Agen Terpercaya  
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

CERBUNG Balada Istri Pelaut

Wawasan nya luas ya keren lah detail2 mengenai perkapalan dan ilmu pelayaran nya
 
Bimabet
BAB I



Seaman's Life




Lautan tenang dan cuaca yang mulai masuk ke musim dingin di jazirah Arab, membuat pelayaran kali ini rasanya sangat menyenangkan. Tenangnya air laut pagi ini rasanya jadi pelyaran yang nyaman bagi para pelaut yang beraktivitas ditaas kapal. Lalu lalang kapal berbagai jenis membuat Persian Gulf ini termasuk daerah pelayaran yang sibuk dilalui oleh banyak kapal.

Sama halnya dengan MT Harmony Orion, kapal tanker Aframax dengan ukuran 102.000 DWT, juga termasuk dalam alur pelayaran inbound vessel, karena dalam proses masuk ke Persian Gulf setelah 20 hari menempuh perjalanan dari Ulsan-Korea menuju Ras Tanura Terminal.

Kapal akan loading rencana 95.000 MT Crude Oil atau sekitar 580.000 barrel dari Arab Saudi, dan nantinya akan bongkar di Jurong Port Universal Terminal di Singapore. Kapal dengan ukuran Panjang hingga 240 meter ini meski terlihat besar, namun dibanding dengan VLCC lain yang berukuran hingga 330 meter lebih, rasanya masih terlihat medioker size ukurannya.

Kecepatannya melaju di kisaran 13,5 knot, dan di anjungan kapal seorang juru mudi kapal Armando dari Cebu, Pilipina sedang menemani 3 Officer Muhammad Roby dari Indonesia, dan cadetnya Li Fu Shen dari China.

Kapal berbendera Hongking ini milik perusahaan Harmony Tanker Management yang berkedudukan di Hongkong. Kapal multinasional ini terdiri dari 6 negara dari 22 total crew yang ada di kapal. Selain Indonesia, Pilipina, Myanmar, Pakistan, Bangladesh, China, Ukraina.



***********************

Sementara itu di sebuah kamar tepat dibawah anjungan, lokasinya disebelah kanan kapal. Sebuah kamar seperti president suite room, Aliaksander Maulana, atau yang akrab disapa Alex, sedang membasuh mukanya, menyikat giginya, lalu memakai kaos polo biru.

Dia sempat menengok ke arah tempat tidurnya yang berukuran queen size, ada 2 foto yang menghiasi nakas kecil disamping tempat tidurnya, foto ketiga anaknya, dan istrinya dengan pose melelang senyuman.

Dia bangun agak telat pagi ini karena baru tidur subuh, saat kapal hendak masuk channel ke Persian Gulf. Situasi ramai dan pelayaran yang padat membuat dia harus ikut mengawasi, karena semua tanggungjawab dan keselamatan crew serta kapal ada di pundaknya dia.

Yes, tepatnya dia adalah Capt. Aliaksander Maulana. Sosok nakhoda berpengalaman dengan jam layar yang sudah sangat tinggi ini, berusia 52 tahun, dan saat ini dia sudah 4 bulan lebih diatas kapal, dari 4+2 bulan contract yang dia jalani.

Almarhum papanya adalah pelaut juga, meski tidak sesukses anaknya. Bapaknya hanyalah bawahan dengan jabatan Bosun atau Kepala kerja untuk bagian Deck. karena tidak memiliki ijazah untuk jadi perwira. Namun ketiga anaknya semua jadi orang hebat. Aliaksander sukses jadi Nakhoda kapal, adiknya Imran kini punya jabatan bagus di Nindya Karya, karena dia jebolan tekhnik sipil, dan adik bontotnya Erina, kini bekerja sebagai PNS di Dinas Sosial Kotamadya Bogor.

Nama Aliaksander sendiri diambil oleh alrmarhum ayahnya dari nama Captainnya dulu dari Rusia yang bernama Aliaksander Petkov. Nakhoda yang sangat dekat dan sangat sayang kepadanya saat mereka bekerja Bersama dulu. Bahkan ayahnya sampai lebih dari 10 kapal bergabung Bersama kapten tersebut, karena selalu dipanggil join dimana kapten itu naik kapal. Dan Namanya dia diabadikan sebagai nama anak pertamanya, dengan harapan bisa jadi nakhoda kebanggaan keluarga kelak.

