Agen Terpercaya   Advertise
 
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Mungkinkah MoU Mobnas dan Proton yang disaksikan Presiden RI

L.E.N.T.E.R.A

Guru Besar Semprot
UG-FR+
Daftar
16 Mar 2012
Post
2.256
Like diterima
14
Lokasi
Alam Bawah Sadar
Bimabet

Artikel ini hasil copas dari detik dot com yang di posting oleh :
"saudara julianirani"
hasil rangkuman berita dari berbagai media massa yang tidak bisa saya sertakan link sumbernya sesuai ketentuan forum
___________________
:rose::ampun::rose:

Mobnas Hanya Kamuflase Hendropriyono Jalankan Bisnis Terorisme
February 10, 2015

intelijen - Mantan kepala Badan Intelijen (BIN) AM Hendropriyono yang mencoba bisnis otomotif mobil nasional bekerjasama dengan Proton Malaysia hanya kamulfase saja. Sebenarnya Hendropriyono menjalankan bisnis terorisme.

Demikian dikatakan pengamat intelijen, Umar Abduh kepada intelijen, Selasa (10/2).

Menurut Umar, bisnis dengan Malaysia karena di negeri Jiran itu banyak kelompok terorisme yang bisa dimanfaatkan dan diprovokasi.

“Kalau ada terorisme, tentunya ada anggaran untuk memberantas. Hendropriyono jago soal begini. Hendropriyono mempunyai kemampuan provokasi kelompok teroris,” papar Umar Abduh.

Umar mengatakan, perusahaan Hendropriyono yang tidak jelas bisa kerja sama dengan Proton dan disaksikan Presiden Jokowi dan PM Malaysia Najib Razak perlu dicurigai.

“Dia khan sosok intelijen, perusahaan tidak jelas, tetapi bisa bisnis dengan Proton. Aneh khan, ada apa sebenarnya. Untuk sebuah kerjasama, tentunya Proton meminta perusahaan yang jelas. Masyarakat perlu mewaspadai gerakan Hendro ini,” pungkas Umar.

==================

Mobnas Proton, Bukti Jokowi Tersandera Kepentingan Kelompok
February 10, 2015

intelijen - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersandera kelompok kepentingan sehingga kebijakannya banyak yang tidak berpihak pada rakyat.

“Kelompok kepentingan ini menyandera Jokowi agar bisnis yang dijalankan lebih diutamakan. Kelompok kepentingan sudah masuk istana dan ini sangat berbahaya,” kata Direktur Eksekutif Indonesia for Democracy and Justice (IDC), R Mubarrod kepada intelijen, Selasa (10/2).

Menurut Mubarrod, kelompok kepentingan ini banyak membantu Jokowi sewaktu Pilpres. “Setelah Jokowi memenangkan Pilpres, kelompok kepentingan ini menagih janji Jokowi untuk diakomodir dengan kebijakan yang menguntungan mereka,” papar Mubarrod.

Mubarrod menilai, salah satu kelompok kepentingan yang menyandera Jokowi itu terkait mobnas yang digawangi AM Hendropriyono.

“Mobnas milik Hendropriyono itu justru akan merugikan negara. Walaupun dikatakan bisnis to bisnis tetapi dari awalnya sudah mendapat fasilitas negara,” papar Mubarrod.

Sebagaimana diberitakan berbagai media, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak menyaksikan penandatangan MoU antara Proton Holdings Berhad (Proton) dan PT Adiperkasa Citra Lestari dari Indonesia di kantor pusat Proton hari ini, Jumat (6/2).

Utusan Malaysia melaporkan, MoU berkenaan kerjasama melibatkan dua peruasahaan untuk pengembangan mobnas Indonesia.

===================


Menyimak Kiprah Bisnis Hendropriyono
Senin, 9 Februari 2015 | 12:12 WIB

KOMPAS.com — Kiprah Abdullah Mahmud (AM) Hendropriyono di ranah bisnis makin agresif. Berita terbaru yang membuat heboh jagat negeri ini adalah soal kolaborasi bisnisnya dengan Proton Holdings Berhad (Bhd) asal Malaysia.

