Agen Terpercaya
Mandala Toto   Jackpot 86
Balaksix   Messipoker
Agen 18   Dunia Jackpot
IBO Play   CMD Play
JP Dewa
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Bunga Melati

LONESNIPER

Interisti sejati
Thread Starter
UG-FR+
Ex Mod
Daftar
16 Nov 2013
Post
3.032
Like diterima
64

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1], Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

Jenis-jenis melati
Bunga Jasminum polyanthum.

Di antara 200 jenis melati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani, baru sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat delapan jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Sebagian besar jenis melati tumbuh liar di hutan-hutan karena belum terungkap potensi ekonomi dan sosialnya. Tanaman melati termasuk suku melati-melatian atau Oleaceae.

Jenis-jenis melati di antaranya adalah:

Jasminum elongatum (Berg.) Willd. (melati hutan: gambir, poncosudo; syn. J. multiflorum Bakh. non (Burm.f.) Andr.).
Jasminum mensyi (Jasminum primulinum, melati primrose).
Jasminum multiflorum (Burm.f.) Andr. (Star Jasmine, syn. J. pubescens Willd.).
Jasminum officinale (melati casablanca, Spanish Jasmine) sinonim dengan J. floribundum = Jasmine grandiflorum). Perdu setinggi 1,5 meter.
Jasminum parkeri Dunn. (melati pot).
Jasminum revolutum Sims. (melati italia)
Jasminum rex (melati raja, King Jasmine).
Jasminum sambac (L.) Aiton (melati putih, puspa bangsa)
Jasminum simplicifolium (melati australia, J. volibile, melati bintang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.

Manfaat

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia.

Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu dalam rupa bunga yang diremukkan atau tapal daun-daunan yang ditempelkan di atas buah dada[4].

Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asthma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka
 

LONESNIPER

Interisti sejati
Thread Starter
UG-FR+
Ex Mod
Daftar
16 Nov 2013
Post
3.032
Like diterima
64
Makasi om sudah buat thread tentang Jasmine :taimacan:

Aku punya melati ini, batangnya ditancepin gitu aja bisa numbuh.
Wihh bisa buat ngobatin sariawan daunnya, asli baru tau ini mah.
Keren om keren. :mantap:

jasmine itu nama lain dari melati yah :bata: baru tau saya :mati:

makasi juga sis uda coment dan nimbrung disini :ampun:

kalo mau req makanan atau req di bahas di sf fauna atau flora pm aja ya :D
 

AsYourWish

Calon Suhu Semprot
Daftar
17 Dec 2014
Post
2.605
Like diterima
3.507
Lokasi
In Your Heart ♡
Makasi om sudah buat thread tentang Jasmine :taimacan:

Aku punya melati ini, batangnya ditancepin gitu aja bisa numbuh.
Wihh bisa buat ngobatin sariawan daunnya, asli baru tau ini mah.
Keren om keren. :mantap:

apaaa nih ! :kk:

jasminminmin admin

nais trit suhu depan rumah ane ada melati jg
 

dolanfi

Suka Semprot
Banned
Daftar
19 Apr 2022
Post
15
Like diterima
9
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 

sherinn

Semprot Baru
Daftar
28 Jun 2021
Post
26
Like diterima
144
Whuaaaaaao 200 jenis, banyak banget ternyata. Dan, dari yang sebanyak itu hanya segelintir yang familiar, atau pernah lihat langsung tanamannya, minimal sekali hihhihii. Yang paling akrab sih, dan mungkin paling terkenal di negeri ini, ya pastilah melati putih, hampir di mana2 ada. Di halaman rumah, sebagai tanaman pagar, tanaman hias di taman atau pinggir jalan, gedung perkantoran, di tempat jual tanaman, atau di mana saja. Puspa bangsa sii yaa. Varian lagu tentangnya pun sangat buanyak di negeri ini sejak dulu kala hehehe.

Setelah itu, mungkin, yang masih agak mudah dapat dijumpai di daerah tertentu, terutama di Jawa, adalah melati tumpuk. Gak sebanyak melati putih sih, tapi kadang ada saja menjumpai jenis melati yang ini entah di halaman rumah warga atau di pinggir jalan, di kota maupun desa. Di luar sana, entah benar jenis ini yang dimaksud entah gak, mungkin suhu di sini bisa mengoreksi, ada yang menamai jenis ini sebagai menur..:bingung:
Makasih suhu atas postingan tentang keanekaragaman melati ini. Banyak manfaatnya jugak ternyata, dan yang masih jadi pertanyaan, yang dipake sebagai campuran pengharum teh itu sbenarnya jenis melati yang mana yaa.
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Top
Semprot is now part of LS Media Ltd