Agen Terpercaya
 
 
 
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Bumi itu datar (flat earth)

Reinzokuken

Semprot Baru
Daftar
3 Mar 2011
Post
44
Like diterima
98
Bimabet
Yang bilang bumi itu datar kebanyakan nonton film thor kali ya...dikira bumi itu sama kayak asgard ckckckck...dari sd sampe sma di ajarain sama guru klo bumi itu bulet..eh baru liat yutup ama forum flat earth beberapa hari aja lngsng percaya weleh weleh...kbanyakan makan micin kali ya...
 

guitarmm

Semprot Kecil
UG-FR
Daftar
26 Oct 2012
Post
82
Like diterima
0
Lokasi
diantara gunung kembar
Saya suka yg bulat.. saya tdk suka flat.. contohnya saya tdk suka dada wanita yg flat.. bcanda... dibawa santai aja.. sbg utk memperkaya pengetahuan.. cb cek video mendaratnya roket spacex punya babang elon..
 

Dyah666

Semprot Lover
Daftar
30 Sep 2018
Post
252
Like diterima
226
Bumi datar...... X di lihat dengan mata awam ya bumi itu datar tapi di logika bumi datar tidak bisa di terima oleh nalar. Sebab di atas bumi ada kubah yg terdiri dari stratosfer, ionosfer dan masih banyak lagi. So itu adalah satu kesatuan yg membentuk bumi itu bulat. Jgn mau di tipu oleh iluminati sebab mereka menciptakan teori yg bermaksud menciptakan kekacauan. Berfikir cerdas adalah kuncinya
 

looklooks

Suka Semprot
Daftar
17 May 2016
Post
2
Like diterima
0
Kl memng menurut ente bumi itu datar, trus ane blm tau nih apa sih untungnya para ilmuwan yg dulunya mengungkap fakta bahwa bumi ini sebenarnya bulat. Anggap sajalah semua penjelajahan luar angkasa, semua foto2 yg ada itu cm hoax. Apa tujuannya? Kalo penelitian tentang luar angkasa ini memng hak eksklusif satu negara, misalnya Amerika, bisa saja org menuduh mereka melakukan penipuan/pembodohan massal. Tapi kan nyatanya sudh bnyk negara yg melakukan eksplorasi luar angkasa.
Dan mnrt ane sih ada baiknya paling tidak TS menjelaskn teori yg ente dengar/baca di sini, tidak semata2 memberikan link. Ntar ada yg mengira ente cuma ingin promosi channel/situs tertentu.
Maaf kalo ada salh kata. :beer:
Sepengetahuan belajar dikit ttg flatearth saya, bahwa kebohongan bumi bola dan kebohongan angkasa bisa ditembus (nasa) itu hanya sebagian kecil dr kebohongan elit global keluarga yahudi bernama rostchild (*silahkan cari tau sejarah keluarga itu). Trus juga amerika dan mata uangnya cuma alat si elit global ini untuk menguasai dunia. Ujung2nya bahwa mereka ingin membangun satu pemerintahan dunia (new world order) melalui hutang negara di dunia yg menurut mereka tidak mungkin menyusut tp pasti membengkak. Cara mereka menguasai dunia ini menggunakan banyak cara yaitu menggunakan penguasaan bidang keuangan, pengetahuan, media, seni, dll. Nah salah satu nya dari bidang pengetahuan mereka berhasil membohongi dunia yaitu di bidang pengetahuan mengenai bumi bulat dan gravitasi yg ditanamkan di seluruh penjuru dunia seperti mulai kita sekolah SD. Saran saya, silahkan cari jg informasi bahwa yahudi itu nantinya adalah pasukan dajjal yg banyak dibahas kitab2 agama.
 

gemblak19

Semprot Lover
Daftar
11 Jan 2014
Post
256
Like diterima
340
Lokasi
Surabaya
ya suruh aja traveling keliling dunia. ngikutin jejak Colombus kayak jaman dulu.
 

imaa

Semprot Kecil
Daftar
30 Dec 2017
Post
58
Like diterima
4
Lokasi
Wonogiri
pernah lihat pembuktian rotasi bintang di kutup utara dan slatan pake video timelapse..artinya bumi mempunyai sumbu dan berputar .. trus terbit dan terbenam nya matahari yg dijelaskan FE susah dibuktikan ..apalagi matahari cm berpa ribu km diatas bumi ..
 

aventador

Kakak Semprot
Daftar
9 Jun 2012
Post
163
Like diterima
60
Lokasi
garage
Ini udah 2019, dan kalian masih membahas tentang datar atau tidaknya bumi ini?
oh shit, lick my asshole.
 

Et397

Kakak Semprot
Daftar
17 Jun 2017
Post
174
Like diterima
26
Ini udah 2019, dan kalian masih membahas tentang datar atau tidaknya bumi ini?
oh shit, lick my asshole.
namanya juga berbagi pendapat...
And... "Lick your asshole..." Itu nama makan baru yah??? Wkwkwkw... Mantap sekali... Ane saranin ente yang coba pertama...
 

Muzaz

Semprot Baru
Daftar
19 Apr 2019
Post
26
Like diterima
2
Saya bener2 gagal paham nih, ada apa dengan Bumi yg bulat dan kenapa dia tiba2 jadi datar? Banyak loh foto2 resmi dari luar angkasa yg menunjukkan kalo Bumi itu emang bulat, tapi buat Youtubers bukti2 ini ngga cukup kuat.
 

ahahai

Semprot Baru
Daftar
7 Sep 2011
Post
30
Like diterima
1
Newbie mau comment tambahkan nih, penganut bumi datar sebenernya adalah mempertanyakan terkait agenda terselubung elit global. Mulai dari sisi sistem uang dunia. Dimana dulu sebelum uang kertas, mata uang utama adalah emas. Bahkan pemerintah america sempet mengeluarkan uang kertas yang didalamnya ada lapisan emas (koreksi jika salah). Mata uang ini diterbitkan oleh pemerintah, bukan the fed yang dimana mereka adalah pihak swasta.
Diluar itu mereka mempertanyakan terkait antartic treaty (bener gak tulisannya) dimana disana ada banyak temuan yang disembunyikan, salah satunya air bersih dan batubara. Sumber dari wawancara admiral Bird.
Terkait bentuk Bumi, salah satu rujukan para flat earth adalah ucapan dari Augusto Picard dimana dia melakukan uji pandangan atas dengan balon udara, dimana dia meliat dan berkata bentuk bumi itu flat disk (koreksi jika salah). Disisi lain, para flat earth juga melakukan uji lengkung bumi dimana seharusnya lengkungan bumi di dapatkan per berapa meter. tetapi saat dilakukan eksperiment, salah satunya di sungai inggris yang memiliki visibilitas yang cukup, tidak ditemukannya lengkungan bumi.

Begitu kiranya, terkait apakah bumi ini datar atau bulat. Masih dalam perdebatan. Dan sesungguhnya ilmu seluruh makhluk hidup ciptaannya hanya 1 tetes air dari seluruh air yang ada dibumi.
 

siopett

Semprot Holic
UG-FR
Daftar
2 Sep 2018
Post
337
Like diterima
26
Lokasi
anywhere
Oke, saya akan coba menjawab. :)
Sebenarnya sih untuk jawaban pertanyaan yang satu ini sempat saya singgung di page sebelumnya (page 3 kalau nggak salah), mengenai flat earthers yang meyakini bahwa lambang PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) berasal dari peta bumi datar. Tapi, saya akan coba uraikan lagi supaya kiranya menjadi lebih jelas.

Pertama-tama, saya ingin menjelaskan kepada agan, bahwa yang namanya benda bangun ruang yang berbentuk BULAT (BOLA), akan selalu terlihat LINGKARAN dari seluruh sudut pandang. Ini poin yang pertama sebelum masuk ke penjelasan berikutnya.

Jika poin itu sudah agan pahami, mari kita mulai pemaparannya. :)

Sebenarnya, apa yang agan jabarkan ini adalah tentang "proyeksi peta" di pelajaran geografi SMA. Secara teknis, dalam kartografi, proyeksi peta itu terbagi lagi ke dalam sub-sub yang lebih mendetail. Tapi, secara garis besar, proyeksi peta ada 3 macam:
1. Proyeksi Azimuthal
2. Proyeksi Silinder
3. Proyeksi Kerucut.

Nah, karena gambar yang agan tampilkan itu adalah peta dunia dalam bentuk proyeksi silinder dan Azimuthal, saya akan menjelaskan keduanya saja ya. :)

1. Proyeksi Azimuthal
Pada dasarnya, proyeksi azimuthal juga terbagi ke dalam 3 macam, yaitu Azimuthal Orthografik, Stereografik, dan Gnomonik. Dalam hal ini, PBB menggunakan proyeksi stereografik pada "lambang bumi"-nya (gambarnya bisa dilihat di komen saya di page 3). Dibandingkan proyeksi azimuthal orthografik dan gnomonik, proyeksi azimuthal stereografik punya keunggulan dari segi "tampilan"-nya, karena menggunakan kutub yang berlawanan dari bidang proyeksinya sebagai titik proyeksi. Sehingga, penampang bumi "seolah" terlihat seluruhnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:



Lalu, jika titik proyeksi yang digunakan adalah di "kutub selatan" bumi, maka proyeksi azimuthal stereografik akan menghasilkan tampilan yang kira-kira seperti ini (sangat persis dengan lambang PBB):

Namun yang harus digarisbawahi adalah bahwa lambang PBB menggunakan prinsip proyeksi azimuthal equidistant, yang artinya menerapkan penyesuaian jarak (equidistant) agar peta tidak terlalu terdistorsi. Hal itu dilakukan karena efek distorsi dari proyeksi tersebut cenderung membuat peta tersebut menjadi seperti "melebar" seperti gambar di atas. Bisa dilihat gambar lambang PBB di page 3, bahwa dengan perlakuan "equidistant" tersebut, bentuk benuanya terlihat lebih baik meskipun tampak lebih sempit (ciut).

Sementara itu, jika bumi diproyeksikan dengan proyeksi azimuthal orthografik, akan menghasilkan tampilan yang kira-kira seperti ini:

Inilah bentuk proyeksi bumi yang normal karena proyeksinya hanya berasal dari garis lurus yang ditarik selaras dari garis ekuator ke bidang proyeksi (kutub utara). Tapi, meskipun porsinya sesuai dengan bentuk bumi aslinya, wilayah di bawah garis ekuator akibatnya jadi tidak tercakup (tidak kelihatan).

Dan jika bumi diproyeksikan dengan proyeksi azimuthal gnomonik, akan menghasilkan tampilan yang kira-kira seperti ini:


Nah, pertanyaannya: kenapa titik pusat dari tampilan bumi tersebut harus "selalu" terlihat dari atas (kutub utara)???
Coba perhatikan sejenak gambar globe berikut ini:

Pada gambar globe tersebut, agan tentunya bisa melihat ada garis hitam yang mengelilingi tengah-tengah bumi, kan? Ya, itu adalah garis khatulistiwa (ekuator). Namun, bukan garis itu yang saya ingin tekankan, melainkan apa yang ada di atas dan di bawahnya.

Jika agan sudah melihatnya, pertanyaan saya: kira-kira, di bagian mana jumlah "daratan" bumi yang paling banyak? Di bagian atas ekuator, atau di bagian bawah ekuator?

Tentunya, daratan bumi lebih banyak terdapat di bagian atas ekuator ketimbang di bagian bawah ekuator yang justru lebih banyak diisi oleh perairan (laut). Oleh karena itulah, bumi akan terlihat "lebih terekspos" jika bidang proyeksinya berpusat pada kutub utara, bukan kutub selatan.

Lalu, kenapa PBB justru lebih tertarik menggunakan proyeksi azimuthal stereografik ketimbang orthografik atau gnomonik?

Sebabnya adalah karena proyeksi azimuthal stereografik bisa "lebih baik" dalam menunjukkan keseluruhan tampilan bumi daripada orthografik dan gnomonik, karena titik proyeksinya terletak di kutub selatan, sehingga meskipun bumi itu bulat, wilayah di bawah garis ekuator juga bisa kelihatan. Perhatikan saja gambar hasil proyeksinya di atas, maka agan akan sadar letak kelebihannya.

2. Proyeksi silinder
Proyeksi yang satu ini justru lebih populer daripada proyeksi yang lainnya karena kelebihannya dalam memberikan informasi sekaligus ergonomis. Kenapa? Karena proyeksi ini bisa dibukukan. Yang ditekankan dalam proyeksi ini bukan hanya mengenai topografi, tetapi juga informasi-informasi yang lain seperti garis-garis lintang dan bujur, nama daerah, skala, dan agenda yang lainnya. Proyeksi ini adalah bentuk bumi bulat yang dibentangkan ke dalam bidang datar. Perhatikan gambar berikut:

Proyeksi silinder ini, bisa dikatakan proyeksi yang membuat bentuk bumi yang bulat (bidang 3D) menjadi terbentang pada sebuah persegi panjang (bidang 2D). Tentunya ini akan sangat berguna karena tidak mungkin setiap siswa sekolahan repot-repot membawa-bawa globe jika ingin belajar di sekolahnya, kan? Dan karena alasan ini pulalah maka perusahaan besar seperti google tidak hanya meluncurkan google earth, tetapi juga google map, didasari karena fungsinya tersebut.

Nah, kita kembali ke topik pembahasan. :)
Kira-kira, kenapa saya menjelaskan semua itu?
Sebabnya adalah, kita tidak boleh menyamakan seluruh proyeksi peta. Saya ulangi, kita tidak boleh menyamakan seluruh proyeksi peta. Proyeksi azimuthal stereografik jelas berbeda dengan proyeksi silinder. Namun, apa yang dilakukan FE mania? Mereka MENYAMAKANNYA.

Saya sudah katakan di awal bahwa benda apa pun yang berbentuk bulat (bola), akan terlihat menjadi lingkaran dari segala sisinya. Begitu pula dengan globe, akan terlihat menjadi lingkaran (sebagaimana gambar agan yang ada di atas). Jika agan tidak percaya, silakan lihat gambar di bawah ini:



Gambar yang saya tampilkan itu adalah gambar globe (bumi bulat) yang kebetulan sudah saya tandai di mana letak kota Doha, Moskow, dan Chicago, beserta rute penerbangan yang agan katakan. Bagaimana? Tidak ada bedanya dengan peta "lingkaran" yang agan tunjukkan, bukan? :)

Sekali lagi saya tekankan, jangan samakan seluruh proyeksi-proyeksi peta. Jika agan menunjukkan rute penerbangan versi proyeksi azimuthal, sudah jelas rute penerbangan itu akan sangat "tak masuk akal" apabila agan menampilkannya ke dalam versi proyeksi silinder. Semua proyeksi punya perspektif dan fungsi masing-masing.

Dari gambar itu terbukti bahwa para pilot tidaklah sebodoh itu. Setiap instrumen pesawat terbang sudah terkalibrasi dengan baik. Mereka tahu jarak yang hendak mereka tuju dan mereka jelas-jelas tahu bahwa bumi ini bulat. Pilot tidak seperti ojek online yang hanya mengandalkan google map (aplikasi konvensional). Bayangkan saja jika para ojek online menggunakan google earth, betapa susahnya mereka menemukan rute yang baik. Begitu juga dengan para pilot, mereka tidak menggunakan aplikasi map konvensional seperti itu karena mereka bukan sedang mencari rute jalanan buat antar-jemput penumpang ke pasar, sekolahan, dsb.

Semoga dengan ini agan bisa tercerahkan. :)

Dan mudah-mudahan para FE mania juga bisa memahami letak kekonyolan mereka. :D

** :mantap: ***

NB: Jika gambarnya nggak kelihatan, kasih tahu saya ya. Soalnya, entah kenapa, sempat ada BB code dari salah satu gambar yang tiba-tiba mati. :)
penjelasan yang disertai analisa kaya gini yg bikin adem.. berapa SKS ini ya..
 

duckochan

Semprot Lover
Daftar
8 Aug 2011
Post
207
Like diterima
26
Lokasi
jakarcrot
kalo bumi ada ujungnya pasti kita ga perlu peawat ruang angkasa buat naek ke orbit....jalan kaki aja smp ujung bumi dh smp kita di ruang angkasa....flat earth itu paham orang purba gan...ente org purba bkn
 

kebomupeng

Adik Semprot
Daftar
9 Sep 2015
Post
102
Like diterima
51
kalo bumi datar gw ga mungkin bisa kerja dan dapat duit dari project sebagai provider satelit:pusing::pusing::pusing::pusing::pusing:
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Top
Semprot is now part of LS Media Ltd