Tanpa diduga, mantan petinggi Badan Intelijen Negara ini langsung merambah bisnis otomotif yang selama ini dikuasai oleh pebisnis Jepang. "Saya ingin membuat mobil made in Indonesia," kata Hendropriyono seperti dikutip Kontan, akhir pekan lalu.

Tudingan miring langsung mengarah ke jenderal bintang empat ini. Kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap menjadi jalan lapang Hendropriyono untuk bisa berkibar di ranah bisnis.

Sayang, purnawirawan jenderal bintang empat ini belum mau memberikan penjelasan panjang terkait ekspansi bisnisnya selama ini. "Nanti kita ketemu lebih lanjut," ucapnya.

Namun bila melihat ke belakang, karier Hendropriyono di ranah bisnis terbilang berjalan setelah pensiun dari dunia intelijen. Menurut situs Hendropriyono Corporation Indonesia, karier pria ini bermula dari kantor hukum yang bernama He ndropriyono dan Law Office di 2001. Kala itu, Presiden Megawati meresmikan kantor hukumnya.

Setelah berjalan selama enam tahun, nama Hendropriyono dan Law Office berganti menjadi Hendropriyono and Associates. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 2006, nama Hendropriyono and Associates berubah lagi menjadi Hendropriyono Corporation Indonesia.

"Grup usaha yang membawahi beberapa anak usaha yang kuat di bidangnya," tulis situs tersebut. Kalimat yang terpatri di situs tersebut ada benarnya. Tercatat ada perusahaan yang terbilang cukup kuat dari sisi permodalan.

Salah satunya adalah PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk (DGIK), yang sebelumnya bernama PT Duta Graha Indah Tbk dan menjadi pemenang tender dalam proyek wisma atlet Hambalang, Bogor. Di perusahaan konstruksi tersebut, kini Hendropriyono duduk sebagai komisaris utama.

Berdasarkan laporan Nusa Konstruksi per 30 September 2014, pendapatan perusahaan ini mencapai Rp 1,53 triliun dengan laba bersih Rp 54,16 miliar. Adapun total aset di periode yang sama mencapai Rp 1,91 triliun.

Satu perusahaan lain yang dikomandoi Hendropriyono adalah Mega Maroci Lines, perusahaan jasa pelayaran di minyak dan gas bumi (migas). Di sini, Hendropriyono memegang jabatan presiden direktur. Adapun komisarisnya adalah Ilham Bintang.

====================
 
Tak Ada Pelaku Industri Otomotif yang Mengenal 'Perusahaan Hendropriyono'
Sunday, 08 February 2015, 08:47 WIB

REPUBLIKA. CO .ID, JAKARTA -- Kunjungan Presiden Jokowi ke Malaysia terkait mobil nasional (mobnas) dengan menggandeng produsen otomotif kebanggaan Malaysia, Proton memberikan tanda tanya besar bagi publik Indonesia. Banyak pihak mulai membicarakan PT Adiperkasa Citra Lestari.

Hal ini karena perusahaan milik AM Hendropriyono tersebut yang akan menggandeng perusahaan otomotif asal Malaysia, Proton Holding Berhad, untuk mengembangkan mobil nasional (mobnas). Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan MoU yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak, pemimpin Proton Tun Dr Mahathir Mohamad, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno.

Semua pihak pun bertanya-tanya seberapa prestisiusnya perusahaan tersebut. Sejak Sabtu Republika mencari tahu melalui mesin pencarian google mengenai perusahaan tersebut.

Sayangnya, perusahaan itu hanya tercantum dalam berbagai berita internasional. Perusahaan itu pun sama sekali tak memiliki website pribadi.

Republika pun mencoba menghubungi para pelaku industri otomotif khususnya Agen Tunggal Pemegang Merek. Jawabannya adalah mereka sama sekali tak tahu nama perusahaan itu.

Bahkan ketika mencari tahu ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ucapan mereka pun sama. "Saya sebenarnya capek ditanya kawan-kawan. Sejujurnya saya tak pernah tahu perusahaan bernama Adiperkasa Citra Lestari," tutur pelaku industri yang tak ingin disebut namanya.

Begitu juga dengan pelaku industri karoseri, ucapannya pun serupa. Ia bahkan sedikit berkelakar kalau ia hanya pernah mendengar nama perusahaan Mitra Adi Perkasa (MAP).

====================

Gandeng Proton, perusahaan Hendropriyono ternyata kantor notaris
Minggu, 8 Februari 2015 23:33

Merdeka.com - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng industri otomotif asal Malaysia, Proton menuai konflik di Tanah Air. Tak hanya itu, kerja sama tersebut ternyata diberikan kepada Hendropriyono untuk mengembangkan mobil nasional bersama perusahaannya PT Adiperkasa Citra Lestari.

Penelusuran merdeka. com, Senin (8/2), ternyata informasi mengenai perusahaan yang dipimpin mantan Kepala BIN tersebut masih sangat minim. Tidak banyak yang mengetahui keberadaannya, bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kebingungan.

Keterangan seputar terekam dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM. Dalam sistem itu, terdapat satu perusahaan bernama Adiperkasa Citra Lestari.

Perusahaan ini didirikan pada 22 Februari 2012, dan sempat mengajukan Pemberitahuan Perubahan Data Perseroan pada 22 Juli 2013. Perusahaan ini beralamat di Komplek Rukan Tendean Square 26, Jl. Woltermonginsidi 122-124 Jakarta Selatan.

Saat ditelusuri merdeka. com, alamat perusahaan milik Hendropriyono ternyata berada satu bangunan dengan Kantor Notaris dan PPAT Muhammad Hanafi. Bahkan, alamat yang tertera seperti yang didapat dari situs pencari Google menyebutkan alamat yang sama, yakni Komplek Rukan Tendean Square No. 26. Jl. Wolter Monginsidi No. 122-124, Jakarta Selatan.

Sontak saja, keabsahan perusahaan ini dipertanyakan banyak pihak, salah satunya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto. Bahkan, dia pun membandingkan dengan proses lelang yang dilakukan Pemprov DKI terhadap perusahaan yang tidak jelas asal usulnya.

"KOK ANEH YA ?! KOK BISA YA ?! LELANG di Pemprov DKI, PT yg alamatnya tdk sesuai dg dokumen administrasi LELANG, pasti sdh dicoret sejak awal," tulis Prijanto dalam akun Facebook miliknya.
 
Proton itu bukan perusahaan ecek ecek ..

Biasa kalangan pendukung teroris selalu menentang apa yang dilakukan hendropriyono, dendam mereka sejak hendro jadi dan laksusda jaya sampai penghancuran kelompok talangsari yang MEMANG LAYAK di basmi (sama seperti peristiwa tg priok yg sdh ditulis di salah satu thread disini SANGAT LAYAK di dibasmi habis ) tidak terpuaskan

Masalah bisnisnya ya kita lihat saja .. Kalau berhasil kan bagus kalau gagal ya resiko bisnis

Yang penting pola tangan besi spt orde baru semoga cepat kembali dan semua kambing terorism itu termusnahkan
 
amin..
semoga tidak ada tujuan lain selain murni tujuan bisnis to bisnis seperti yang disampaikan MENPERIN dan Bapak Presiden RI
 
Memang terlalu jauh kalau dikaitkan dengan menggalang teroris dan lain2 .. Itu typical pemikiran kelompok pks dan pusatnya ikhwanul muslimin di mesir dan turki, yang sdh di jadikan dan dinyatakan organisasi terlarang sebagai organisasi teroris, tinggal di indonesia di terapkan pernyataan itu supaya beres
 
Heran Presiden menyaksikan aja banyak yang protes
Ini kan murni bisnis 2 bisnis

Sama aja kaya lion air beli pesawat 737-300 ER disaksikan Obama

Lagipula itu haknya Hendropriyono mau gandeng sapa saja, perusahaan juga punya dia.

Kecuali Pemerintah mengeluarkan mobnas yang milik BUMD atau BUMN kalau gandeng Proto dipermasalahkan.

Esemka atau mobil lainnya juga mobnas. Dan selama ini tidak dipermasalahkan gandeng siapapun juga dalam bisnisnya

Ini jelas2 dikabarkan dari televisi milik oposisi pemerintah yang akhirnya membuat salah tangkap dan menjadi polemik

Misalkan, Entar jangan2 saya mau buat helikoter dengan Turkey Aerospace pas Jokowi Dateng menyaksikan, masalah lagi? Padahal bisnis juga punya sendiri
 
Menurut nubie sih kenapa harus proton...? Kenapa engk langsung aja... Kerjasama mobil dengan mobil lain... Toh awalnya proton juga numpang beli design dari Lotus sebelumnya. Setelah punya kemampuan untuk produksi ,akhirnya mereka buat sendiri walaupun embel2 lotus engk pernah dilepas...
 
Menurut nubie sih kenapa harus proton...? Kenapa engk langsung aja... Kerjasama mobil dengan mobil lain... Toh awalnya proton juga numpang beli design dari Lotus sebelumnya. Setelah punya kemampuan untuk produksi ,akhirnya mereka buat sendiri walaupun embel2 lotus engk pernah dilepas...

Banyaklah jawabannya kenapa Proton kang........

Coba saja di sms atau di bbm Pak Hendro kenapa nggak kerjasama dengan Ferari atau Mercedez.....

Anyway aku setuju dengan

Heran Presiden menyaksikan aja banyak yang protes
Ini kan murni bisnis 2 bisnis

Sama aja kaya lion air beli pesawat 737-300 ER disaksikan Obama

Lagipula itu haknya Hendropriyono mau gandeng sapa saja, perusahaan juga punya dia.

Kecuali Pemerintah mengeluarkan mobnas yang milik BUMD atau BUMN kalau gandeng Proto dipermasalahkan.

Esemka atau mobil lainnya juga mobnas. Dan selama ini tidak dipermasalahkan gandeng siapapun juga dalam bisnisnya

Ini jelas2 dikabarkan dari televisi milik oposisi pemerintah yang akhirnya membuat salah tangkap dan menjadi polemik

Misalkan, Entar jangan2 saya mau buat helikoter dengan Turkey Aerospace pas Jokowi Dateng menyaksikan, masalah lagi? Padahal bisnis juga punya sendiri

Aku mau tanda tangan produksi lingerie dengan perusahaan Perancis La Perla aaaah .........Pak jokowi mau datang nggak yaaa?
 
Terakhir diubah:
Banyaklah jawabannya kenapa Proton kang........

Coba saja di sms atau di bbm Pak Hendro kenapa nggak kerjasama dengan Ferari atau Mercedez.....

Yup kenapa Proton kalo emang kita mampu kerjasama dengan Ferrari malahan Mercedez udah pernah mungkin ini sejarahnya Mobnas kita...

Beberapa upaya menciptakan mobnas yang tercatat

Toyota Kijang
Meskipun merek Toyota berasal dari Jepang, tetapi jangan remehkan mobil legendaris ini. Pembuatan dan perakitan mobil ini semuanya dilakukan di Indonesia. Mobil ini diluncurkan pada tanggal 9 Juni 1975 dalam event Pekan Raya Jakarta 1975. Peluncuran mobil ini dihadiri oleh Mantan Presiden RI, Soeharto, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Mobil ini telah mempunyai total penjualan sampai 1 juta unit sejak peluncurannya pada tahun 1975. Mesin yang berkapasitas 1200 cc yang pada saat itu digunakan juga oleh Toyota Corolla pada zamannya merupakan teknologi baru di industri kendaraan buatan Indonesia. Komponen bodi dan mesinnya semuanya berasal dari Indonesia.
Mobil ini merupakan salah satu mobil buatan Indonesia yang mampu berjaya sampai saat ini, dengan penjualan yang bahkan jauh melewati batas negara Indonesia. Dari situlah, titik balik itu merupakan akar dari pertumbuhan mobil nasional Indonesia yang selanjutnya diteruskan oleh mobil-mobil lainnya.