Dan doa serta impian sang ayah pun terkabul. Anaknya menempuh Pendidikan di Sekolah Pelayaran, lalu menlanjutkan hingga level Master, sekaligus membuat impian sang ayah terkabul saat dia menjadi Master atau Captain pertama kalinya 12 tahun yang lalu.

Bunyi telpon berdering di anjungan

“Halo…”

“Halo Third…”

“Pagi Capt..”

“ETA jam berapa?”

“ masih sama Capt, jam 17.00 LT”

“oke noted… aman kan?”

“so far aman Capt..”

“keep look out yah….”

“siap Capt…..”

“jurumudi diatas kan?”

“ada Capt, Armando jaga sama saya….”

“good….”

Hanya ada 3 orang dari Indonesia, selain Capt Alex, ada 3 Off atau disapa Third Officer, Muhammad Roby, dan juga ada Ikram yang jadi Oiler atau juru minyak. Sisanya semua dari luar negeri. C Officer Ernesto Vega dari Pilipina adalah kawan lama dari Capt Alex juga, yang sudah bergabung 6 bulan lebih diatas kapal. Ini kali ke 3 dia kumpul dengan Capt Alex. Sedangkan C Engineer atau Kepala kamar mesin berasal dari Pakistan bernama Javed Murad Ali, yang juga sudah 2 kali Bersama Captain Alex.

“good morning..”

“good morning Captain….”

Alex menyapa Ernesto yang sedang sarapan pagi di ruang makan perwira

“bread, Sir?” tanya Norman, mess boy asal Pilipina ke Capt Alex

“yes, please… with jam…”

“oke Sir…”

“coffee also, please…”

“right away, Sir….”

Captain Alex hanya sedikit dari nakhoda asal Indonesia yang mendapat kesempatan di perusahaan asing yang besar seperti Harmony Tanker ini. Bahkan hanya ada dua orang Indonesia yang bisa jadi nakhoda di perusahaan ini. Karir suksesnya ini berkat kerja keras dan keinginan kuatnya untuk belajar dan belajar menjadi pelaut professional.

“have you got the email from office?” tanya Alex ke Ernesto

“what email, Capt?” tiba-tiba muncul dari samping mereka Ch Engineer Javed meyela

“Morning Capt, morning Chief….”

“morning also Chief….” Sapa mereka berdua bersamaan

“sorry to interrupt you….”

“no problem….”

Javed duduk disamping Captain Alex atau berseberangan meja dengan C Off Ernesto

“you have to check….”

“wow…. Looks suspicious….” Canda Ernesto

“ my assumed also same….” Timpal Javed

“Bon appetite….” Ujar Alex ke mereka berdua

“bon appetite Captain….”

Ernesto yang melihat Alex tersenyum terus, menjadi curiga dan tidak tahan dia akhirnya memutuskan naik ke kamarnya untuk mengecek email dari kantor, yang disertai senyuman dari Javed dan Alex. Javed sendiri tidak bertanya lebih lanjut lagi terkait email tersebut, dia memilih melanjutkan sarapannya.

“do you want me to increase the rpm, Sir?”

“No Chief…. We keep this speed… as looks Owner wants we arrive bit late than expected”

“Oke Sir….”

Tiba-tiba Ernesto masuk lagi. Dan matanya yang berkaca kaca, tiba-toba memeluk Alex.

“thanks Captain….. thank you……” dia memeluk erat sahabat lamanya ini

“you are welcome Chief….”

Javed masih terkejut melihat mereka berpelukan.

“what happened? What the news…..?”

Ernesto masih terharu

“ he got promotion, Chief….” Terang Alex

“to be a captain?”

Alex mengangguk

“wow…congratulation bro… you deserved it….” Javed memeluk Ch Officer tersebut.

“so…. When and where?” tanya Jave lagi

“I will sign off at Singapore next 2-3 weeks from now, and will transfer directly to MT Harmony Acrux….”

“new ship, Chief… still 1 year old”

“yes… currently docking at Singapore….”

“excellent……”

“thank you Capt…. Thank you Chief…..”

“it’s oke…..”

“me and Jackline with my kids will always thanking for your kindness…..” bisik Ernesto lagi

“you deserved it…..” Ujar Alex lagi

Ernesto dipromosikan setelah mendapat rekomendasi yang kedua kalinya dari Alex untuk jadi nakhoda, setelah hampir 7 tahun dia menjadi Ch Officer, dan kali ini dia mendapat promosi untuk jadi nakhoda akhirnya.

“we have to celebrate it, Chief….” Usul Javed

“in Dammam?”

“no no no…. better in Singapore…..” timpal Alex

“Great…..”

Suasana di kapal langsung ceria. Berita promosi Ch Officer ini langsung terdengar di semua crew, mereka ikut mendoakan dan senang. Karena memang baik Nakhoda dan Ch Officer ini banyak disukai para crew karena kondisi kerja di kapal yang mereka ciptakan selalu adem dan berjalan lancar tanpa ada kecelakaan.



*************************

Setelah melakukan patroli rutin di deck dan kamar mesin, Alex kembali ke kamarnya. Dia membuka ponselnya dan mengecek whatsappnya, pesannya belum dibuka sama sekali oleh istrinya. Tadi malam dia menelpon, istrinya malah tidak mengangkat, dan saat istrinya menelpon, dia sudah tertidur. Subuh selesai dari anjungan dia turun dan menelpon malah istrinya sudah tidur.

Perbedaan 4 jam waktu antara Jakarta dengan Persian Gulf memang jadi hambatan. Padahal dia sudah ingin segera berbicara dengan anaknya Chalya. Namun meski dia menelpon pun tetap saja belum diangkat oleh istrinya.

Kapal ini memang dilengkapi dengan satelit wifi, sehingga 24 jam terhubung dengan wi fi dan untuk komunikasi hampir tidak ada masalah dengan keluarga di rumah selama ini. Namun tetap saja perbedaan waktu, jarak, menjadi salah satu penghalang dalam komunikasi antara dirinya dengan istrinya, Ina.

Akhirnya Alex memutuskan menelpon anaknya yang pertama, Dewi yang kini sudah tinggal di apartemennya sendiri di Kawasan Jatinegara, karena dekat dengan kantornya di daerah Prof Satrio Kuningan.

Perbincangan ringan antara anak dan ayah pun berlangsung.

Meski sudah punya penghasilan sendiri, tapi tetap saja apa-apa sedikit dia suka manja ke papanya. Dewi banyak bercerita tentang pekerjaannya, tentang cintanya yang kandas, hingga candanya agar dapat pelaut aja kayak papanya. Setidaknya pembicaraan dengan anaknya mengobati kerinduannya dengan rumahnya dan keluarga.





Note :

MT : Motor Tanker (Kapal Tanker)

Aframax : Average Freight Rate Assessment (AFRA) standard ukuran kapal tanker dari 80.000 DWT hingga 120.000 DWT (Deadweight Tonnage atau bobot mati)

VLCC : Very Large Crude Carrier : Kapal supertanker dengan DWT 200.000 – 320.000 DWT yang bisa mengangkut hingga 2 juta barrel.

(Hingga saat ini belum ada dermaga di Indonesia yang bisa disandari kapal dengan ukuran sebesar ini)

Knot : Mil laut atau setara dengan 1,852 km. Jadi 13 knot sama dengan 13 x 1,852 kilometer/jam



Jenjang Jabatan diatas Kapal


Captain/Master/Nakhoda (pimpinan tertinggi


Deck Dept

Officer

Chief Officer
Second Officer
Third Officer

Bawahan (Rating)

Bosun
AB atau Juru Mudi


Engine Dept

Engineer

Chief Eng
Second Engineer
Third Engineer
Fourth Engineer

Bawahan (Rating)

Fitter
OIler atau Juru Minyak


Catering Dept

Koki
Mess Boy (Pelayan)
Mantap cerita baru
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd