Agen Terpercaya  
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Story Driver Ojol

Mukadimah

Perjalanan gw 2 taun sebagai driver Ojol, banyak menyisakan cerita. Cerita mistis, cerita cinta, cerita lucu, cerita sedih, sampai cerita lendir. Sebagian uda pernah gw share di IGO, tapi itu hanya sebagian kecil. Sangat kecil bahkan. Disini, gw pengen berbagi cerita lebih lengkapnya, dengan versi lebih detail tentu saja.

Kalian boleh anggep ini thread true story, kalian juga boleh berpikir ini cuma karangan gw aja, ga masalah. Yang pasti, setiap nama yang gw share disini sudah tentu bukan nama tokoh yang sebenarnya, gambar cuma untuk ilustrasi, begitu juga dengan lokasi, dan beberapa hal yang berpengaruh dengan kehidupan pribadi masing² tokoh, akan disamarkan.

Silahkan tinggalin comment dan like sebagai bentuk apresiasi, kalau kalian menikmati karya gw. Tapi tolong jangan jadi junker atau OOT disini. Soal apdet, bakal gw usahain rutin, tapi seringnya tiap malem (atau tengah malem). Arap maklum, karna gw juga ada RL yang harus diurus dan dikerjakan.

Oke, segini aja mukadimahnya.
Kenalin nama gw Rendy, seorang driver ojol. Dan ini, adalah catatan gw.

***

PART 1

Jadi driver ojol mungkin salah satu profesi yang banyak diminati di Indonesia terutama di kota² besar. Terbukti, setiap ada pendaftaran driver ojol dibuka, antrinya uda kayak konsernya Coldplay, bejubel. Menurut gw, banyak faktor yang menyebabkan profesi driver ojol diminati, salah satunya;

- Orang dari berbagai kalangan boleh daftar selama bisa dapet SKCK dan punya SIM.

- Jam kerja bebas, ngga terikat waktu, ngga ada check-clock, penghasilan lumayan (dulu).

- Sebuah kesempatan buat dapetin kenalan baru, relasi baru, atau target sepikan baru, kan?

- Syukur² dapet customer macem Sisk*eee atau cewe² sange yang berniat bikin konten bareng ojol.

Waktu itu, masa² dimana banyak orang berbondong-bondong daftar jadi driver ojol. Hampir semua temen² gw pada daftar.



Gw pun yang tadinya kurang berminat, mulai tergiur dengan angka penghasilan yang disebut-sebut bisa menyentuh puluhan juta tersebut. Tapi lebih dari itu, motivasi gw adalah gw bisa ketemu dengan banyak orang baru, itu artinya gw bisa dapet kenalan baru, relasi baru, peluang baru, pengalaman baru.



Besoknya, gw bangun pagi² untuk ngurus SKCK dulu di polsek, sebagai salah satu syarat dokumen daftar ojol. Jam 10 pagi semua dokumen yang di perlukan uda lengkap, dan gw uda ngantri bareng Dimas temen gw, di kantor salah satu "jaket ijo" di kota gw.



Setelah ngantri sekitar 2 jam, akhirnya kami dilayani oleh salah satu petugas counter pendaftaran. Semua dokumen yang diminta udah gw serahkan, keperluan berupa jaket dan helm juga uda gw dapatkan, tinggal nunggu kabar maksimal 2x24 jam katanya, baru akun gw bisa digunakan.

Ternyata ga butuh waktu lama, jm 3 sore gw nyampe rumah, jm 5 gw uda dapet SMS kalau akun driver gw uda aktif dan uda bisa dipake online. Wah cepet juga yak. Gw pun nyoba² buka apps-nya, ceki² setiap fitur yang ada, lalu lanjut baca setiap ketentuan, peraturan, dan tutorial yang tertera. Setelah sekitar sejam-an gw pelajarin cara kerjanya, gw merasa uda siap buat bekerja.

Saldo wallet uda gw top up, aplikasi uda gw set online. Baru 5 menit dinyalain, notif orderan uda masuk, dan gw deg²an. Bingung.

Ebuset, cepet banget.
Gw kudu ngapain nih?
Hal apa yang pertama kali kudu di lakuin?

Ah sial, tutorial yg gw baca beberapa saat lalu seakan menguap gitu aja dari otak gw. Gw berusaha menenangkan diri, berpikir jernih, sambil mengingat step² yang uda gw baca tadi.

Singkat cerita, orderan pertama berjalan lancar, meski gugup. Malem itu, total gw dapet 7 order sebelum akhirnya memutuskan untuk offline dan balik kerumah. Ah gila, seru juga ya. Ga nyesel gw daftar jadi ojol hari itu, malah seneng, karna banyak hal baru yang gw dapetin.

***​

Seminggu berlalu sejak hari pertama narik, gw mulai terbiasa dengan rutinitas sebagai driver ojol. Gw juga uda punya "basecamp" buat nongkrong sambil nunggu orderan. Disana, gw mulai kenal dengan banyak temen² lain seper-ojolan dengan berbagai macem usia. Ada yang uda aki² sekitar 50an lebih, ada yang masih om² usia 30-40an, ada juga yang masih remaja usia 20an.

Dimas, temen gw, tampaknya bekerja lebih keras daripada gw, dalam seminggu dia uda bisa ngantongin 3 juta, serem. Maklum, doi emang lagi kejar tayang buat nge-halalin cewenya yang uda 5 taun di-ewe, anu, maksud gw, di pacarin. Setdah, tu kalo di awal jadian dia nyicil mobil, uda serah terima BPKB sekarang mah.



Wah, iya juga ya, ide bagus itu! Gumam gw dalam hati waktu denger percakapan barusan. Bener juga, kalo kita ada langganan yang mau order offline, penghasilan kita bakal lebih safe pastinya, karna ga cuma jagain order dari aplikasi. Hari itu, gw bikin kartu nama.

Sejak kartu nama jadi, hampir setiap cs yang gw layanin gw kasih kartu nama. Ngga semua, ada kalanya kita dapet cs yang jutek, terburu-buru, atau yang kalo ditanya beberapa kali cuma jawab,



Tipe cs seperti itu artinya doi ngga mau diajak ngobrol selama dalam perjalanan, uda jangan diterusin, daripada ente dikasih bintang 3 sambil dikomen, "driver terlalu banyak bicara" mampus lah. :hammer:

3 hari setelah gw mulai rutin "menebar jala" dengan cara membagikan kartu nama, nampaknya belum membuahkan hasil, belum ada cs yg ngehubungin buat order offline. Well, it's ok. Gw percaya dengan prinsip probabilitas. Makin banyak umpan yang kita tebar, makin besar kemungkinan ikan yang nangkep. Kalo belum ada yang nangkep? Berarti kurang banyak umpan yang disebar.

Sampe suatu siang di hari minggu, gw dapet orderan nganter orang ke mall. Baru aja orderannya selesai, uda nyantol lagi, jemputan di mall yang sama. Julia, nama cs yang tertera di aplikasi.



Beberapa menit kemudian doi keluar, mengenakan t-shirt coklat lengan pendek yang ditutup dengan cardigan lengan panjang warna hitam, rambutnya sebahu agak kecoklatan sedikit bergerak karena tertiup angin, kulitnya putih dengan tinggi sekitar 160an berwajah oriental. Wah, cakep ni cewe. Batin gw waktu itu.



Julia cewe yang supel, dan gw driver yang ramah, alhasil sepanjang perjalanan kita ngobrol banyak hal, tapi lebih banyak tentang suka duka gw jadi ojol. Kurang lebih 30 menit perjalanan, setelah akhirnya motor gw berhenti di depan rumah yg cukup besar, berpagar hitam dengan tembok warna putih tulang. Sekilas gw bisa melihat tulisan KOST PUTRI yang tertempel di dinding bagian dalam.

Doi turun, melepas helmnya, lalu menyodorkannya ke gw. Tapi gw lagi sibuk ngubek² isi tas, nyari kartu nama. Duh abis anjir! Bego banget tadi berangkat ga merhatiin kalo sisa kartu nama yg gw bawa tinggal dikit. Sial. Gumam gw dalam hati.



Ah, emang rejeki ngga kemana, meski kartu nama pas abis, eh malah dapet cs yang emang lagi nyari ojek buat dijadiin langganan.



Kost doi ngga seberapa jauh dari basecamp tempat biasa gw nongkrong, alhasil setelah nurunin doi, gw pun meluncur ke basecamp. Nyari colokan buat ngecas hape, ngambil teh anget buat ngebasahin tenggorokan, sambil bergegas membuka WhatsApp buat ngechat sosok bidadari ngga bersayap yang baru aja gw anterin.

Kpn gw jd ojol kayak gini ya.
 
Mamang ojol paporit lama gak apdet di lapak sebelah ternyata ada dimari toh ..
Numpang ngopi dimari ah, cerita nya seru soal nya
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd