perhatikan kalimat-kalimat yang saya bold di paragraf teratas. Demikianlah seorang flat earther. Disuruh baca kembali dan menjawab pertanyaan, dia malah bilang orang lain egois. (tipikal).

Lalu, coba perhatikan paragraf kedua (tulisan yang tidak saya bold). Kebetulan sebelumnya saya juga sudah jelaskan teori konspirasi dengan trik "unsur kenabian". Sangat pas, bukan? :D

Dan terakhir, coba perhatikan tulisan yang saya bold di paragraf ketiga. Orang ini benar-benar flat earther tingkat kronis. :D
Sangat jelas bahwa bahan-bahan yang dia punya adalah copy paste dari video flat earth. Tapi, dia mengatakan dirinyalah yang PALING PINTAR.

Padahal saya sudah jelaskan hal-hal yang ditanyakannya ini di page-page sebelumnya, tapi dia yang MALAS MEMBACA, lebih memilih mengembalikan masalah yang sama (sistem loop).
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk pertanyaan 1 dan 2, saya malas menjawab karena otak Anda sudah terlanjur dicuci bersih oleh satu video. Jadi, saya mungkin akan menjawab (mengulang kembali apa yang saya sudah jelaskan di page-page sebelumnya) pertanyaan nomor 3, 4, dan 5.

3. Untuk jawaban poin ini, sudah saya jawab di komen ketika saya pertama kali menjawab pertanyaan Anda. Jawabannya sudah saya bikin singkat dan padat. Tapi jika Anda tidak menemukannya, salahkan diri Anda sendiri.

4. - Dari mana Anda tahu setiap planet punya gravitasi? Anda pernah ke planet lain?
- Saya sudah singgung mengenai percepatan gravitasi berikut percepatan rotasi Bumi itu sendiri dan peran lingkup atmosfer di page-page sebelumnya. Sementara, tugas si pesawat terbang sendiri adalah untuk terbang dan "melawan" fenomena alam tersebut. Pesawat terbang itu nggak selalu konstan ketinggiannya, Nak. Kalau memang konstan terus, buat apa ada pilot dan instrumen-instrumen ketinggian di dalam kokpit?
Anda lagi-lagi salah dalam menghadapkan batasan masalah. Jika ini mengenai teori pesawat terbang, jangan buminya yang Anda sudutkan, tapi kenapa pesawat itu bisa melawan gravitasi Bumi itu sendiri. Semua sarana (termasuk di dalamnya pesawat terbang dan kapal) yang diciptakan manusia itu bukan tanpa pemikiran matang. Bentuk-bentuk di dalamnya juga sudah yang paling presisi sebelum adanya uji coba. Tak hanya prinsip Bernoulli yang dipakai, tapi mempelajari lingkungan (yang dibawakan oleh Bumi kita) juga harus dipertimbangkan. Kecepatan angin, cuaca, bobot pesawat, semuanya berperan. Jika tidak, itu pesawat bakalan berisiko untuk terbang.

Pesawat terbang dan kapal itu beroperasi di mana? Udara dan air, kan? Mereka (para pencipta pesawat terbang dan kapal) tidak hanya memikirkan masalah percepatan jatuh (9,807 m/s kuadrat) doang, tapi juga mekanika fluidanya. Di alam, fluida statis dan dinamis itu tidak tentu, jadi diperlukan teori tambahan, khususnya dari sifat-sifat fluida itu sendiri. Itulah sebabnya pesawat terbang dibuat berbentuk mirip seperti peluru. Kenapa begitu? Ya, begitulah aerodinamika. Terus, kalau pesawat terbang bisa melayang karena sifat fluida dan pemanfaatan desainnya, bagaimana dengan kapal laut? Perhatikan rumus berikut:

rho = m/V

rho (yang lambangnya mirip seperti huruf p kecil) adalah poin yang harus didapat apabila ingin sebuah kapal itu mengapung di air. rho adalah massa jenis.
Lalu, bagaimana caranya? Ya besarkan saja volumenya, niscaya jika massa bahan bakunya sudah ditetapkan, akan berpengaruh kepada massa jenis yang lebih kecil. Nah, jika massa jenis yang dipakai kapal lebih kecil dari massa jenis air, mengapunglah kapal itu. Bentuk kapal dibuat seperti "bak mandi" adalah untuk menampung volume dengan udara kosong. Oleh karena itu, jika terjadi kebocoran, massa jenis airlah yang akan mengisi ruang untuk udara tadi, dan terjadilah kapal tenggelam.

Jadi, jangan hanya terpengaruhi gravitasi bumi saja. Tapi penemuan manusialah yang punya peran di sana.
Sementara itu, bagaimana dengan rotasi bumi? Itulah keajaibannya. Meskipun kita melompat, kita pasti akan kembali ke tempat yang sama. Padahal, jika ditilik ulang, kecepatan rotasi bumi itu sangat luar biasa. Gaya sentrifugal bumi pada dasarnya tidak ada, karena jika ada, jangankan pesawat terbang, kita yang berada berpijak di tanah pun akan merasakan dampaknya.

Atmosferlah yang berperan di sana. Sama halnya dengan ruangan di dalam pesawat terbang, atmosfer Bumi juga punya prinsip kerja yang serupa. Ketika pesawat terbang sedang terbang, coba suruh pramugari untuk melompat. Tapi, kenapa dia malah kembali berpijak di tempat yang sama? Padahal, kecepatan pesawat terbang itu berapa? Bisa Anda bayangkan? Seperti itulah atmosfer Bumi melindungi isinya. Kita tidak akan merasakan apa pun, apalagi percepatan rotasi bumi yang luar biasa.

Lalu, Anda mau menanyakan lagi kenapa bisa demikian? Silakan tanya Tuhan karena itu sudah di luar kemampuan saya.

5. Anda tahu dari mana bulan punya gravitasi? Dari sekolah? Atau dari video flat earth? :D
Berpikirlah dengan seimbang. Gunakan IQ, EQ, dan SQ Anda dengan baik. Ilmu Tuhan seperti samudera, sedangkan ilmu kita hanya seujung jarum. Jika Anda tidak percaya gravitasi, itu tidak masalah. Teori hanyalah sekadar bahasa, agar penyampaian suatu ilmu bisa dimengerti oleh orang lain. Anda juga berhak membuat angka 1 yang berbentuk garis lurus menjadi berbentuk telur seperti angka nol, tapi apakah orang lain tidak akan salah paham karenanya?
Masalah gaya tarik bumi dan garis edar bulan tidak usah Anda bahas, karena Jane Elliot juga nggak akan bisa menjawabnya. :D
 
Terakhir diubah:
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Terakhir diubah:
Sudah2 semua penjelasan anda itu semua cuma teori tp kagak masuk logika
Ayo lebih kritis lihat dgn mata kalian sendiri bandingkan dgn teori mereka, itu cuma teori
Lbh cerdas dalam menganalisa yg familiar yg biasa kita dgr belum tentu benar yg aneh kita dgr bisa jd benar
Mister @Rezzo yg selalu menganggap flat earth mania adlh org bodoh dgn bahasa2 ny dan teori2 ny yg hny menyindir malah kdg merendahkan ini kagak masuk akal

Dia ga kan bisa menjawab sama sx bgmn satelit begitu byk sekali mengorbit di bumi tp sama sx tidak kelihatan di teleskop, semua gbr satelit di google atw di internet semua itu CGI alias kartun tingkat tinggi, bgmn bisa satelit bisa divideo kan lg mendekati suatu planet emg da kameramen yg ikut kemana2 satelit mengorbit
Paling dy cuma jawab itu cuma alasan ngeles kaum flat earth tp mister @Rezzo kagak bisa mejawab dgn logika atwpn teori yg "katanya" itu loh
Paling dy cuma ngeles sudah dicuci otam para flat earth tp faktanya belum ada sama sx mister @Rezzo kita bicara fakta bukan teori atau opini
Tunjuk kn dgn saya poto asli satelit mengorbit dibumi yg bukan CGI pasti kagak bisa :ha:
Fakta ya bukan teori

Bima sakti bisa ada gbr nya sdgkan belum da satelit yg bisa mengorbit keluar bima sakti ke planet mars aja bertahun2 itu bima sakti cuma hayalan dan kalian percaya gitu aja
Halooo sadar ya sadar :ha:

Bulan dia blg tidak punya gravitasi sapa bilang?? Pernah nonton film armagedon saat pesawat antariska mereka harus memutari bulan?? Justru mereka menggunakan gravitasi bulan utk mendorong mereka, nah itu ada kata "gravitasi" yg kata mister @Rezzo yg serba maha tau yg cuma bekal nonton discovery channel dan ngelantur kmn2 penjelasan (dia sih boleh) tp saat saya dianya protes :ha:

Lihat aja yg anda lihat dgn mata anda sendiri itu bulan jadi saksi nya, pernah lihat sisi belakang bulan kagak?? Padahal bulan berotasi lho
Pernah lihat proses gerhana bulan kagak?? Bandingkan proses bulan sabit hingga purnama

Paling ntr saya di blg bodoh lagi sama mister @Rezzo,, saya paling cuma dikatai maniac, EQ dan IQ saya ujg2 ny yg d bahas

Ayo kunci nya ada di bulan amati tuh bulan, lihat di youtube juga live channel satelit NASA di orbit bumi kagak ada kelihatan tuh satelit wara wiri malah kagak kelihatan sedikit pun cahaya bintang langitnya hitam polos doank :ha:

Udah ah malas dgn mister serba tau @Rezzo yg ga bisa jawab malah nyerang balik dgn pembodohan bahwa flat earth maniac gini gitu

Saya tekankan saya tidak memaksa kalian percaya dgn flat earth, saya juga tidak begitu saya percaya dgn flat earth, tp berdasarkan logika dan yg saya lihat jd keputusan kalian masing2 utk percaya kemana
Dalam beragama aja tidak ada paksaan palagi utk hal yg bgini, cuma saya tidak puas dgn jawaban mister @Rezzo yg kebanyakan mengucilkan para flat earth, dia hanya bisa menyindir dan merendahkan
Ya emg data2 juga belum cukup kuat utk memastikan flat earth tp bukan berarti bumi bulat juga benar karena masih byk kejanggalan tentang bumi bulat

Untuk mister @Rezzo thx lho infonya saya makin yakin kalau anda cuma sekumpulan mayoritas yang mengucilkan minoritas dgn jawaban egois dan ngeles membalikan jawaban saya lagi
Saya cuma minta fakta tentang satelit yg non CGI, jgn dibalikan jawaban saya lagi jawab aja setidaknya dgn logika kalau g pny teorinya jgn jawab krn kami sudah dicuci otak nya ya

Ingat penemuan itu ada karena rasa ingin tau dan pertanyaan mengapa bisa seperti ini, misalnya Isaac Newton "kenapa buah apel ini jatuh kebawah menimpa kepalanya" baru mulai meriset dan mengumpulkan data semoga flat earth bisa mendapatkan data yg kongkrit untuk mematahkan kebohongan dunia ini biar mister @Rezzo kagak sombong lagi

Hahahahahha :ha:
1. Semua penjelasan Anda teori, nggak masuk logika.
--- Hehehe... Gimana sih Agan ini? Dikasih penjelasan logika, minta data. Dikasih data, minta logika. Maunya apa sih gan? :pandaketawa:

2. Dia nggak bisa menjelaskan satelit. Dia nggak bisa nunjukin satelit. Satelit dengan kameramen, satelit yang kartun... dan ini... dan itu. Kita bicara fakta, bukan opini.
--- Gan... (menghela napas). Kalaupun saya jelaskan perkara satelit panjang lebar di sini, Agan pasti bilang itu teori dan bukan fakta kan? Terus mau gimana lagi? :D

3. Nggak ada satelit yang keluar dari bima sakti. Ke Mars aja susah. Ayo sadar kalian! Sadar!
--- Huhh... hohh... huhh... hohhh... Oke! Ane sadar! Ane sadar! :kuat:

4. Bulan itu punya gravitasi Mister rezzo! Makanya jangan nonton discovery channel. Tontonlah film Armageddon, karena ada teori gravitasi bulannya. Mister Rezzo ini sok maha tau ya.
--- :fiuh: Agan belum pernah ke bulan kan? Ngapain mempercayai teori NASA tentang gravitasi bulan? Bukannya Agan benci NASA dan Amerika? Lagian kalo Agan nggak percaya film Armagedon juga nggak apa-apa. Ane jelasin tentang bulan juga pasti Agan bilang cuma teori kan? Agan mau fakta kan? Makanya berdoa mudah-mudahan akan segera ada transportasi ke bulan buat tujuan komersial, biar Agan bisa dapat fakta yang sebenarnya. :)

5. Bulan itu berotasi, gue tau itu! Dan, coba lihat video youtube, nggak ada satelitnya kan?! Terus, pelototin tuh bulan supaya Mister Rezzo tau.
--- :fiuh: Bukannya sebelumnya kita bahas revolusi bulan gan? Tapi, ah, sudahlah...
--- Iya gan, nanti saya bakalan nonton youtube, dan keluar rumah malam-malam buat nonton bulan. :fiuh:

6. Udah ah, males gue ngomong sama mister Rezzo yang serba tau!
--- Wah, saya serba tau ya gan? Terima kasih...:klove:

7. Saya nggak maksa buat percaya flat earth, tapi Mister Rezzo menyindir dan merendahkan saya... :((
--- Ya sudah... aquhh nggak akan menyindir lagi... Maafin aquhh ya... :sori:
--- Tapi, kalo ada yang "aneh-aneh" lagi, jangan salahin gue maju ke medan perang ya... :perang:

8. Memang data belum kuat untuk memastikan bumi itu datar, tapi masih banyak kejanggalan di teori bumi bulat.
--- Bukannya Agan hanya bicara fakta? Mana ada fakta yang nggak kuat. :D

9. Untuk Mister Rezzo, kamu cuma bisa ngeles! Egois! Tapi kamu hebat, karena kamu bisa membalikkan jawaban saya sendiri.
--- Oh, terima kasih ya. Jadi malu...:o

10. Saya cuma ingin fakta tentang satelit non CGI, itu saja. Jawablah dengan logika kalau tak punya teorinya.
--- Jangan malas membaca ya, Nak... Jangan malas membaca ya, Nak... Jangan malas membaca ya, Nak... (Eh, udah 3 kali ya? Udah cukup belum?) :D
Lihat ke page-page sebelumnya ya, Nak. Saya bahkan kasih bukti satelit Tubsat Indonesia yang diluncurkan dari India. Itu satelit memang bukan untuk tujuan luar angkasa seperti halnya Hubble, tapi kebanyakan untuk pengelolaan data BMKG. Dan karena tujuannya berbeda, otomatis tuh satelit non CGI kan? Tapi, ane nggak pernah pegang satelit tubsat tuh gan. Jadi, Agan nggak bakalan percaya.

11. Semoga orang-orang flat earth bisa mendapatkan data yang kongkrit biar Mister Rezzo nggak sombong, seperti Issac Newton yang kepalanya kejatuhan apel.
--- Bukannya Agan dari awal membicarakan FAKTA yang Agan yakini? Kenapa belakangan jadi mengeluh gitu dengan teori flat earth-nya?

12. Hahahahahha :ha:
--- Maksa bener ketawanya gan? =))

*********************************

Dia bertanya, saya menjawab. Dia kasih bahan yang lain, saya jawab lagi. Belakangan, dia bilang saya egoislah, sombonglah. (padahal dia yang belagak sampe bawa-bawa pendidikan segala). :D
Saya kasih logika, dia minta teori. Saya kasih teori, dia minta logika. Saya kasih teori dan logika, dia bilang itu perkataan orang lain dan bukan dari buah pikir saya.
Belakangan, dia minta fakta. Tapi tiba-tiba dia bilang teori flat earth-nya sendiri masih prematur.
Saya suruh membaca ulang, dia nggak mau. Saya tantang balik, nggak merespon.

:fiuh:

Ya sudah. Jika memang mau mengakhiri pembicaraan ini, it's OK. Daripada Agan makin muter-muter ke sana-sini, dan ujung-ujungnya otak Agan terkilir, memang lebih baik saya sudahi saja.

:bye:

***********************************
Oke... Kembali Stand by menunggu flat earthers yang lain...:pandajahat:
 
Terakhir diubah:
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Terakhir diubah:
Mantap om @Rezzo :jempol:
ane sih ga terlalu mikirin bentuk bumi. Tapi dari ilmu dan info yg ane kuasain sih teori bumi bulat itu jauh lebih masuk akal.

Kalau menurut ane sih suhu poerman ini uda kalah telak banget. Penjelasannya om rezo emang mudah bgt dipahami dan objektif menurut ane. Alasannya logika banget dan jelas. Justru suhu poerman yg kyanya cuma ngamuk2 doank. Malah jawabannya nyasar kemana2.
Betul tuh apa kata om rezzo. Klo mau terima informasi itu jangan cuma pake eq atau iq aja, tapi juga seimbangin sma sq. Yah meskipun ane masih ijo buat debat2 gini, tapi setidaknya ane tercerahkan tentang ilmu bumi bulet.

Maaf nih ya suhu poerman. Ane cuma nyimak aja kok. Peace ya :D
 
Kalian mau argument apa toh kalian belum pernah liat sendiri. Bumi globe...atau bumi datar.... Keduanya punya dasar keyakinan sendiri - sendiri yang sama sama banyak kejanggalan.
 
Ada 2 pernyataan
Flat earth
Globe earth

Biasanya pernyataan ke 3 lah yg bner, yg kmungkinan hny Allah swt dan para pendahulu yg tau

Pernyataan ke 3 kmungkinan merupakan gabungan dr 2 pernyataan sbelumnya bahwa kmungkinan hamparan bumi itu lebih sangat luas sperti tertulis di kitab suci Alquran.

Jd ada kmungkinan diameter bumi yg asli msh lbh luas lagi, dan dibalik tembok es ktub selatan msh ada daratan lain.
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd