Agen Terpercaya  
 
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Role Pesawat TNI AU

Bimabet
Aaaargh... kayaknya buntutnya bakal lari ke integrasi barat-timur lagi ini thread. Beli flanker nya kosongan aja bisa nggak ya, cuma isi airframe, engine, sama radar tok. Yang penting bisa terbang. Tar avionic nya beli dari barat aja.
Cuma kayaknya rawan bug, dan nanti bingung juga di integrasi dengan senjata, mau pake dari timur apa barat.....

pusing ai.....
 
Aaaargh... kayaknya buntutnya bakal lari ke integrasi barat-timur lagi ini thread. Beli flanker nya kosongan aja bisa nggak ya, cuma isi airframe, engine, sama radar tok. Yang penting bisa terbang. Tar avionic nya beli dari barat aja.
Cuma kayaknya rawan bug, dan nanti bingung juga di integrasi dengan senjata, mau pake dari timur apa barat.....

pusing ai.....

Bisa sih kayak SU-30 MKI nya india, jeroannya kan gado2, tergantung pesanan, tapi yang aku heran kenapa MKI series ini banyak accidents ya 5 tahun terakhir.
 
Aaaargh... kayaknya buntutnya bakal lari ke integrasi barat-timur lagi ini thread. Beli flanker nya kosongan aja bisa nggak ya, cuma isi airframe, engine, sama radar tok. Yang penting bisa terbang. Tar avionic nya beli dari barat aja.
Cuma kayaknya rawan bug, dan nanti bingung juga di integrasi dengan senjata, mau pake dari timur apa barat.....

pusing ai.....

integrasi itu keharusan dan kembali akan masuk ke extra budgeting. klo memang koridorny limited budget, ya sedari awal konsen pada 1 system entah itu full NATO atw full rusia. gw seh lbh prefer ke NATO system. tp klo budgetny ready sprti india, cb2 kedua ny jg tdk mslh
 
integrasi itu keharusan dan kembali akan masuk ke extra budgeting. klo memang koridorny limited budget, ya sedari awal konsen pada 1 system entah itu full NATO atw full rusia. gw seh lbh prefer ke NATO system. tp klo budgetny ready sprti india, cb2 kedua ny jg tdk mslh

Enakan sih full Rusky (khusus Pesawat Tempur), klo NATO terlalu ribet sama "Syarat dan Ketentuan"nya.
Ga boleh untuk ini lah, ga boleh untuk itu lah. Nyeleweng dikit langsung ancaman embargo.
Jangan sampe deh kejadian F-16A/B yang mangkrak di hangar terulang lagi
 
Enakan sih full Rusky (khusus Pesawat Tempur), klo NATO terlalu ribet sama "Syarat dan Ketentuan"nya.
Ga boleh untuk ini lah, ga boleh untuk itu lah. Nyeleweng dikit langsung ancaman embargo.
Jangan sampe deh kejadian F-16A/B yang mangkrak di hangar terulang lagi

smw negara yg punya kepentingan itu memiliki potensial yg sama mlakukan embargo. USSR prnh mengembargo indonesia thun 63-68 dan saat itu hmpir smw alutsista dari USSR tdk berfungsi maksimal.
Embargo bukan hal yg mnjdi point tp how to prepare embargo yg shrusny mnjdi point. kelebihan procurement alutsista barat itu suplier yg lbh banyak shg tdk trgntung satu suplier. sdngkan alutsista rusia hany d support rosoboronexport...
cara lain dng kerjasama industri shg part yg d butuhkan bs d produksi/licensi scara lokal. ad bnyak cara menghadapi kemungkinan embargo :)
 
Sedikit pencerahan, gak berapa lama waktu lalu di media, parlemen swedia tidak melanjutkan kerja sama militer dengan arab saudi gara2 kasus ham. Tapi gak berapa lama saab dynamic melakukan deal penjualan anti armor missile sama arab saudi, Liat kan gak terpengaruh, masalahnya duit milyaran dolar sih :D
 
Bisa sih kayak SU-30 MKI nya india, jeroannya kan gado2, tergantung pesanan, tapi yang aku heran kenapa MKI series ini banyak accidents ya 5 tahun terakhir.
Customasi, semakin ekstrim dilakukan, selain butuh duit lebih banyak juga membuka peluang untuk terjadinya bug. Efeknya nanti kesiapan armadanya yang turun, atau lebih parah lagi bisa membahayakan saat operasional karena berpotensi entah kecelakaan, atau bisa kejadian missile nya nge-lock teman sendiri. Jangan sampe kejadian di kita dah....

integrasi itu keharusan dan kembali akan masuk ke extra budgeting. klo memang koridorny limited budget, ya sedari awal konsen pada 1 system entah itu full NATO atw full rusia. gw seh lbh prefer ke NATO system. tp klo budgetny ready sprti india, cb2 kedua ny jg tdk mslh
Kalo duitnya banyak sih enggak asyik buat diskusi :D
IMHO, untuk network centric sepertinya memang NATO system lebih mature. Makanya kadang saya pikir kita beli Su-35 langsung minta "di NATO kan" aja, avionic terkait bikinan russia enggak usah dibeli. Tapi ya itu, harus siap antisipasi kalo terjadi bug, tahu gimana ngatasinya (dan siap keluar duit lebih banyak).

Lagipula sistem combat network nya TNI yang sudah ada sepertinya cenderung ke arah barat/Thales.


Enakan sih full Rusky (khusus Pesawat Tempur), klo NATO terlalu ribet sama "Syarat dan Ketentuan"nya.
Ga boleh untuk ini lah, ga boleh untuk itu lah. Nyeleweng dikit langsung ancaman embargo.
Jangan sampe deh kejadian F-16A/B yang mangkrak di hangar terulang lagi
Russia enggak perlu kondisi politik yang mengharuskan embargo, masih bisa mainin harga spare part seenak jidat :p

Tapi mungkin alutsista dari russia relatif lebih murah harga belinya karena nggak ambil untung banyak dari jualan platform ya, mereka ngambil untung nya dari jualan spare part dan maintenance. Makanya juga relatif agak pelit soal ToT.
 
info ngaco dari teman, penggnti f5 semakin dekat mengarah ke su35. komposisi 3 sku baru kemungkinan d isi viper (1sku) + 2 sku antara typhoon/gripen d mn keduany menawarkan aew system jg. tp hany info ngaco jd jngn d prcaya :D
 
.



Russia enggak perlu kondisi politik yang mengharuskan embargo, masih bisa mainin harga spare part seenak jidat :p

Tapi mungkin alutsista dari russia relatif lebih murah harga belinya karena nggak ambil untung banyak dari jualan platform ya, mereka ngambil untung nya dari jualan spare part dan maintenance. Makanya juga relatif agak pelit soal ToT.

alutsista rusia relatif lbh murah karena employee cost yg lbh murah dan faktor tax yg lbh rendah. employee cosf di USA dan Eropa itu ckp tinggi sdngkan tax ny jg tinggi di sana jika d bndingkan dngn di rusia.
 
alutsista rusia relatif lbh murah karena employee cost yg lbh murah dan faktor tax yg lbh rendah. employee cosf di USA dan Eropa itu ckp tinggi sdngkan tax ny jg tinggi di sana jika d bndingkan dngn di rusia.

Pantes aja harga typhoon hampir sama F-35.

Kalo seandainya jadi ambil typhoon buat isi skuadron baru, dan mau rakit di indonesia berarti cost nya bisa ditekan gak ? Didalam eurofighter konsorsium kan ada airbus yang udah akrab dengan PT DI.

Btw penawaran paket bersama viper apa ya ? Apa kombinasi hibah + upgrade lagi?

Haduh bener2 gado2 rasa nano nih..
 
Pantes aja harga typhoon hampir sama F-35.

Kalo seandainya jadi ambil typhoon buat isi skuadron baru, dan mau rakit di indonesia berarti cost nya bisa ditekan gak ? Didalam eurofighter konsorsium kan ada airbus yang udah akrab dengan PT DI.

Btw penawaran paket bersama viper apa ya ? Apa kombinasi hibah + upgrade lagi?

Haduh bener2 gado2 rasa nano nih..

klo mw d rakit d indonesia, brrti tmbh cost lg. merakit/final assembly itu hrus siap dng tools selain sblm ny sdm ny d training oleh produsen agar sesuai dng SOP. d indonesia mbgkun hal yg tdk biasa tp bg perusahan internasional sekelas airbus/eurofighter, SOP itu mutlak. nah hal2 d atas tntuny lepas dari harga pesawat kosongan dan mnjdi cost tersendiri yg bs msuk k biaya akuisisi. example case gripen brasil, hrga total (nilai akuisisi) utk 36 unit gripen E itu 5.4 B US$. sekilas mahal tp brdasarkan rilis dari saab bhw dari 5.4 B US$ tsb yg mnjdi harga pswat kosongan hanya 25-30% atw harga kosongan tiap unitny hany 45 juta US$. sisa ny adlh cost TOT sprti yg di inginkan brasil meliputi
krjasama industri dng comaer d mn comaer yg mensuplay krangka airframe utk gripen E.
perakitan 32 unit gripen E di brasil trmsuk d dlm ny tools, pelatihan dll.
development gripen F
offset dll
penggunaan teknologi lokal khusus utk gripen brasil
(sorry gw kgk hapal seluruhny)

intiny bhwa prmintaan merakit / final assembly itu bkn brrti akan menekan harga karena parts by parts ttp d suplay oleh produsen. yg d tekan disini cost employee tp ttp ad cost yg d keluarkan utk tahap persiapan dan tools ny sendiri. kecuali sifatny licensi trmsuk parts by lokal maka harga bs sedikit d tekan tp ttp harus mmbayar biaya licensi per unit.
 
I see, teknologi emang bernilai tinggi jadi kalo ingin ada peralihan teknologi kita mesti keluar biaya lebih tinggi bahkan lebih tinggi dari harga produknya.

Kalo license termasuk TOT juga kan ya?, mungkin opsi ini yang lebih masuk akal buat kita kalo ada infrastruktur, persiapan dll nya.

Berharap kedepannya industri pendukung dalam negri kita dari hulu sampe hilir sudah siap kalo emang dapat jatah offset ToT yang besar.
 
smw negara yg punya kepentingan itu memiliki potensial yg sama mlakukan embargo. USSR prnh mengembargo indonesia thun 63-68 dan saat itu hmpir smw alutsista dari USSR tdk berfungsi maksimal.
Embargo bukan hal yg mnjdi point tp how to prepare embargo yg shrusny mnjdi point. kelebihan procurement alutsista barat itu suplier yg lbh banyak shg tdk trgntung satu suplier. sdngkan alutsista rusia hany d support rosoboronexport...
cara lain dng kerjasama industri shg part yg d butuhkan bs d produksi/licensi scara lokal. ad bnyak cara menghadapi kemungkinan embargo :)

Wow NATO minded sekali. Pengguna Sukhoi kan banyak dan banyak juga yang punya lisensi untuk membuat sparepartnya. Nah misal Rusky nutup keran (embargo) kan bisa beli di negara produsen lain.
 
Wow NATO minded sekali. Pengguna Sukhoi kan banyak dan banyak juga yang punya lisensi untuk membuat sparepartnya. Nah misal Rusky nutup keran (embargo) kan bisa beli di negara produsen lain.

yg pnya licensi part ny mana aj y?
 
yg pnya licensi part ny mana aj y?

China sama India punya tuh. Ajakin kerjasama kita kan punya PT DI, nothing impossible bro.
Makanya jangan terlalu US/NATO minded lah
 
China sama India punya tuh. Ajakin kerjasama kita kan punya PT DI, nothing impossible bro.
Makanya jangan terlalu US/NATO minded lah

china dan india licensi part hny utk kbutuhan lokal dan tdk bisa d ekspor. selain itu licensi itu ad batasan part yg boleh d buat dlm rentang bbrp tahun dan itu utk mncukupi kebutuhan part sukhoi mereka....
 
china dan india licensi part hny utk kbutuhan lokal dan tdk bisa d ekspor. selain itu licensi itu ad batasan part yg boleh d buat dlm rentang bbrp tahun dan itu utk mncukupi kebutuhan part sukhoi mereka....

Lha klo China sama India aja bisa dapet lisensi, kenapa Indonesia (PT DI) ga bisa. Bangsa kita kan terkenal "pemodif" handal. Udah lah ga usah terlalu "Western Minded"
 
Lha klo China sama India aja bisa dapet lisensi, kenapa Indonesia (PT DI) ga bisa. Bangsa kita kan terkenal "pemodif" handal. Udah lah ga usah terlalu "Western Minded"

China sama India bisa dapat kenapa Indonesia enggak bisa, ya monggo dilihat dulu China sama India beli berapa banyak dari Russia, Indonesia beli berapa banyak....
Selain itu dukungan industri tier 2 - 3 - 4 nya, kalo dibandingin China sama India terus terang kita kalah...

Belum lagi ngomongin soal komitmen sampai konsistensi RnD.

Kita "pemodif handal"? Pesawat mana sih yang udah kita modif?
Jangan samakan modifikasi jet tempur kayak modif motor/mobil, sekali sistem fail nyawa orang taruhannya.

Dan enggak usah buru-buru nge-judge western minded.
Saya rasa kalau ada yang bilang kiblat integrasi sistem kita sebaiknya ke barat, karena memang kita sudah "terlanjur" mengarah ke sana (thales, dsb.). Kalau kita masih nol besar dalam hal ini, ya lebih gampang mau ke barat apa ke timur. Dan karena masalah integrasi sistem yang sudah mengarah ke barat ini, ya tentu saja akan mempengaruhi preferensi pemilihan alutsista
 
Anyway kiblat kita sekarang kesegala arah gak cuman western atau eastern minded lagi. Kita juga banyak kerja sama dengan china, korsel , trus jepang juga menyusul, Kan berusaha zero enemy :D
 
Bimabet
^
Emang. Puyeng-puyeng dah kalo disuruh integrasi :D
Saya sih cuma berharap kita mengambil barang yang tepat dari sumber yang tepat aja. Dan semoga para pengambil keputusan tahu apa yang mereka lakukan :D
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd