Agen Terpercaya
Mandala Toto   Jackpot 86
Balaksix   Messipoker
Agen 18   Dunia Jackpot
IBO Play   CMD Play
JP Dewa   Hero Bola
Warung Vegas
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Aquascape

size_L

Semprot Kecil
Thread Starter
UG-FR
Daftar
8 Oct 2011
Post
77
Like diterima
5
Lokasi
Tangerang selatan
Bimabet
Apa sih yang dimaksud AQUASCAPE????

Seni menghias tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air.
Aquascape biasanya terdiri dari ikan disamping juga tanaman. Walaupun bisa juga untuk menciptakan aquascape dengan tanaman saja, atau hanya dengan batu atau komponen lain tanpa ada tanaman.

Tujuan utama dari aquascape adalah untuk menciptakan sebuah gambaran "bawah air", sehingga aspek teknis pemeliharaan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Banyak faktor yang harus seimbang dalam ekosistem dari sebuah tangki akuarium untuk memastikan keberhasilan terciptanya sebuah keindahan dari seni aquascape.
Faktor-faktor ini meliputi penyaringan (filtrasi), mempertahankan kadar karbon dioksida (CO2) pada tingkat yang cukup untuk mendukung fotosintesis bawah air, substrat dan pemupukan, pencahayaan, dan kontrol alga (lumut).
Desain Aquascape sendiri mencakup sejumlah gaya yang berbeda-beda. Di bawah ini, ada beberapa jenis gaya dalam menata aquascape:

1. DUTCH STYLE

Akuarium Dutch Style biasanya menata beberapa jenis tanaman yang memiliki warna daun, ukuran, dan tekstur beraneka ragam yang ditampilkan lebih sebagai taman bunga seperti yang seringkali kita temui di darat. Gaya ini dikembangkan di Belanda dimulai pada 1930-an, seiring dengan makin tersedianya peralatan tanaman yang dijual secara komersial. Dutch Style ini menekankan tanaman yang terletak di bagian depan akuarium dengan tinggi yang berbeda, dan sering kali justru mengabaikan penggunaan batu dan kayu apung. Biasanya tanaman ditata dengan urutan berbaris dari kiri ke kanan dan diumpamakan sebagai "jalananBelanda". Karena deretan jalan di Belanda biasanya tertata rapi dan lurus berjajar. Ciri lain dari Dutch style adalah lebih dari 80% dari lantai akuarium ditutupi dengan tanaman, sehingga sangat sedikit substrat yang terlihat. Tinggi tanaman yang tumbuh biasanya menutupi kaca belakang akuarium dengan tujuan menutupi peralatan besar yang bersembunyi di balik tangki...


2.IWAGUMI STYLE

Seni Menyusun bebatuan sehingga mendapatkan hasil yang significant berbentuk pegunungan , bebatuan cadas dll...dalam hal ini peletakan batu dibagi menjadi beberapa macam, ada batu besar sebagai vocal point, da batu pendamping serta batu pelengkap...
ini tank milik WNI yang nyabet juara 1 di even contes AGA (AQUATIC GARDENERS ASOSIASION) 2014




3. NATURAL STYLE

Yang namanya natural berarti natural apa adanya seperti di alam.... menimbulkan efek rimbun rerumputan dengan menggunakan kayu/akar tanaman dan bebatuan..


Sebelum kita membuat aquascape ada baiknya kita tahu apa itu yang di maksud dengan aquascape. Sebenanya aquascape itu sendiri adalah kegiatan bercocok tanam dan seni menghias akuarium dengan mengaplikasikan habitat asli di alam yang di tuangkan ke dalam akuarium yang mengandalkan Imajinasi, ya sama lah dalam hal berfantasi sex hehe. Bisa dengan menambah batu, kayu yang biasa disebut "Hardscape". Dan berikut ini langkah-langkah dan alat yang perlu di persiapkan untuk membuat aquascape:

Alat dan Bahan :

1. Akuarium (biasa kl beli pabrikan pakai merek Gek gelasterior)
2. Lampu (bisa pakai lampu ulir osram, megaman dll serta yang lagi hot pakai LED)
3. Filter (bisa pakai Hang on / filter gantung atau undergrafel)
4. Pasir/Soil (pasir malang, silika atau menggunakan soil ada banyak merek tp yg terkenal merek ADA)
5. Pupuk Dasar/Pupuk Cair/ bakteri stater (tersedia ada lokalan ada import)
6. Tanaman Air (easy, medium, high)
7. Ikan (sebagai pelengkap)
8. CO2 ( tidak harus tp kalau ada itu lebih baik)
9. Kipas/Chiller(jika diperlukan kalau suhu ruangan panas, karena aquascape sifatnya dingin, kl panas tanaman bakalan melting)
10. Kayu dan Batu (hardscape usahakan 1 jenis batu dan 1 jenis kayu)
11. Pinset Tanaman (ada yg jual murah di ps pramuka, pakai aja pinset anatomi sama aja, harganya murah juga hehe)
12. Gunting usahakan gunting aquascape, kl ga ada pakai gunting anatomi.