Maleo
Mobil maleo dibidani oleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau oleh masyarakat. Mesin yang berkapasitas 1200 cc 3 silinder, merupakan teknologi baru hasil kerja sama dengan perusahaan Australia (Orbital) yang menggabungkan teknologi mesin 2 tak dengan teknologi injeksi bahan bakar.
Penggunaan mesin 2 tak, membuat mekanisme mesin menjadi sederhana dan jumlah komponen lebih sedikit dibanding mesin berjenis 4 tak. Komponen lokal maleo direncanakan diatas 80%. Dipercaya satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy Suharto anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.

MR 90
Proyek nasionalisasi Mazda 323 Hatchback oleh PT Indomobil, model terakhir dari upaya ini adalah Mazda Van tren pada tahun 1994.

Kalla Motor
Kalla Motor pernah menciptakan mobil kecil bermesin 500 cc sebagai calon mobil produksi Indonesia. Tidak diketahui kenapa tidak jadi diproduksi.

Bakrie Beta 97 MPV
Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers pernah menyiapkan mobil Minibus pada tahun 1994.
Rancangan mobil ini berjenis Minibus atau MPV,
mobil yang dinamakan Beta 97 MPV ini memiliki desain orisinal buatan rumah desain Shado asal Inggris, satu unit mobil contoh sudah dibuat dan diuji coba di Inggris. Pada bulan April 1995 disain Beta 97 MPV selesai dan mulai diperlihatkan ke manajemen Bakrie dan setelah itu, desain tersebut langsung dikembangkan hingga prototipe mobil ini selesai pada tahun 1997. Namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.

Timor
Program mobnas paling terkenal milik PT Timor Putra Nasional milik Hutomo Mandala Putra yang didukung penuh oleh pemerintah Suharto melalui kebijakan resmi (Keppres dan inpres). Model pertama adalah Timor S515 yang merupakan Kia Sephia 1995 yang di-
rebadging Rencanan untuk mengembangkan mobil asli Indonesia diwujudkan dalam program Timor S2. Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi kedua yang dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim Suharto.
Selain mobil, Tommy Suharto juga sempat menggandeng pabrikan sepeda motor Cagiva dari italia , untuk memproduksi sepeda motor nasional yang dinamakan Timori. Produk pertama yang akan dilempar ke pasar rencananya adalah Sepeda motor sport 200 cc dari Cagiva.

Bimantara
Hyundai Accent. Upaya membuat mobil Indonesia dengan menggandeng Hyundai (korea) milik PT Bimantara milik Bambang Trihatmojo.

Kancil
Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari).
Pernah diharapkan sebagai pengganti Bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta. Sayang Kancil tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari pemkot Jakarta ataupun masyarakat.

Texmaco Macan
MACAN adalah Kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco. Dalam mengeluarkan mobil ini PT. Texmaco menggandeng Mercedes Benz, tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco bangkrut karena krisis moneter pada 1997-1998.

Gang car
Gang Car adalah sebuah mobil mini berkapasitas 2 orang buatan PT. DI yang ditenagai mesin 125-200 cc. Mobil ini didesain untuk berukuran cukup kecil sehingga bisa beroperasi di gang-gang sempit di daerah perkotaan (maka dari itu dinamakan Gang Car). Proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.

Marlip
Marlip adalah mobil listrik produksi dari PT Marlip Indo Mandiri. Perusahaan ini adalah perusahan yang didirikan melalui hasil riset di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) dan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi mobil listrik. Saat ini MIM memfokuskan usaha untuk memproduksi kendaraan listrik kegunaan khusus yang dapat digunakan di rumah sakit, padang golf, area pabrik, perkantoran, lapangan bola, area hotel/ resort, tempat- tempat wisata dan sejenisnya.
Jenis-jenis Marlip adalah Marlip Mosen Standard ( Mobilisasi Pasien), Marlip Type R410 yang menggunakan Ban dan Pelek buatan APEX, Marlip Type Smart ( untuk Area Perumahan dan Perkantoran), Marlip Type City Car (mobil perkotaan), Marlip Type LE 320 & LE 330( Lap.Golf, Patroli, Wisata), Marlip Tipe Hercules ( Area Hotel, Perkantoran, Bandara), dan Marlip Tipe Pick up

Arina
Arina adalah karya putra-putri Jawa Tengah, hasil kerjasama PT. Wahana Cipta Karya Mandiri dengan stake holder industri otomotif Jawa Tengah, antara lain ASKARINDO (asosiasi karoseri indonesia), klaster industri komponen dan suku cadang Jateng, BP Dikjur, Koperasi Cor Logam Batur Jaya (Ceper - Klaten), serta beberapa perguruan tinggi, antara lain Universitas Negeri Semarang (Unnes), Politeknik Manufaktur Ceper, dll.
ARINA adalah mobnas berbentuk microcar dengan tenaga penggerak dari mesin Sepeda motor berkapasitas 150 cc sampai 250 cc.
Mobil mikro ini berkapasitas 4 orang penumpang.
Variant dari prototype pertama ARINA berupa UPV (Urban Personal Vehicle) yang didedikasikan bagi penduduk perkotaan yang mempunyai keterbatasan akan ruang garasi
dan sempitnya jalan serta gang. Dengan lebar 120 cm, ARINA akan mudah dan leluasa berkeliaran di gang-gang di kota. Demikian juga dengan panjangnya yang kurang dari 300 cm, ARINA mudah diparkir di carport di rumah -rumah tipe 21 sekalipun.
ARINA UPV cocok untuk keluarga kecil, ibu-ibu muda yang mengantar anaknya sekolah sekaligus dapat mampir di minimarket, serta untuk anak sekolah dan mahasiswa.
Selain itu, versi ARINA ambulance feeder juga tersedia.
Dalam waktu dekat, ARINA versi microtaxi akan menghiasi jalanan di kota-kota di Indonesia

Tawon
Mobil yang diproduksi oleh PT Super Gasindo di Rangkasbitung, Banten ini, menggunakan bahan bakar bensin dan gas CNG, jadi sudah memenuhi standardisasi Euro III, sehingga ramah lingkungan. Mobil ini berkapasitas 650cc, 4 percepatan manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100km/jam. Konsumsi gasnya 1kg untuk 20km. Mobil Nasional yang sudah mengandung 90% kandungan lokal inipun, dijual dengan harga 48 juta on the road dan akan dijual pada juli 2010 ini. Tawon akan memiliki 2 segmentasi pasar, yaitu sebagai pengganti bajaj, serta untuk mobil penumpang pribadi.

Komodo
Produk utama kami adalah FIN Komodo yaitu kendaraan offroad jenis CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relative kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relative irit.
Untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 - 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat survive di dalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.
Komodo adalah kendaraan segala medan
produksi PT. Fin Komodo Teknologi, kendaraan ini di desain untuk menjelajah segala medan dan bermesin hanya 180 cc. Pada tahun 2009 dikeluarkan juga Komodo versi Transmisi otomatis dengan mesin berkapasitas 250 cc. pada tahun 2009 Komodo ditawarkan dengan harga antara Rp 60 juta.
Komodo merupakan hasil rancang bangun dari
para insinyur yang berpengalaman dalam mendisain dan membangun pesawat terbang, sehingga dihasilkan kendaraan yang ringan dan stabil sebagai hasil kalkulasi formula yang biasa dipakai dalam struktur pesawat terbang, ringan, namun kuat.
Pada saat ini, produksi Komodo sudah memasuki generasi ke 4 dengan perubahan pada setting mesin 4tak 250cc CVT dan CDI- nya, serta penggunaan Fin Hyper duty Shocks yang semakin memberikan ketangguhan bagi mobill Offroad Utility Vehicle ini. Untuk pada tahun 2011 ini harga Fin Komodo Standar adalah sebesar 70jt rupiah Franco Cimahi. Untuk versi tertutup/ canvas dijual seharga Rp. 78jt rupiah franco Cimahi.
Komodo menggunakan mesin CVT 250cc 4 tak otomatis dengan 2 perslening (maju dan mundur) hasil rancang bangun PT. Fin Komodo Teknologi dengan sistem OEM ke pabrikan, sehingga tidak ada kendaraan lain yang boleh memakai mesin hasil rancangan PT. Fin Komodo Teknologi ini tanpa ijin tertulis dari PT. Fin Komodo Teknologi.
Untuk peminat Fin Komodo, bisa langsung mengunjungi pabrik Fin Komodo di Jl. Kol Masturi no 106A ke arah lembang, disediakan track untuk test drive di Alam Wisata Cimahi (AWC) offroad track yang memiliki track sangat curam dan hanya komodo yang mampu melewatinya.

GEA

GEA adalah mobil perkotaan (City car) produksi kerjasama antara PT Inka dan BPPT. Mobil ini Mesin Rusnas 650 cc yang merupakan mesin asli buatan Indonesia hasil riset BPPT. Dalam tahap pengembangan terlihat badan mobil terbuat dari serat kaca atau fiberglass dan berkapasitas 5 orang.

Esemka
Esemka Digdaya generasi II Esemka adalah produk mobil nasional (Mobnas) hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bekerja sama dengan institusi dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal berkisar antara 50-90%.

Texmaco Perkasa
Truk Perkasa dari PT Texmaco ini merupakan satu satunya kendaraan jenis truk yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia. Truk ini mempunyai kandungan lokal mencapai 90%. Mesin diesel yang digunakan adalah lisensi dari Cummin Amerika, persneling ZF dari Jerman, gardan (axle) dari Eston Amerika serta badan adalah lisensi dari Leyland (Inggris). Tercatat TNI telah memesan 1000 unit dan sampai tahun 2009 truk ini masih operasional. Perkasa sudah tidak diproduksi lagi menyusul kebangkrutan PT Texmaco.

Nuri
Sekali lagi, (Mobnas / Mobil Nasional) Indonesia dari PT Super Gasindo Jaya akan tampil di publik. Ini adalah saudara mobil Tawon, bernama Nuri diatur untuk menunjukkan kepada publik mulai dari bulan Juli 2010. Nuri adalah hatchback 5 pintu yang akan didukung dengan mesin 800cc dan menerapkan teknologi dual fuel (bensin dan LPG). Proyeksi harga Nuri adalah sekitar 50 juta rupiah.

Wakaba
Mobil Wakaba (Wahana Karya Anak Bangsa) adalah buatan komunitas otomotif dan Disperindag Jawa Barat. Kendaraan ini dirancang untuk berbagai jenis, yakni mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil pertanian, mobil pengolahan hasil pertanian, mobil angkutan umum pedesaan, mobil perkebunan serta mobil penjualan.

Listrik Ahmadi
Mobil Listrik Ahmadi merupakan salah satu mobil listrik nasional. Prototipnya dibuat oleh Dasep Ahmadi di Jawa Barat dan akan disempurnakan untuk diproduksi masal pada tahun 2013.

Tucuxi
Tucuxi merupakan salah satu mobil listrik nasional. Purwarupanya dibuat oleh Danet Suryatama di Jogjakarta. Tanggal 5 Januari 2013, Tucuxi mengalami kecelakaan saat diuji coba oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan.

Mobnas Tenaga Listrik
Untuk tahun 2014 Mobil Nasional Bertenaga Listrik dipersiapkan pemerintah dengan melibatkan 6 Universitas yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Politeknik Manufaktur Bandung. Sebetulnya kendaraan listrik telah memiliki sejarah yang panjang di negara ini. Beberapa warga negara sudah lama menggunakan sepeda motor listrik, baik untuk keperluan pribadi maupun usaha. Juga pada tahun 2007 telah terbentuk Komunitas Kendaraan Listrik Indonesia, bahkan mendahulu komunitas sejenis di negara-negara tetangga kita. Pada awalnya banyak petugas kepolisian yang heran dan menilang beberapa anggota, tetapi di antara anggota komunitas kemudian saling bertukar informasi dan akhirnya petugas kepolisian di berbagai wilayah pun memaklumi dan menerima keberadaan kendaraan ini. Dan usaha sosialisasi ini tidak berhenti hanya kepada kepolisian, tetapi juga hingga badan eksekutif maupun legislatif di negara kita.

Motor nasional
Selain mobil, ada juga beberapa upaya untuk membuat sepeda motor nasional. Beberapa upayanya adalah:

Jatayu
Motor lokal menggunakan spare part aftermarket Harley Davidson

Astra
Upaya PT Astra membuat motor nasional. Motor sempat di resmikan dan diuji oleh Presiden Suharto.

Kanzen
Satu-satunya merek lokal yang tergabung dengan AISI.

:beer:
 
mas Thombol........ panjang panjang nulis....... semua itu karena si principal tidak mau Indonesia mampu memproduksi sendir mobil dan meninggalkan keterikatan pada principalnya.........

Disini tekanan dari principal yang juga didukung pemerintah negara asal pemerintah yang tidak berani di lawan oleh pemerintah RI sejak dulu

(semoga menjawab mengapa bukan Mercedez atau sekelasnya yang dipilih) karena mereka tidak mau kehilangan pasar dan Proton awalnya juga sekali juga kerjasama dengan fabrikan lain kan ?

Ada Kanzen ingat tahun 2000 awal di Mega kuningan kantornya Rini Suwandi pemegang merk Kanzen
 
mas Thombol........ panjang panjang nulis....... semua itu karena si principal tidak mau Indonesia mampu memproduksi sendir mobil dan meninggalkan keterikatan pada principalnya.........

Disini tekanan dari principal yang juga didukung pemerintah negara asal pemerintah yang tidak berani di lawan oleh pemerintah RI sejak dulu

(semoga menjawab mengapa bukan Mercedez atau sekelasnya yang dipilih) karena mereka tidak mau kehilangan pasar dan Proton awalnya juga sekali juga kerjasama dengan fabrikan lain kan ?

Yup jadi hemat nubie... Walaupun Jokowi datang untuk melihat penandatangan bukan berati ada unsur politisnya tapi merupakan murni bisnis...
So kenapa proton... Kebetulan nubie baru tanya, Menurut rekan nubie yang kerja di Proton Edar Indonesia (PEI)....
Indonesia itu negara konsumen... Punya sumber daya tapi tidak pernah bisa memproduksi untuk mudahnya kita ambil contoh Bensin padahal kita punya sumbernya mengapa masih harus import segala...
Balik lagi ke Proton... Proton ingin melebarkan sayapnya di Asia tenggara... Nah negara yang perlu dia tundukan pertama ialah Indonesia... WHY...? Indonesia adalah negara dengan penduduknya paling banyak di asia tenggara... Dengan PDB (Produk Domestik Bruto) perkapita Rp36,261 juta. (2011)

:hua: nanya sendiri dijawab sendiri :ha:
 
Tetangga ane beli proton yg model kecil baru 8 bulan per kaki2nya dh bunyi pdhl pemakaian dlm kota cuman ke kantor aja :ngakak:
 
Tetangga ane beli proton yg model kecil baru 8 bulan per kaki2nya dh bunyi pdhl pemakaian dlm kota cuman ke kantor aja :ngakak:

Iya begitu deh suhu... Maklum komponennya juga lokal dari negri jiran... (Bukan maksud menjelekan looooh) :ngakak:
 
Bimabet
Woohhh... baru tahu. Ternyata banyak juga calon mobnas zaman dulu
Di kalasan ada juga tuh bikin motor. MAK.
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd