Agen Terpercaya  
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

CERBUNG UP!

Siapa Char Favorite Kalian?


  • Total voters
    327
Status
Please reply by conversation.
:p om andre biasa suka php nih... nanti aq kasih telolet ditelinga mau om??? ditunggu updatenya om andre... salam sleding seribu bayangan :D
 
hehehe kayaknya om andre mau pake lagu anata dake mitsumeteru nih... lama2 ebi berubah jadi hanamichi :D
 
UP dulu sekali ah, biar ganti page
 
Atu lagiiiii, ih maapkeun nyampahin trit sendiri wkwkwkk
 
Lima:
Let Yourself Be Weak, So We Can Get Stronger Together








Udah dua hari lamanya gue sama Manda jagain Aurel yang dirawat. Aurel masih kekeuh ga mau ngasih kabar kalo dia dirawat, alesannya, biar ga ada yang jenguk. Dia ga ngejelasin alesan kenapa ga mau ada yang jenguk dia, tapi kayaknya gue mah paham. Gue udah kenal ini balon hidrogen cukup lama sampe tau apa yang ada di pikirannya dia.

“Heh, ga usah kebangetan kesanin diri sok kuat lah, Ge.” Gue yang baru aja nyampe di ruangan dia, langsung duduk di sofa. “Bisa ga sih, sifat perfeksionis lo itu di kendorin dulu, bentar? Lo itu lagi sakit, dan orang sakit itu, butuh perhatian biar ngerasa di dukung dan cepet sembuh. Lo kan belajar psikologi pas kuliah dulu, masa ga paham yang beginian?”

Aurel kayaknya kaget karena gue sukses baca yang ada di pikirannya. Tuh, kecetak jelas di muka dia. “E-eh, bukan… maksud gue, enngg… gue cuma… gimana ya,” Aurel gigit kukunya sendiri, ngehindarin tatapan gue, “gue cuma… ga mau terlalu ngerepotin orang lain aja.”

“Yang akhirnya malah bikin orang repot,” sambung gue.

“Ma-maksudnya?”

Gue hela nafas dulu sebelum ngelanjutin penjelasan. Kadang, gue kangen banget Aurel yang versi sehat. Kelamaan dirawat bikin dia jadi tumpul, dan ga bisa analisa pernyataan. Aurel yang sekarang mah udah ga setajem dulu. Ramah sih, cuma jadi nyebelin. Gue tambahin satu lagi, manja.

“Pernah mikir ga, lo sakit, dirawat gini, terus ga ngabarin ke semua anak buah lo, terus jadinya gimana? For crying out loud, Rel, lo itu boss, Kampret! Yang handle kalo lo ngilang siapa entaaar?”

Aurel langsung diem. Mukanya keliatan kayak lagi mikir keras. Kayaknya, gue sukses bikin dia kepikiran soal kerjaannya lagi.

“Gimana? Masih ga mau bilang kalo lo sakit?” tanya gue lagi, mastiin. “Minimal, sekretaris lo tau keadaan lo gimana.”

Sekarang, malah dia yang hela nafas. Kesannya kayak beban dunia ada di pundak dia aja. Atau dadanya? Soalnya keliatannya dadanya lebih berat dari pundaknya. Atuhlah, pokus!

“Gimme a break to explain, will you?” Aurel natap gue pake pandangan putus asa, “gue ga se-clumsy itu sampe ga persiapin rencana cadangan kalo misal gue berhalangan hadir berhari-hari. Kalo cuma kabarin sekretaris dan intruksiin supaya ngelakuin hal-hal yang udah gue susun, itu udah gue lakuin dari awal sakit, Bi.”

“Nah, terus?”

Aurel gigit bibirnya dulu, kayaknya resah banget mau ngomong aja juga. “Gue cuma ga mau di jengukin. Sejujurnya… gue ga mau orang ngeliat gue di kondisi lemah gini.”