Langkah-Langkah :

1. Siapkan akuarium kosong
2. pasang filter undergrakhafel jika menggunakan nya, jika pakai filter HOB atau external filter nanti pada sesi akhir.
3. jika menggunakan pasir malang usahakan sebelum di pakai di ayak dulu menggunakan keranjang mamah kita yang biasa buat nirisin sayuran setelah di cuci, setelah mendapatkan hasl yng halus maka pisahkan lah yang kasar karena kasar itu berguna juga untuk dasar substrate sebagai pegangan akar tanaman dan media bakteri hidup....gunakan pasir ukuran 2-3mm untuk membantu pengakaran tanaman dan memudahkan proses menanam. Pasir yang terlalu kasar akan susah ditanami, pasir yang terlalu tajam akan melukai akar tanaman dan membuat busuk.
4. Taburkan pasir kasar sebagai dasar didalam TANK.
5. taburkan secara merata bakteri stater yang disusul dengan pupuk dasar (takarannya 2-3c,m). pupuk dasar digunakan untuk tanaman yang mempunyai akar, apabila kita menggunakan jenis seperti moss, anubias, kadaka (microsorum) atau tanaman lain yang tidak ditancap maka pupuk dasar boleh di abaikan tapi di ganti dengan menggunakan pupuk cair. Pemberian pupuk cair sebaiknya dilakukan pada tahapan terakhir seting dan seterusnya hingga proses maintenence
6. Masukan Pasir halus yang sudah di ayak dan sudah dicuci, knapa dicuci ??? agar pada saat mengisi air, air tidak terlalu keruh dan memperpanjang usia pemakaian pasir itu sendiri "Jika menggunakan soil tidak perlu di cuci"
7. sekarang saat nya berimajinasi, masukan batu atau kayu seting sesuai imajinasi, ada model Iwagumi, Dutch style, nature style dll
8. Tancapkan tanaman dengan menggunakan pinset supaya akar tanaman tidak rusak. Untuk tanaman yang bisa tumbuh panjang dan besar sebaiknya diletakkan dibagian belakang sebagai background dan nantinya tidak menutupi tanaman yang lain. untuk tanaman yang kecil menjalar di letakkan dibagian depan atau samping. usahakan bagian depan lebih rendah dan bagian belakang lebih tinggi...makin tingi slope nya makin asik :D
9. Isi air pelan-pelan supaya tanaman yang ditancapkan tidak rusak/mengambang. ada tips nya...pakai selang aerator atau menggunakan mangkok dan busa untuk supaya tidak terkena langsung ke setingan kita, atau cara jadul tp mujarab tutupi atas setingan menggunakan plastik yang dilebarkan dan isi air secara perlahan....
10. Maukkan filter gantung untuk menjernihkan air dan menyedot koroan yang ada jika kurang, bisa dilakukan water change (ganti air) .
11. Pasang lampu dan alat-alat yang lain.
12. pasang CO2 nya, beri pupuk cair secukupnya dan t
nb : CO2 sangat penting untuk tanaman karena nggu hasilnya. biasanya 3 bulan udh terlihat indahnya

NB:
*CO2 adalah salah satu sumber untuk tumbuh kembang tanaman (membantu Fotosintesis), tidak menggunakan CO2 juga bisa karena tanaman akan mengambil CO2 dari setiap kita water change, ada beberapa tanaman yang kuat tanpa co2 pun masih sanggup bertahan asal rutin Water Change (WC) Ada juga yang manja nya sangaat kl gak pake co2 bisa kerdil dan metong..
*Lampu/pencayahan kita menggunakan cara lama aja ya.. yaitu menghitung kebutuhna cahaya menggunakan rumus 1watt / Liter, terlalu banyak cahaya yang dikeluarkan maka algae akan lebih cepat tumbuh dan berkembang, sedangkan terlalu sedikit cahaya yang didapat maka tanaman akan susah tumbuh (tergantug tipe tanaman, ada easy, medium, dan high light). anjuran yang dipakai untu lama pencahayaan yaitu 8 jam per hari..
* untuk 1 bulan pertama Water change dilakukan setiap 4 hari sekali setelah itu lakukan 1 minggu sekali rutin ya...

nah kalo ini karya ane :D


Happy setting tank nya ya om dan tantee ;)
Sedikit saran : kl untuk newbie yg baru terjun di dunia aquascape usahakan membuat tumbuh tanaman dan rimbun ijo dulu.. kl udh berhasil baru deh naik level hehe (pengalaman pribadi) dan gunakan tanaman yang level easy light - medium light ..usahakan suhu dibawah 29drajat celcius yaa:)

ane tambahin list daftar tanaman easy / low light :
1. Cryptocorin (hampir semua jenis ini low light)
2. Echinodorus pn sama
3. Moss rata rata low light mampu, ada juga yang bagus di high tp rata lah.. bisa dibikin low light
4. Anubias
5. Bichephalandra (tanaman asli indonesia lhoo, kalimantan punya nih)
6.Kadaka / Microsorum
7.BOLBITIS

MEDIUM LIGHT

menyusul......


FOREGROUND
1.Cuba, Montecarlo, Echinodorus tenelus, HairGrass

MIDLLEGROUND
1.STAR GRASS, STYREGEN, DOWNOI, ANUBIAS, BUCHE

BACKGROUND
1.ROTALA2AN, KADAKA, Jenis Steamplant yang tinggi tinggi deh hehe
 
Terakhir diubah:

uratsyahwat

Suka Semprot
Daftar
20 Jun 2015
Post
1
Like diterima
0
barangkali disini ada yang hoby Aquascape, seni menghias akuarium air tawar, .... kalo ada boleh berbagi ilmunya nih :: ane lagi demen begituan:o

Kebetulan ane demen N udah pernah setting aquascape juga buat client silahkan tanya, ane jawab sebisa N sesuai dg pengetahuan dan pengalaman anr
 

Vhean

Tukang Semprot
Daftar
31 Jan 2014
Post
1.118
Like diterima
116
Lokasi
Depok
Iaa .. itu keren lowh .. share dong om US hasil aquascape nuaa :kk:
 

Vhean

Tukang Semprot
Daftar
31 Jan 2014
Post
1.118
Like diterima
116
Lokasi
Depok
Iaa gans .. banyak tu yg nunggu karyanya .. kali aj ad yg minat :banzai:
 

size_L

Semprot Kecil
Thread Starter
UG-FR
Daftar
8 Oct 2011
Post
77
Like diterima
5
Lokasi
Tangerang selatan
weew ternyata ada yang main aquascape juga hehe... salken broo and sist.... boleh donk motek buche sama anubiasnya hehe
 

Vhean

Tukang Semprot
Daftar
31 Jan 2014
Post
1.118
Like diterima
116
Lokasi
Depok
Ia .. semakin banyak yg ngeshare .. pasti makin rame .. dan makin banyak inspirasi lagi .. :semangat:
 

size_L

Semprot Kecil
Thread Starter
UG-FR
Daftar
8 Oct 2011
Post
77
Like diterima
5
Lokasi
Tangerang selatan
3e4d55436288940.jpg
[/URL] [/IMG]
sedikit ulasan waktu kemaren ane dateng ke acara kontes aquascape di bandung.... ini juara 1 nya
 

rendra irawan

Adik Semprot
Daftar
30 Dec 2010
Post
121
Like diterima
22
Ahaaaay.. manteep nih... to mana nh gan.. barter sama petit mau hehe

agan domosili dimana?
dari hoby aquascape q pengen ngerasain cewek setiap kota yg q jelajahi..
bisa kopdar dirasa lebih bersahabat..:beer:
 

size_L

Semprot Kecil
Thread Starter
UG-FR
Daftar
8 Oct 2011
Post
77
Like diterima
5
Lokasi
Tangerang selatan
agan domosili dimana?
dari hoby aquascape q pengen ngerasain cewek setiap kota yg q jelajahi..
bisa kopdar dirasa lebih bersahabat..:beer:
ane posisi di jakarta suhuu... boleh lah kita kopdar ... ada pin bb ? biar lbhenak
Itu usia brp minggu aquascape nya?
itu quik seting suhuu.. jd baru jadi trs dinilai sm dewan jurinya
 

Try_Me

Guru Semprot
Daftar
4 Feb 2011
Post
705
Like diterima
25
Ohhh klo punya ane dr bibit sampe numbuh, usia aquascape ane ud 2 bulan
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Top
Semprot is now part of LS Media Ltd