Agen Terpercaya
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

SHARE PAPERCRAFT

Bimabet
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Baru tau ada threat papercraft 🤣
Hobi dulu kala ketika pelampiasan putus sama pacar pertama. prinsipnya dari pada merakit kembali puing² kenangan, lebih baik merakit puing² (read : potongan) kertass :bata:
Lumayan buat menghabiskan waktu seharian sampe riep² kalo malem....
Dulu buat F16 fighting falcon, tank jagdpanther dan tank T-34, dan semua hancur ketika negara api menyerang 😖
 
Wah keren ini. Dulu pernah coba buat papercraftnya keroro. Mau cobain yang gundam tapi kayaknya sulit banget hahaha
 
Hobby begini buat yg tangannya gampang keringetan seperti ane cocok gak Hu?
 
Disarankan artpaper diatas 100 gr hu, tp jgn terlalu tebal jg krn nanti menyulitkan pas pelipatannya. Kalo untuk bagian2 yg berwarna bisa pake kertas konstruksi
Sedikit saran hu, kalau memang pakai kertas tebal, untuk bagian belakang folding line nya bisa di cut dulu pake cutter/carving yang agak tumpul. Tapi jangan sampai tembus, hanya buat ngurangin ketebalan kertasnya. Dijamin rata rapi
 
Sedikit saran hu, kalau memang pakai kertas tebal, untuk bagian belakang folding line nya bisa di cut dulu pake cutter/carving yang agak tumpul. Tapi jangan sampai tembus, hanya buat ngurangin ketebalan kertasnya. Dijamin rata rapi
Betul subes, ane pernah nyoba jg. Tapi ane garis pake punggung cutternya aja, biar ga jebol 😁
Thankyou sarannya btw :ampun:
 
Coba googling canon papercraft gan, modelnya bagus2. Gak cuma model, ada juga untuk hiasan dinding dll. Dari yamaha juga ada papercraft juga ada, coba di googling aja
 
Selamat hari gini untuk semuanya, izinkan ane meramaikan sub forum ini dengan thread yang mudah - mudahan bisa bermanfaat untuk suhu - suhu sekalian.
Di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana kita disarankan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah dan sekaligus mendukung upaya pemerintah agar kita berkegiatan "Di Rumah Aja".
Setelah sebelumnya ane buka - buka primbon dimari ternyata belum ada yang membahas tentang Papercraft.
Maka ane berinisiatif untuk share salah satu hobby lawas ane waktu masih "nganggur".
Daripada menghabiskan waktu luang suhu dengan hal yang unfaedah, maka ada baiknya kita manfaatkan untuk kegiatan yang dapat mengasah kreatifitas.

Oke.. ane cukupkan sekian muqadimahnya dan lanjut ke topik pembahasan..
:Peace::beer:


A. PENGERTIAN PAPERCRAFT
Papercraft adalah seni membuat sebuah objek dari bahan dasar kertas, dengan cara menggunting, Memotong, melipat dan menempel pola yang telah didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi bentuk yang kita inginkan.
Papercraft bisa dibilang pengembangan dari Origami. Tapi biasanya objek-objek yang dihasilkan Papercraft lebih menyerupai bentuk aslinya dibandingkan dengan Origami. Contoh objek yang bisa dijadikan Papercraft misalnya orang, rumah, mobil, motor, binatang, dll.

B. KATEGORI PAPERCRAFT
Papercraft belum memiliki pengkategorian yang baku. Pengkategorian Papercraft biasanya dilihat dari sisi minat dan bentuk fisik papercraft.
Berikut beberapa kategori Papercraft:

1. Pepakura

Papercraft jenis ini sangat berhubungan dengan anime dan manga jepang.

2. Papertoy

Papercraft jenis ini lebih urban, pop culture art, trend masa kini. Bentuk simple dan biasanya memiliki texture yang sangat menonjol.

3. Papermodel

Papercraft jenis ini merupakan replika dari benda asli. Biasanya dibuat menggunakan skala. Kemiripan dengan benda asli sangat diutamakan.

4. Paperavatar

Papercraft jenis ini merupakan avatar dari seseorang. Kemiripan dengan modelnya (seseorang/tokoh) sangat diutamakan.

C. ALAT & BAHAN PAPERCRAFT
Berikut alat-alat dan bahan yang digunakan untuk membuat Papercraft:

1. Kertas

Kertas yang disarankan untuk membuat Papercraft adalah kertas 100 gram keatas, agar mudah dalam melakukan lipatan dan perekatan, dan juga agar Papercraft yang dihasilkan lebih kokoh.

2. Cutter pen

Cutter spesial yang bisa dipegang menyerupai pulpen sehingga memudahkan pengerjaan yang melibatkan potongan-potongan kecil. Sudutnya sebesar 30 derajat, setengah dari besar sudut cutter biasa, sehingga lebih tajam dan sudut potong yang dihasilkan bisa lebih kecil.

3. Cutter

Cutter dipakai untuk memotong garis lurus yang baik, mempunyai stabilitas tinggi dan dibuat dari besi cutter spesial yang anti karat. Bisa digunakan untuk memotong Strofoam, cardboard, foam, dan kertas tebal

4. Lem

Lem berfungsi untuk merekatkan potongan2 yang telah dirangkai,

5. Gunting

Digunakan untuk alternatif pemotongan pattern

6. Spidol Marker warna

digunakan untuk menutupi bekas lipatan yang biasanya berwarna putih. Bekas lipatan ini biasanya ditutupi dengan warna gelap, seperti hitam, atau warna lain yang senada dengan warna papercraft. Digunakan marker permanen agar warna tetap di kertas dan tidak pudar

7. Pinset Lurus atau Bengkok

Untuk memudahkan pelipatan dan pengeleman bagian papercraft yang cukup mungil, disarankan memakai pinset. Pinset lurus digunakan oleh pemula karena cukup memudahkan perakitan, sedangkan pinset bengkok biasanya digunakan oleh profesional untuk tahap penempelan detail atau untuk menahan bagian kecil di dalam papercraft

8. Penggaris

Disarankan untuk memakai besi. Penggaris in digunakan untuk panduan memotong pattern dan membantu melipat, agar lipatan lebih lurus/rapih.

9. Cutting Mat

Adalah sebuah alas tempat memotong kertas. Permukaannya anti slip sehingga lebih aman dan mempunyai sifat Self-healing, atau sembuh sendiri setelah teriris cutter. Terbuat dari karet khusus dengan tingkat kerapatan tinggi dan fleksibilitas yang baik, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Tersedia dalam ukuran A4 hingga A1

D. MEMBUAT PAPERCRAFT
Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuat Papercraft adalah pola/pattern. Pola-pola Papercraft dapat dicari di internet atau toko buku.
Jika mendapatkan polanya dari internet (biasanya berformat jpg, gif, pdf), pola tersebut harus dicetak terlebih dahulu pada media kertas (menggunakan printer). Tapi jika polanya didapatkan dari buku/majalah (sudah tercetak pada kertas), maka tinggal melakukan langkah berikutnya:

1. Gunting/Potong pola sesuai dengan gambar yang tercetak di kertas pola.
2. Lipat pola sesuai garis lipatan yang ada pada pola tersebut.
3. Tempelkan bagian-bagian pola sesuai instruksi yang ada (biasanya setiap pola disertai dengan instruksi perakitannya)

Dalam proses pembuatan papercraft sangat dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, selain itu juga modal untuk membeli alat - alat dan bahannya tentunya..
Berikut ini ane sharing beberapa desain Papercraft yang ane punya, mohon jangan tanya asal filenya dari mana karena ane sendiripun udah lupa
:bingung::baca::ngupil:

koleksi desain papercraft akan ane update kalo suhu - suhu disini ada yang minat.
:baris:



1. PEPAKURA

Silahkan download dulu Pepakura Viewernya

1.1 GUNDAM

1.1.1 MSN-001A1 Delta

*gambar hanya ilustrasi

1.1.2 MSZ-006 Zeta

*gambar hanya ilustrasi

1.1.3 GN-005

*gambar hanya ilustrasi

1.1.4 RX-121TR Hazel

*gambar hanya ilustrasi

1.1.5 SD-MSN-0100

*gambar hanya ilustrasi
Mantul Hu saya suka buat pesawat sama pistol
 
Bimabet
wah sbnrnye pengen coba neh, kmrn sempet ada di tiktok yg isinya buat papercraft dgn bahan box indomie, dkk yg dibuat topeng2 gt

hu link zippysharenya kyknya uda gak bs sharing deh, boleh minta link yg baru?
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd