Agen Terpercaya
 
 
 
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Karawitan

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Bimabet
Mohon ijin untuk membuat thread tentang Karawitan, sebagai salah satu kesenian Nusantara warisan para leluhur kita...


Karawitan adalah kesenian musik tradisional Jawa yang mengacu pada permainan musik Gamelan. Kesenian Karawitan ini dikemas dengan alunan instrument dan vokal yang indah sehingga enak untuk didengar dan dinikmati. Kesenian kerawitan ini merupakan kesenian klasik yang sangat terkenal di masyarakat Jawa dan Indonesia sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis.
Gamelan sendiri merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Jawa dari dulu hingga sekarang. Terlihat dari kesenian dan budaya Jawa yang tidak lepas dari alat musik satu ini. Beberapa kesenian tradisional Jawa yang menggunakan alat musik Gamelan seperti wayang, seni tari, dan seni teater seperti ketoprak, wayang uwong dan masih banyak lagi, salah satunya adalah kesenian Karawitan.

Karawitan berasal dari kata "rawit", yang dalam bahasa Jawa berarti "rumit/ berbelit – belit". Namun kata "rawit" juga dapat berarti "halus dan indah". Sehingga kerawitan biasa diartikan sebagai suatu karya seni yang memiliki sifat yang halus, rumit dan indah. Kerawitan ini dikatakan rumit karena merupakan perpaduan berbagai instrument Gamelan yang berlarasnondiatonis yang digarap menggunakan sistem notasi, warna suara dan ritme sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak untuk didengar.

LARAS
Perangkat gamelan yang digunakan dalam seni karawitan memiliki 2 yaitu Laras slendro dan pelog. Laras slendro dan pelog adalah salah satu dari dua unsur utama yang mencirikan karawitan.
a. Laras Slendro
Sistem urutan nada-nada yang terdiri dari lima nada dalam satu gembyangdengan pola jarak yang hampir sama rata.
b. Laras Pelog.
Sistem urutan nada-nada yang terdiri dari lima nada (atau tujuh) nada dalam satu gembyang dengan menggunakan satu pola jarak nada yang tidak sama rat, yaitu tiga (atau lima) jarak dekat dan dua jauh.
Dalam penyajian, memang sering terdapat beberapa gendhing yang disajikan dalam laras pelog dengan hanya menggunakan lima nada saja, terutama dalam kasus penyajian gendhing pelog sebagai hasil alih laras slendro, yaitu gendhing yang biasanya atau "aslinya" disajikan dalam laras slendro, kemudian disajikan dalam dalam laras pelog. Suatu hal yang biasa dalam karawitan Jawa bahwa suatu gendhing dapat dan boleh disajikan dalam dua laras yang berbeda.

GAMELAN

Dalam seni karawitan terdapat berbagai jenis perangkat gamelan yang di bedakan menurut jenis, jumlah dan fungsinya di masyarakat yang sejak dulu dan sampai sekarang masih dilestarikan antara lain:
1. Gamelan Kodhok Ngorek
Gamelan ini hanya dimiliki oleh kalangan keraton dan masyarakat umum tidak dibenarkan memiliki perangkat gamelan sejenis gamelan ini biasanya digunakan untuk:
- Hajatan atau peristiwa perningkahan(temu penganten)
- Upacara(grebeg puasa,bakda,mulud)
- Tanda atau berita tentang adannya kelahiran bayi perempuan
2. Gamelan Monggang
Gamelan ini memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari gamelan kodhok ngorek, walau dari segi umur gamelan ini lebih muda.kedudukan ini dicapai karena fungsi dan perannya yang lebih banyak dan lebih penting (tinggi). Fungsi perangkat gamelan ini antara lain:
-Memberi tanda pada berbagai upacara(penobatan,jumenengan raja)
-Mengiringi gunungan pada berbagai upacara grebeg
-Menengarai berbagai peristiwa penting
-Mengiringi adon-adon (aduan,sabungan)
-Mengiringi latihan perang
-Menengarai bayi laki-laki dari keluarga raja
-Menengarai kemangkatan(meninggalnya raja)
3. Gamelan Carabalen
Gamelan Carabalen adalah gamelan dari jenis pakumartan, yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat atau lembaga diluar keraton. Gamelan ini memiliki fungsi yang pasti, yaitu untuk menghormati kedatang para tamu.
4. Gamelan Sekaten
Gamelan ini dianggap paling terkait dengan upacara islam (sebagai syiar agama islam) dan gamelan ini ditabuh atau dibunyikan pada pekan sekatenan atau grebeg mulud pada setiap bulan kelahira Nabi Muhamad S.A.W. Serta pada setiap acara grebeg-grebeg yang lain. Keraton Surakarta memiliki dua perangkat gamelan sekaten (Gamelan Sekaten Kyai Guntur Sari dan Kyai Guntur Madu) dan kedua gamelan ini berlaras pelok. Gamelan ini sengaja dibuat dengan ukuran yang besar supaya berbeda dengan gamelan yang lain.
5. Gamelan Ageng
Perangkat gamelan standar (lengkap jenis ricikannya) dengan berbagai jenis kombinasi dan di dalam kehidupan sehari-hari hampir selalu di gunakan untuk berbagai keperluan, dari ritual masyarakat yang paling profan dan untuk hiburan (komersial). Dari perangkat gamelan ini dapat di bentuk perangkat gamelan lainnya dengan komposisi, nama dan kegunaan yang bervariasi. Diantarannya: perangkat klenengan, wayangan, gadhon, cokekan, siteran dan sebagainya serta di dalam perangkat gamelan ini juga terdapat gamelan Super. Gamelan ini adalah salah satu bentuk pengembangan ukuran, jenis, dan jumlah dari unsur, terutama ricikan perangkat gamelan ageng {bila gamelan ageng cukup memiliki dua buah saron barung , satu saron penerus dan satu demung tetapi kalau pada perangkat gamelan super memiliki dua kalinya gamelan ageng (balungan) jumlah tersebut masih di kembangkan dengan di tambahnya beberapa kempul, kenong, gong, dan sebagainya pada masing-masing laras (slendro dan pelok) yang jumlahnya relatif dan menurut selera sipemesan gamelan.
Perkembangan dan pengembangan perangkat gamelan menjadi semakin meningkat dan beragam baik kualitas maupun kuantitasnya. Seperti instrumen dan permainan musik dari luar dunia gamelan (terompet, drum set, keyboard, dan lain-lain).

Bagi masyarakat Jawa, perangkat gamelan dalam seni karawitan mempunyai fungsi estetika yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial, moral dan spiritual. Sebagai bangsa yang memiliki kultur budaya jawa, kita harus bangga memiliki alat kesenian tradisional gamelan. Keagungan gamelan sudah jelas ada. Duniapun mengakui bahwa gamelan adalah alat musik tradisional timur yang dapat mengimbangi alat musik barat yang serba besar. Di dalam suasana bagaimanapun suara gamelan mendapat tempat di hati masyarakat.

Gamelan dapat digunakan untuk mendidik rasa keindahan seseorang. Orang yang biasa berkecimpung dalam dunia karawitan, rasa kesetiakawanan tumbuh, tegur sapa halus, tingkah laku sopan. Semua itu karena jiwa seseorang menjadi sehalus gendhing-gendhing (Trimanto, 1984).

**Dari berbagai sumber
 
Terakhir diubah:

opdkn

Guru Besar Semprot
UG-FR
Daftar
29 Sep 2015
Post
2.011
Like diterima
224
Lokasi
Di hati para istri-istriku
Nice thread om ujang, menambah informasi buat nubie ini :)

dulu waktu masih sekolah juga nubie sangat tertarik dengan karawitan apalagi pupuh nya :D

#cek kantong kresek :cendol:
 

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Iya Opa...mari kita sama2 mempelajari atau setidaknya menjaga harta karun yang bernilai tinggi peninggalan para leluhur kita ... :beer:
 

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Makasih om Mekstik atas kunjungan dan cendolnya...
Mohon maaf blm bs membalas kebaikan om... :ampun:
Kapan dan megang apa om..? Kl saya pas SD mainin Bonang Barong...
 

Xx-GM-xX

Pertapa Semprot
Daftar
5 Mar 2013
Post
4.422
Like diterima
158
Lokasi
goa garba
Skip dulu deh bacanya :)
Langsung :cendol: cendol dulu, saya baca nanti masih belum fokus :D

Nice thread.
 

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Makasih kunjungan dan ijo2nya om Kris... :ampun:
Mari kita jaga budaya yg istimewa kita... :beer:
 

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Silakan om Digina07...mari kita jaga warisan leluhur kita...
Btw...salam kenal...suatu kehormatan om Digina posting pertama di sini...:ampun:
 

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Makasih kunjungannya om Serigala_Hitam...
Kebetulan waktu msh tinggal di Semarang, rmh saya dekat dengan rumah beliau...:)

Mari kita jaga warisan leluhur kita...
 

ujang14

Pendekar Semprot
Thread Starter
Daftar
22 Mar 2014
Post
1.809
Like diterima
33
Seingat saya dulu dekat simpang lima. Di belakang GOR. Cm katanya sekarang sdh jd mall...:)
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Top
Semprot is now part of LS Media Ltd