Rasanya, gue pengen banget jedotin kepala ke tembok. Biar amnesia, terus sadar jadi Freddie Mercurie. Biarin jadi homo, yang penting legenda. Daripada begini, jadi cowok biasa yang mesti ngadepin dua cewek nyebelin secara bergantian, dan seringnya sih bersamaan. Lagian nih ya, gue kira sindrom mindernya Aurel udah berhasil dia enyahin. Eh taunya cuma di teken sampe batas maksimal doang. Dia masih belom sanggup untuk ngebiarin orang ngeliat dia secara keseluruhan; di kondisi kuat dan lemahnya.

Oh iya, ngomong-ngomong soal cewek nyebelin, si nyebelin satunya kemana? Gue pun nanya Aurel, dan dia jawab kalo Manda lagi makan di restoran yang ada di lantai satu. Katanya, dia udah keburu laper dan nungguin gue lama banget. Akhirnya, dia turun sebentar buat cari makan. Padahal nih ya, gue udah bawain masakan Nyokap buat Manda. Ada tiga rantang yang gue bawa, isinya ayam serundeng, nasi putih, sambel sama lalapan, terus tumis kacang panjang. Gue jamin, Manda pasti nyesel udah makan kalo tau gue bawain bekel buat dia.

“Lagian, pulang buat ganti baju aja kelamaan,” seloroh Aurel sambil manyun-manyun, “Manda ga salah lah kalo nyari makan duluan. Lo nya aja yang tega ngebiarin orang kelaperan lama-lama.”

Kok jadi gue yang kena? Ahelah. Yaudahlah, gue udah pusing juga ngeladenin si Toge, mending ngeloyor aja nyusulin Manda. Gue pun keluar dari ruangan, terus titip Aurel sama Bang Jo bentar. Masuk ke lift, terus menuju ke lantai dasar. Ga susah nyari restoran umum di rumah sakit ini, soalnya dari lift lantai dasar tinggal lurus ke kanan.

Dan disitulah Manda, lagi duduk sendirian. Muka mengarah ke piring, sambil ngaduk-ngaduk nasi gorengnya pake sendok. Lucu amat ini dia, turun ke lantai dasar cuma pake piyama doang. Udah gitu, kayaknya rada longgar gitu, apalagi di bagian dada. Iyalah, punya Aurel itu piyamanya. Tau sendiri kan, Aurel lebar di bagian mana.

Tapi bahkan dari sekian banyak orang yang lagi makan di sini, Manda masih keliatan mencolok banget dengan sendal jepit, piyama polkadot, dan muka cantiknya. Dari tempat gue berdiri, gue bisa ngeliat banyak pasang mata para cowok curi-curi pandang ke dia. Dan sebagai pejantan alfanya dia, sisi ego gue pun menyeruak.

“Dari kapan sendirian disini?” tanya gue, sambil geser satu kursi di hadapan dia.

Manda bengong dulu, terus suap satu sendokan ke mulutnya. “Setengah jam yang lalu kok. Maaf ya aku turun duluan, laper Bi.”

“Kalem. Ada juga gue yang harusnya minta maaf. Lama banget pulangnya, jadi lo kelaperan.”

Manda ngelempar senyum termanisnya hari ini ke gue, terus luncurin sendok ke mulut gue. “Nih, cobain. Ga buruk banget kok rasa nya, meski mahal,” kata dia. Mau ga mau, gue mangap, terus ngunyah. “Aku ngerti kok kalo kamu pulangnya lama, kan jauh dari sini ke rumah.”

Di sela-sela kunyahan gue, ada rasa syukur terbersit dalem hati. Gue (bentar, bawang mana bawang? Buat ngerangsang aer mata ini, biar terharu, ceritanya) bersyukur banget punya cewek yang pengertian to the max kayak Manda. Dia masih mau ngertiin gue yang ninggalin dia selama enam jam lebih dari tadi pagi sampe siang ini. Sebenernya, cuma dua jam kurang kalo bolak-balik rumah ke rumah sakit. Tapi tadi gue sempet ketiduran gara-gara begadang nge-game sambil jagain Aurel tiap malem. Ngantuk coooy, tadi aja pas pulang mau oleng gue bawa motornya.

Gue pun cerita ke Manda kalo gue bawa masakan Nyokap buat dia. Manda—yang spontan langsung mutusin selesai makan biar lanjut babak kedua pake lauk dari Nyokap—langsung ngajak gue buat balik ke atas. Jelas dia ga sabar pengen makan masakan Nyokap. Selain rasa makanan di sini rada hambar (dan gue kaget pas dikasih tau kalo sepiring nasi goreng itu empat puluh ribu), dalam sejarah gue ngobral masakan Nyokap gue ke orang-orang, belom pernah ada yang mampu nahan diri buat ga makan masakan Nyokap setelah pernah nyoba. Malah kata Manda, masakan Nyokap itu kayak buah apel yang ditawarin sama Samael ke Adam dan Hawa di surga—yang bikin mereka di usir ke bumi. Menggoda, orisinil, sulit buat di tolak. Agak lebay sih.

“Entar aja ah,” gue nahan tangan Manda supaya dia ga buru-buru berdiri dari duduknya. “Gue masih bete sama Aurel. Nanti tambah bete malahan kalo gue ke sana lagi. Mau ngademin dulu.”

“Emang bete kenapa sih?”

Gue hela napas dulu. Bakal ribet ini diceritainnya, mah. “Dia kekeuh ga mau di jengukin sama siapapun selain kita. Gue empet banget liat pencitraan dia yang cuma mau di liat pas lagi kuat doang itu.”

Manda, malah natap heran ke gue. “Loh, itu kan terserah dia mau di jengukin atau engga, Udangku sayaaang,” katanya. Eh, gue malah dijitak, pelan sih. Sambil senyum, Manda lanjut bilang, “ga semua orang harus selalu sependapat sama kamu, tau.”

“Tapi, Man, maksud gue—”

“Lagian nih ya,” Manda, kampretnya, ga ngasih gue kesempatan buat ngejelasin, “kamu juga kenapa sebegitu perhatiannya soal siapa aja yang mesti jenguk Aurel?”

“Ah, itu… bukan gitu, tapi…” Nah loh, kenapa gue jadi gelagapan sendiri? Lagian kenapa gue jadi peduli banget sama Aurel coba? Apa ya, gue cuma ga mau dia ngerasain sendirian tanpa ada yang ngedukung dia pas lagi butuh-butuhnya dukungan. Gue paham dan kenal banget sendirian itu kayak gimana rasanya, begitupun Manda, gue yakin. Ketika gue dan Manda udah bisa lepas dari kesendirian dan mulai terbuka ke orang lain dalam kondisi apapun, gue harap Aurel juga bisa kayak gitu. “Adek kelas gue yang sekarang jadi Bu Manajer, gini, gini… lo yang paling tau gimana ga enaknya sok kuat terus menerus, ya kan? Kalo gitu, lo seenggaknya paham alesan gue ngotot itu kenapa kan?”

Manda diem dulu, ga langsung jawab. Dia, ga di duga-duga, sentuhin jari-jarinya ke pipi gue, sambil natap gue dalem banget. “Kamu… perhatian gini, bukan karena abis di cium pipinya sama Aurel, kan?”

JEDER! Gantian sekarang gue yang diem mendadak. Berarti, waktu malem itu… dia liat gue di cium Aurel, dong? Eh, tapi kan si kampret satu ini lagi tidur. Apa pura-pura tidur?

“Kalian berisik banget malem itu,” kata Manda lagi. “Aku jadi ga pules tidurnya. Eh, terus ga sengaja ngeliat Aurel cium pipi kamu. Aku juga selama ini ga mau konfirmasi ke kamu, karena kita kan lagi bareng-bareng terus. Aku, kamu, berdua jagain Aurel. Jarang ada waktu berdua begini.”

Gue masih diem, sementara elusan jari-jari Manda di pipi gue mulai berasa dingin dan nyeremin. Ahelah, muka ceria Manda sekarang malah keliatan nakutin banget. Fuuuh, keringet dingin mulai merembes di kening gue.

“Tapi ga apa-apa kok.” Manda nepuk bahu gue, satu kali. “Kan kamunya juga ga ngapa-ngapain, bukan salah kamu berarti. Cuma… aku agak, cemburu, banget, aja. Hehe~”

Gue, lagi-lagi, hela napas panjang. Semesta kayaknya ga bosen-bosennya nempatin gue di situasi sulit.

“Tuh kan, keinget lagi kan, jadi cemburu lagi akunya.” Manda malah ikut-ikutan gue, hela napas. Eh, eh, kok… malah ada senyum terbit di muka dia abis itu? Satu senyum licik, yang meski manis dan gemesin di liatnya, tapi juga bikin merinding di saat bersamaan. “Pokoknya, aku mau bales dendam sama Aurel,” celetuk Manda, sambil naik-naikin kedua alisnya dan natap gue.

Terlanjur cengo kayak orang bego, gue ngerespon seadanya. “Bales dendam… gimana?”

Eh? Kok… cengiran Manda malah makin lebar? “Aku punya rencana, dan ini bakal keren pasti,” gitu kata dia, sebelum cengiran di bibirnya berubah jadi seringai.

Glek, gue nelen ludah gue sendiri.



= UP! =



Dulu, gue pernah bilang kalo Manda itu paradoks; bisa terstruktur dan penuh kejutan di saat bersamaan. Dia bisa susun rencana sedemikian rupa, tapi bisa juga nyelipin spontanitas yang bikin orang ga bisa duga kemana arah rencana dia sebenernya. Kesan itu tetep bertahan sampe sekarang. Manda yang gue liat lagi cengar-cengir sekarang di samping Aurel sama persis kayak Manda yang dulu gue temuin di Alun-Alun Kota Bandung, atau Manda yang berdiri di samping gue pas di dermaga Pulau Tidung. Atau pas lagi nyanyiin gue lagu Only Hope-nya Mandy Moore, dan masih banyak contoh lain yang bisa abis berbaris-baris paragraf kalo disebutin semua.

Awalnya, Manda cuma minta gue ngehubungin Nyokap. Iya, Nyokap gue. Buat apa? Buat ngasih tau kalo Aurel dirawat. Selama ini gue emang belom ngasih tau Nyokap kalo Aurel dirawat tiap kali pulang buat ambil salin buat gue dan Manda, karena Aurel terus wanti-wanti (menjurus ngancem) supaya ga bilang siapa-siapa. Kali ini, gue mesti ngedobrak anceman Aurel, berbekal dorongan (serupa hasutan) Manda. Dapet kabar gue, Nyokap langsung maksa Bokap yang lagi libur kerja, buat meluncur jengukan salah satu anak ketemu gedenya.

Tau apa kata Manda? “Just as I planned, Bi. Pasti reaksinya gitu,” kata dia, sambil pasang gaya macem Kogoro Mouri kebetulan nebak pelaku pembunuhan.

Terus, sementara gue nelpon rumah, Manda juga sibuk nelpon. Devi, yang lagi asik pacaran, digangguin sama dia. Gue ga tau apa yang mereka omongin, tapi ada banyak anggukan, beberapa kata macem “oke”, “tolong ya”, “siap” dan “beres” dengan “eeeeee” yang panjang dan bermelodi. Pas telepon ditutup, ada cengiran yang lebih lebar dari sebelumnya. Gue selalu tau, ketika dia udah nyengir kayak gitu, itu berarti apa yang dia rencanain berjalan sesuai pikiran dia.

“Nih, aku minta tolong satu lagi ya.” Manda nyodorin layar hapenya persis ke depan muka gue. Ada sebaris nomer tertera di situ. “Kamu teleponin nomer ini. Bilang hal yang sama kayak yang kamu bilang ke Mama Risma. Gampang kan?”

Dan begitu aja, gue ngelakuin apa yang Manda intruksiin. Satu setengah jam kemudian, usaha telepon-teleponan Manda yang macem telemarketing nawarin bikin kartu kredit itu berbuah hasil. Secara hampir bersamaan, dengan jeda waktu yang sempit banget, orang-orang berbondong-bondong dateng ke ruangan ini. Pertama, tentu keluarga gue. Dimulai dari Nyokap yang histeris liat Aurel tergolek di ranjang (yang buru-buru gue suruh diem daripada di usir suster), disusul histerisan Eno yang ngeliat ada PS4 mangkrak di meja. Tara, yang meski malu-malu, bisa gue liat ada binar seneng di mata dia pas ngeliat ada hiburan yang bisa dimainin di sini. Bokap cuma “ho’oh” beberapa kali doang pas ngeliat Aurel, terus keluar buat ngobrol sama Bang Jo, entah bahas apa. Gue yakin bukan bahas penyakitnya Aurel.

“Nih, ini hadiah buat Tara, soalnya PS yang lama rusak,” kata gue ke adek bungsu pelit ekspresi gue ini.

Serius. Gue ga mau berekspektasi Tara bakal jingkrak-jingkrak kesenengan karena punya PS baru. Gue ga mau kecewa. Gue berbesar hati buat set ekspektasi gue di level seminimal mungkin.

“Hore,” gitu bales dia, nada suaranya datar dan lirih. Disusul sama “makasih” ditambah senyum minimal. Untung banget Ya Allah, hambamu ini ga ngarep berlebihan. Bisa mangkel kalo udah ngarep, terus kenyataannya jauh banget mah.

Sementara Aurel kelabakan dicecer sama Nyokap, gue sama Manda saling berpandangan. Kayaknya kita berdua sepikiran, kocak banget ngeliatin Aurel yang ga antisipasi sama kedatengan Nyokap. Sebenernya, dia mau marah. Udah melotot-melotot gitu ke gue, tapi gue sih santai aja. Pelototan dia ga ada apa-apanya dibanding nahan malu denger ledekan Nyokap.

“Neng, bisa sakit juga? Mama kira kamu bodinya dari diesel, terus makannya solar, jadi tenaganya kuat. Eh, bisa drop juga?” ledek Nyokap, disusul tawa cekikikan.

Aurel mati kutu. Dia diem, dan sesekali keluar “anu” disusul kalimat menggantung, bingung mau bereaksi apa. Rona merah, tercetak jelas di muka dia. Rona yang muncul dari pas awal di jengukin tadi.

Ini baru pembukaan, the main force is marching. Selow.

Ga lama berselang, muncul lah cowok unyu berambut gimbal yang celingukan pas baru masuk ruangan. Si cowok gendong balita gitu, gue taksir umurnya dua tahunan. Di belakang dia, berjalan anggun seorang cewek dengan make up tipis, rambut panjang yang dikuncir bun, dan juga gendong balita yang mirip sama yang di gendong si cowok. Mereka berdua, sambil nyengir lepas, ngasih salam ke Aurel, yang cuma bisa bengong di atas ranjangnya.

Ini baru rombongan kedua. Masih ada lagi yang nyusul, Rel. Double selow.

“K-k-kok? Eh, eh, kalian… ke-kenapa bisa….” Kata-kata Aurel cuma bisa menggantung, sementara jarinya nunjuk kaku ke dua tamu baru yang hadir di ruangan ini.

“Pantes, ga muncul di markas,” kata si cowok, “ternyata sakit, mana ga bilang-bilang. Yang macem begini enaknya di apain, Sarah?” tanya si cowok sambil nengok ke belakang.

“Doain aja supaya ga dapet-dapet jodoh. Biar tau rasa,” bales si cewek.

Semua ketawa ngakak dengernya, sementara Aurel ngumpet di balik selimut. Mukanya udah merah banget gue perhatiin dari tadi. Bentar lagi, mateng dia jadi Aurel rebus. Perhatian gue pun beralih dari Aurel ke sepasang tamu baru gue. Sora, beserta Sarah, istrinya, dan kedua anak kembar mereka, Julie dan Junior. Udah lama banget gue ga ketemu ini orang, ada kali setahunan. Kalo Sarah, gue cuma pernah ketemu sekali, pas acara wisudaan gue. Waktu itu, Sora dateng ngucapin selamet, bawa-bawa keluarga kecilnya buat ikut serta. Setelah liat sendiri, gue jadi paham tentang perbedaan umur yang dimaksud Aurel di cerita dia tentang Sora dan Sarah. Bukan dari muka, karena dua-duanya masih keliatan muda banget, apalagi Sora. Ini soal perilaku. Sarah terlalu dewasa buat Sora yang masih suka bertingkah unyu gemesin itu. Padahal anaknya udah dua, kembar cowok-cewek lagi.

“Untung kamu telepon, tadi,” kata Sora ke gue. “Saya jadi bisa tau kalo Si Nona Besar ini lagi sakit. Kalau saya ga jengukin, bisa di dera rasa bersalah karena ga setia kawan seumur hidup, nantinya.”

Yap. Yang gue telepon tadi, ternyata nomernya Sora. Manda, yang juga kenal Sora gara-gara wisudaan gue, inisiatif minta nomer Sora dari Devi, karena emang cuma si tepos yang nyimpen nomernya—selain Aurel, tentu. Untungnya, respon Sora cepet. Dari pas gue ngabarin dia, Sora langsung gerak cepet kesini.

Sementara gue ngobrol sama papah muda satu ini, gue ngelirik Sarah yang nyamperin Manda. Mereka bersalaman, erat. Gue jadi merhatiin mereka, lama. Dibanding Manda yang sikapnya masih angin-anginan, setengah dewasa setengah slengean, Sarah jauh lebih dewasa dari segala aspek. Baik bodi maupun sikap. Gue ga tau ya apa Manda bakal jadi sekel pas abis ngelahirin, tapi kok kayaknya semua mamah muda begitu ya? Jadi agak melar, dikit tapi. Kalo banyak mah indomi rebus. Dimakan satu kurang, dua kebanyakan.

“Jadi, kapan mau nyusul punya momongan?” tanya Sarah ke Manda. Anjir, gue langsung keselek.

“Momongan apa? Aku dilamar aja belum, kok.” Jawaban Manda, bikin keselek gue makin parah. Uhuk lah ini mah. Huasuuu.

Sejenak, semua mata tertuju ke satu titik yang sama. Gue. Pandangan mereka nyorot tajem, bikin gue jadi kikuk aja, ahelah. “Apa?” bales gue, ketus. “Dikira biaya resepsi segampang kasbon apa? Butuh proses, tau!”

“FYI aja, Bi, Sora sama Sarah resepsinya ga mewah kok. Nikahnya juga simpel lagi.”

Anjir, gue dapet serangan gerilya dari Aurel. “Eh Kampret, udah sakit mah sakit aja ga usah ikutan nimbrung! Tadi siapa yang bilang ga mau dijengukin, haaaa?”

Terus, Eno yang lagi main PS, nyamber. “Oh, Teh Aurel kenapa ga mau dijengukin?”

Tentu, umpan enak dari Eno langsung disamber sama Manda. “Takut keliatan muka ga pake make up sama alisnya, No. Dia kan beraninya cuma kalo alisan doang~”

“E-eh, eng...engga, serius! Ini apaan sih?!” Tuh, si Toge gelagapan sendiri kan.

Terus, Manda narik tangan gue buat keluar ruangan. Alesan dia, ruangannya terlalu penuh, takut jadi ganggu kenyamanan pasien. Padahal mah, alesan sebenernya, dia pengen beli cake di luar buat diserahin ke Aurel, sambil nunggu temen-temen WishMaker-nya Aurel sama Sora dateng. Kita berdua pun meluncur turun, beli cake di PIM, dan pas balik lagi, ternyata udah ada Pak Hartawan dan temen-temen WishMaker-nya Aurel udah nunggu di depan pintu kamar pasien. Sip, Sora tokcer juga ngabarin temen-temennya. Pak Hartawan lagi asik ngobrol sama Bokap gue, dan gue yakin banget ini bukan soal puterinya yang sakitnya ga seberapa itu. Paling ngobrolin bola, Liga Inggris. Setau gue, bokapnya Aurel fans setia ayam ternak London, sementara bokap gue loyalisnya kecap bango. Sesama supporter tim papan tengah, nyambung udeh. Senasib kok.

“Lho, kenapa bawa cake segala?” tanya Pak Hartawan, pas ngeliat tentengan plastik di tangan kanan gue.

Gue pun langsung nunjuk Manda. Entah mau jujur, atau ngelempar kesalahan, misal ini beneran jadi kesalahan.Yang ditunjuk, malah senyum-senyum, terus ngejelasin rencananya dia. Pak Hartawan sama Bokap pun ngangguk-ngangguk, sementara salah satu anggota WishMaker yang gue kenal, Bang Boim, ngajak gue buat masang lilin di kue nya. Nah, setelah semua persiapan kelar, kita semua langsung menyeruak masuk ke dalem ruangan.

“Heh, ini apa-apaan, sih?!” Aurel yang panik liat gue bawa-bawa kue yang lilinnya menyala, langsung ngomel. “Ini rumah sakit, kalian yang serius sedikit, kenapa sih!”

“Jangan ngomel sama gueeeee! Ini gue cuma kebagian tugas bawa kue doaaaang!”

“Iya, tapi apa-apaan pake kue segalaaa?! Terus kenapa rame-rame banget beginiii?!” Aurel, mungkin udah frustasi ngeliat belasan orang di satu ruangan, langsung raupin kedua tangan ke muka. “Gue padahal belom ulang tahun, ahelah….”

“Anggap ini buat perayaan ulang tahun kamu yang kecepetan dua minggu, Rel.” Manda yang ada di samping gue, langsung ngerebut kue yang gue pegang, terus nyodorin ke Aurel. “Sekaligus perayaan kamu di rawat untuk pertama kalinya.”

“Perayaan di rawat ap…” Aurel keabisan kata-kata. Mulutnya cuma bisa mangap-mangap tanpa suara. Ga lama sih. Abis itu, dia ngomel. Jauh lebih ganas daripada waktu dia sehat. Kalo dulu dia ibarat macan kalo lagi ngomel, sekarang lebih mirip kayak naga kelaperan abis ikut puasa Ramadhan.

“JANGAN KONYOL! Ini apa-apaan gue sakit pake dirayain segala, hah?!” Aurel ganti fokus, nunjuk-nunjuk gue yang berusah dokumentasiin momen konyol ini. “Eh, Kampret! Gausah rekam-rekam segala! Hapus ga?! Awas aja kalo ga di hapus, kelar idup lo sama gue! HEEEEH, BI! DENGER GA GUE NGOMONG APAAAA?!”

“Rel, tenang dulu. Ini semua rencana Manda,” Sarah maju jadi martir buat ngeredam emosi Aurel. Serius, gue bangga sama nyali mamah muda satu ini. “Kata dia, distraksi. Kamu selalu ga ingin dilihat di kondisi terlemah kamu, ya kan, Rel? Jadi, Manda berpikir, cara apa yang bikin kamu ga keliatan lemah pas lagi sakit. Untungnya, dia ketemu caranya.”

“Dengan bikin kamu kesel. Kamu selalu kelihatan kuat kalau lagi kesel, tau,” timpal Sora.

“Hah? Eh?” Aurel ganti natap Manda, yang masih pasang mimik polos sementara gue udah keringet dingin ngeliat Aurel ngamuk dari tadi. Yang lain mah enak, pada ketawa, gue yang bakal kena abis ini. Kampret, kampreeet. “Coba, lo jelasin ke gue. Kan udah gue bilang, kalo—”

“Seneng kan, di jengukin sama banyak orang?” potong Manda. Pertanyaan dia lugas dan terarah sempurna, nohok Aurel sampe bikin si Toge diem.

“Aku cuma mau kamu sadar, mereka yang ada di sini, itu adalah orang-orang terbaik kamu yang ga cuma deketin kamu pas sehat dan seneng aja, tapi juga saat susahnya. Ga ada dari kami yang bener-bener tertawa ketika kamu menderita. Justru karena kami semua peduli, makanya kami ada disini. Jadi….” Manda naro telapak tangannya di kepala Aurel, usap-usap rambutnya, pelan. “Biarin kami ngelihat sisi lemah kamu juga, biar kami tau kalo kamu juga manusia biasa, yang juga butuh bantuan atau sekedar dukungan. Rel, sejujurnya, kami ga pengen cuma bisa ditolong terus-terusan sama kamu. At least, ada yang bisa kami lakuin buat kamu.”

Aurel pun natap Manda, dan matanya berkaca-kaca. Sumpah, ini cewek malah jadi kayak kucing lagi ngemis tulang ayam sama orang. Melas banget. Terus, dalam satu kali gerak, Aurel menghambur meluk Manda. Erat. Untungnya, Bang Boim yang ada di sisi kanan ranjang gerak cepet dengan buru-buru angkat kantong infus Aurel, biar selangnya ga ketarik. Kalo sampe putus, entar tangannya berdarah, gue yang semaput gegara ga kuat ngeliatnya.

Untuk pertama kalinya, semua yang ada di ruangan ini ngeliat Aurel nangis bukan karena terharu abis ngebahagiain orang lain—tapi karena tulus dari hati, bener-bener dari hati. Gue ngerti, jauh di dalem hatinya, Aurel juga berharap untuk di support, diperhatiin, diperlakuin setara. Menolong dan ditolong. Cuma soal pencitraan sok kuat yang bikin dia gengsi minta perhatian. Dia cuma belom bisa jujur sama diri sendiri, bukan berarti dia ini manusia paling mandiri dan kuat di muka bumi. Sama kayak Aurel atau manusia-manusia tangguh lainnya di dunia ini, ada kalanya, kita pengen sejenak ngelepas segala beban, buka topeng, duduk berselonjor sambil berharap seseorang akan dateng bantu kita bangkit, berdiri lagi. Terus bareng-bareng manggul beban satu sama lain, biar sama berat, tapi terasa lebih semangat kalo dipanggul rame-rame.

Tapi… bales dendam versinya Manda ya gini. Apa yang dia lakuin susah untuk dimengerti banyak orang, tapi dia ga keberatan dengan itu. Dia bakal terus yakin sama apa yang dilakuinnya, dan berusaha sampe akhir. Apalagi demi orang lain. Meski itu harus berkorban, entah tenaga, materi, atau perasaan sekalipun. Bukannya gue ga tau, kalo ada rasa iri yang terbit di hatinya. Kebaca jelas dari senyum getir yang terkulum sembunyi-sembunyi, yang gue cukup jeli buat ngeliatnya. Aurel itu beruntung, banyak yang peduli sama dia meski orangnya sendiri ngotot bisa ngelakuin apapun secara mandiri. Aurel hampir punya segalanya. Orang-orang yang sayang dia, temen-temen terbaik yang bisa dipercaya, orangtua, dan mantan yang masih berhubungan baik sama dia. Makanya, gue bisa ngerti alesan Manda ngelakuin ini. Si Toge harus dibuat lebih melek, supaya bersyukur. Biar ga harus baru ngerasain arti berharganya hal-hal penting buat dia, tepat di saat dia kehilangan hal-hal tersebut.

Aurel ga harus berakhir jadi kayak aku, Bi, yang pernah punya segalanya, lalu kehilangan dan penyesalan serta lukanya ga akan sembuh sampai kapanpun. Gue… inget banget kata-kata Manda tadi, waktu selesai neleponin Sora.

“Mulai sekarang, ga usah gegayaan sok pencitraan kuat lagi ya, Ge. Dan jangan lupa, bersyukur. Lo punya banyak hal yang harusnya disyukuri, bukan malah dihindari,” kata gue ke Aurel. Ada getir menyisip di dalem hati.

Getir untuk Manda. Karena entah gimana, gue kayak lagi ngerasain kesedihan yang berusaha ditutupi cerianya dia. Ini bikin gue janji sama diri sendiri, kalo gue bakal jadi orang terakhir yang dia punya, bahkan ketika seluruh dunia pergi ninggalin dia. Gue bakal bertahan, apapun kondisinya.

Gue peduli sama Manda karena gue sayang dia, dan karena ini kodratnya manusia untuk saling peduli.




Ga urus mau agamanya apa.
 
Benernya mau double update, cuma ga sanggup. Nyerah euy, bagian anu nya nanti aja ya. Sekarang uwe mau tidur dulu, ngantucks. Oh iya, udah ada index di halaman pertama tuh. Sama ganti cover. Mending cover yang sekarang apa yang kemaren? Eniwei, selamat membaca, mantemans~

Om Telolet Om
 
Keren om. Tp saya gak peduli kalimat terakhirnya apa. Bukan itu yg keren, tp ceritanya
 
Status
Please reply by conversation.
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd